Nilainya Tembus Ribuan Triliun Rupiah, Ini 5 Perusahaan Farmasi Terbesar di Dunia

3 menit
perusahaan farmasi
Ilustrasi produk perusahaan farmasi. (Pixabay)

Tercatat ada beberapa perusahaan farmasi terbesar di dunia menurut kapitalisasi pasarnya. Selain itu, perusahaan-perusahaan yang bakal disebutkan namanya dalam ulasan ini memproduksi obat-obatan yang dipakai banyak orang di dunia pula.

Seperti yang kamu tahu, industri farmasi memang industri yang menjanjikan. Pasalnya, hampir semua orang bergantung pada obat-obatan dari perusahaan-perusahaan tersebut.

Di Indonesia, beberapa perusahaan farmasi lokal dikenal lewat obat-obatan yang tiap harinya diproduksi. Mulai dari Kalbe, Kimia Farma, hingga Soho. Malahan nih, Kalbe dan Kimia Farma telah melantai di bursa.

Kimia Farma tercatat di bursa dengan kode KAEF sejak 4 Juli 2001. Sementara itu, Kalbe tercatat dengan kode KLBF sejak 30 Juli 1991.

Lalu, perusahaan-perusahaan farmasi mana aja yang paling besar di dunia? Bersumber dari Pharmaceutical Technology, berikut ini daftarnya.

Baca juga: Gak Perlu Punya Duit Bisa Jualan Obat Kimia Farma, Mau?

1. Pfizer Inc.

perusahaan farmasi
Pfizer. (Instagram)

Perusahaan yang berkantor pusat di New York, Amerika Serikat ini masuk dalam jajaran perusahaan farmasi terbesar di dunia. Berkode saham PFE di New York Stock Exchange, Pfizer Inc. punya kapitalisasi pasar mencapai US$ 232,96 miliar atau Rp 3.354,15 triliun.

Pfizer Inc. didirikan pada 1849 oleh Charles Pfizer dan Charles F. Erhart. Perusahaan ini diketahui memproduksi obat-obatan dan vaksin, khususnya buat imunologi, onkologi, kardiologi, endokrinologi, dan neurologi.

Baca juga: 5 Industri dengan Gaji Terbesar di Indonesia, Kamu Berminat yang Mana?

2. Novartis

perusahaan farmasi
Novartis. (Instagram)

Lalu, ada nama Novartis yang menjadi salah satu perusahaan farmasi terbesar di dunia. Perusahaan yang tercatat di SIX Swiss Exchange dengan kode NOVN punya kapitalisasi pasar sekitar US$ 223,57 miliar.

Berkantor pusat di Basel, Swiss, Novartis didirikan pada tahun 1996. Produk-produknya telah menyebar di banyak negara, termasuk Indonesia. Obat-obat produksinya ditujukan buat penderita osteoporosis, hipertensi, malaria, hingga parkinson.

Baca juga: Siapa Sangka, 6 Perusahaan Besar Ini Ternyata Berawal dari Modal Kecil

3. Roche Holding AG

perusahaan farmasi
Roche. (Instagram)

Perusahaan farmasi asal Swiss yang satu ini juga dikategorikan paling besar di dunia. Di SIX Swiss Exchange, Roche Holding tercatat dengan kode ROG yang punya kapitalisasi pasar sebesar US$ 232,24 miliar.

Sama seperti Novartis, Roche Holding juga berkantor pusat di Basel, Swiss. Perusahaan ini didirikan Fritz Hoffmann-La Roche pada tahun 1896.

4. Merck & Co.

perusahaan farmasi
Merck (Instagram)

Nama Merck & Co. juga masuk ke dalam daftar perusahaan farmasi terbesar di dunia. Tercatat di New York Stock Exchange dengan kode MRK, perusahaan ini memiliki kapitalisasi pasar sebesar US$ 206,64 miliar.

Merck & Co. didirikan George Merck pada 1891. Perusahaan ini berkantor pusat di New Jersey, Amerika Serikat.

5. Perusahaan farmasi Johnson & Johnson

perusahaan farmasi
Johnson & Johnson. (Instagram)

Perusahaan selanjutnya yang menjadi perusahaan farmasi terbesar di dunia adalah Johnson & Johnson. Perusahaan ini mencatatkan diri New York Stock Exchange dengan kode JNJ dan memiliki kapitalisasi pasar yang mencapai US$ 363,93 miliar.

Di Indonesia, Johnson & Johnson dikenal karena produk bedaknya. Perusahaan ini berdiri pada 1886. Ada tiga sosok yang menjadi pendiri perusahaan ini, yaitu Robert Wood Johnson I, James Wood Johnson, dan Edward Mead Johnson.

Nah, itu tadi beberapa perusahaan farmasi terbesar di dunia dengan kapitalisasi pasar hingga ratusan miliar. Semoga informasi barusan bermanfaat ya! (Editor: Ruben Setiawan)

Boby
Boby

Lama bergelut dengan ensiklopedia. Kini fokus dengan urusan finansial. Di mana pun berada selalu berusaha sajikan karya yang terbaik. Semoga bermanfaat!