Produknya Pernah Kamu Miliki! 5 Perusahaan Mainan yang Mereknya Gak Ada Matinya

3 menit
perusahaan mainan
Salah satu mainan produksi LEGO. (Instagram/@lego)

Semasa kecil dulu, mainan menjadi hal yang menyenangkan. Malahan sampai sekarang ada lho orang-orang dewasa yang masih mengoleksi mainan. Nah, banyaknya permintaan akan mainan telah bikin beberapa perusahaan mainan menjelma jadi perusahaan terbesar di dunia lho.

Tercatat, ada beberapa nama yang bertengger di posisi lima besar di dunia. Perusahaan-perusahan tersebut diseleksi berdasarkan brand value yang dimiliki.

Buat informasi aja nih, brand value ini erat kaitannya dengan seberapa kuat keinginan konsumen buat membayar lebih barang-barang buat merek tertentu. Brand value ini juga ada hubungannya dengan loyalitas konsumen itu sendiri.

Nah, menurut Brandirectory, ada beberapa perusahaan mainan terbesar di dunia yang punya brand value yang sangat tinggi. Siapa aja mereka? Ini dia daftarnya.

Baca juga: Harganya Bisa buat Beli Mobil Jepang, Ini Deretan Mainan Lego Termahal!

1. LEGO

perusahaan mainan
Lego. (Instagram/@lego)

Perusahaan yang satu ini berada di peringkat pertama karena brand value yang dimilikinya tercatat paling tinggi. Brandirectory mencatat brand value yang dimiliki LEGO mencapai US$ 7,571 miliar atau sekitar Rp 108,83 triliun.

LEGO merupakan perusahaan mainan yang berdiri di Denmark pada 10 Agustus 1932. Pendirinya adalah Ole Kirk Christiansen.

Data terakhir menyebut LEGO memiliki 42 kantor di sejumlah negara dan mempekerjakan lebih dari 19 ribu orang. Pada 2016, LEGO mencetak revenue sekitar 37,9 miliar Krone Denmark atau sekitar Rp 81,79 triliun.

Baca juga: Resmi Dibuka! Ribuan Penggila Mainan Serbu “The Jakarta 15th Toys & Comics Fair 2019”

2. Bandai Namco

perusahaan mainan
Bandai Namco. (Instagram/@bandainamcous)

Di peringkat kedua ada perusahaan mainan asal Jepang, yaitu Bandai Namco. Perusahaan ini memiliki brand value senilai US$ 1,038 miliar atau setara Rp 14,92 triliun.

Perusahaan yang berkantor pusat di Tokyo ini didirikan pada 1 Juni 1955 oleh Masaya Nakamura. Bandai Namco diketahui memiliki dua perusahaan, yaitu Bandai Namco Entertainment dan Bandai Namco Studios.

Bandai Namco Entertainment berfokus pada pengembangan konten. Sementara Bandai Namco Studios berfokus pada pengembangan video game.

Baca juga: Targetkan Penjualan US$ 5 Juta, Ini Mainan Indonesia yang Tembus Pasar Dunia

3. Perusahaan mainan Fisher-Price

perusahaan mainan
Fisher Price. (Instagram/@fisherprice)

Perusahaan asal Amerika Serikat ini menempati peringkat ketiga dengan brand value yang mencapai US$ 812 juta atau sekitar Rp 11,67 triliun.

Fisher-Price diketahui memproduksi mainan edukasi buat anak-anak dan balita. Perusahaan ini berdiri pada 19 Juni 1930. Sosok-sosok di balik berdirinya Fisher-Price yaitu Herman Fisher, Irving Price, Margaret Evans Price, Helen Schelle, dan Rebecca D. Fisher.

Perusahaan ini pada tahun 2017 mencetak revenue sebesar US$ 1,7 miliar atau Rp 24,44 triliun. Fisher-Price kini berkantor pusat di New York, Amerika Serikat.

Baca juga: Harganya Setara Rumah Mewah di Kemang! Ini 5 Mainan Termahal di Dunia

4. Barbie

perusahaan mainan
Barbie. (Instagram/@barbie)

Perusahaan mainan yang terkenal dengan boneka Barbie ini menempati peringkat keempat di dunia. Barbie tercatat memiliki brand value sekitar US$ 414 juta atau Rp 5,95 triliun.

Boneka fashion atau boneka Barbie diciptakan Ruth Handler sekaligus sebagai pendiri dari perusahaan Barbie. Perusahaan ini didirikan pada 9 Maret 1959 dan menjadi bagian dari induk perusahaan Mattel yang berdiri pada tahun 1945.

5. Nerf

perusahaan mainan
Nerf. (Instagram/@nerf)

Di peringkat ke-5 ada perusahaan senjata mainan, yaitu Nerf. Perusahaan ini memiliki brand value sekitar US$ 368 juta atau sekitar Rp 5,29 triliun.

Perusahaan yang berdiri di Amerika Serikat pada tahun 1969 ini dibiayai Reyn Guyer dan perusahaan game sekaligus mainan Parker Brothers.

Itu tadi lima perusahaan mainan terbesar di dunia dengan brand value tertinggi. Ngomong-ngomong, ada salah satu mainan dari perusahaan di atas yang kamu miliki? (Editor: Ruben Setiawan)

Boby
Boby

Lama bergelut dengan ensiklopedia. Kini fokus dengan urusan finansial. Di mana pun berada selalu berusaha sajikan karya yang terbaik. Semoga bermanfaat!