Lebih Tajir Dari PLN, Ini 5 Perusahaan Listrik Terbesar Bernilai Ribuan Triliun Rupiah

3 menit
perusahaan listrik
Ilustrasi sutet. (Shutterstock)

Perusahaan listrik memiliki peran yang sangat vital dalam kehidupan masyarakat di dunia. Mereka menopang nyaris setiap sendi kehidupan manusia, mulai dari kebutuhan rumah tangga hingga kegiatan perekonomian yang menyangkut hajat hidup orang banyak di suatu negara. 

Di Indonesia sendiri, kebutuhan listrik lebih dari 250 juta jiwa penduduk disuplai oleh satu perusahaan yakni PLN. Karena tidak ada satu perusahaan swasta pun yang membuka layanannya di Tanah Air. 

Namanya juga usaha, tidak mungkin segala sesuatunya berjalan mulus. Salah satunya seperti yang terjadi pada tanggal 4 Agustus 2019 kemarin, di mana sebagian besar warga yang bermukim di Banten, Jabodetabek, Jawa Barat dan Jawa Tengah harus mengalami pemadaman listrik selama berjam-jam. 

Nah ngomongin masalah perusahaan listrik di luar negeri, saat ini terdapat paling tidak 5 korporasi yang berhasil mengekspansi bisnisnya ke luar negara tempat asalnya lho. Penasaran ada apa aja? Yuk kita lihat daftarnya berikut ini berdasarkan urutan nilai kapitalisasi pasarnya

Baca juga: Harta Tembus Rp 9,2 M, Plt Dirut PLN Sripeni Cahyani Cuma Punya Dua Mobil

5. National Grid

perusahaan listrik
National Grid. (Nationalgrid.com)

Mengutip dari Investopedia, di urutan paling buncit datang dari dataran Inggris yakni perusahaan listrik National Grid. Mereka  telah berdiri sejak tahun 1990 di kota London, Inggris.

Beberapa wilayah yang telah berhasil dijajaki adalah Wales dan beberapa daerah di kawasan timur laut Amerika Serikat. Sebagian tenaga listrik yang mereka jual dipasok oleh Pembangkit Listrik Tenaga Gas. 

Jumlah tenaga kerjanya sendiri menyentuh 25 ribuan personel. National Grid ditaksir memiliki nilai kapitalisasi pasar mencapai Rp 285 triliunan.

Baca juga: 620 Juta Jiwa Dirugikan! Ini 5 Pemadaman Listrik Terbesar Skala Dunia

4. EDF Energy

perusahaan listrik
EDF Energy. (Zonebourse.com)

Di posisi keempat ada perusahaan listrik asal Perancis bernama Électricité de France atau biasa disingkat EDF Energy. Korporasi ini udah berdiri sejak tahun 1946 silam.

 Saat ini EDF telah memasok listrik bagi 155 ribu orang di seluruh dunia yang tersebar di beberapa negara seperti Brasil, China dan Rusia. Salah satu sumber tenaga terbesarnya berasal dari Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir. 

Jumlah karyawannya menyentuh 152 ribuan. Diperkirakan, EDF Energy memiliki nilai kapitalisasi pasar sebesar Rp 471 triliunan.

Baca juga: Masih Mati Lampu? Ini yang Akan Terjadi pada Mobil Listrik

3. Engie

perusahaan listrik
Engie. (leparisien.fr)

Berada di posisi ketiga ada Engie atau dikenal juga dengan GDF Suez. Perusahaan listrik ini berdiri pada tahun 2008 di kota Paris, Perancis. 

Sumber tenaga yang paling banyak dihasilkan oleh Engie berasal dari gas alam serta energi terbarukan ramah lingkungan. 

Total karyawannya di seluruh dunia diperkirakan mencapai angka 154 ribu orang. Nilai pasar dari Engie sendiri diperkirakan menyentuh angka Rp 495 triliunan. 

2. Duke Energy

perusahaan listrik
Duke Energy. (Bizj.us)

Di posisi ke-2 ada perusahaan listrik Duke Energy yang berasal dari Charlotte, Amerika Serikat. Korporasi ini telah berdiri semenjak tahun 1904.

Perusahaan ini memproduksi listrik sebesar 57.700 Megawatt yang mengaliri sekitar 7,4 juta pelanggan retail tersebar di beberapa wilayah.

Jumlah pegawainya mencapai 28 ribuan orang. Duke Energy memiliki nilai kapitalisasi pasar sebesar Rp 742 triliunan.

1. NextEra

perusahaan listrik
Nextera. (Forbes.com)

Predikat perusahaan listrik paling besar di dunia dipegang oleh NextEra yang berasal dari Amerika Serikat dan udah berdiri semenjak tahun 1925 silam.

NextEra telah berhasil menghasilkan listrik sebesar 45.900 Megawatt yang tersebar di beberapa wilayah di Amerika Serikat dan Kanada. Tercatat, jumlah karyawannya udah mencapai 14.700 orang. 

Untuk nilai kapitalisasi pasarnya sendiri, NextEra menyentuh angka Rp 1.085 triliunan. 

Nah itulah 5 perusahaan listrik terbesar di dunia yang punya nilai kapitalisasi pasar mencapai ratusan hingga ribuan triliun rupiah. Sayangnya PLN belum bisa menembus daftar tersebut nih! (Editor: Ruben Setiawan)

Christantio Utama
Christantio Utama

Milenial yang merintis karier lewat dunia keuangan, karena segalanya butuh uang tapi uang bukanlah segalanya. Penonton setia Digimon dan penggemar olahraga otomotif Formula 1