8 Jet Pribadi Termahal Sejagat dan Pemiliknya, Ada yang Harganya Rp 8 Triliun

4 menit
Pesawat Jet Pribadi Termahal di Dunia (Shutterstock).
Pesawat Jet Pribadi Termahal di Dunia (Shutterstock).

Gak semua orang bisa merasakan punya pesawat jet pribadi, kecuali dia adalah orang yang super kaya. Para crazy rich yang punya kendaraan ini tentunya selalu sibuk dengan kunjungan ke luar negeri yang tidak menentu.

Sejatinya gak sedikit juga kok pengusaha Indonesia yang punya jet pribadi. Tapi, harga jet-jet pengusaha Indonesia harganya “cuma Rp 800 miliar.”

Hah, cuma Rp 800 miliar? Apa gak salah tuh? Berarti ada yang lebih mahal lagi?

Jawabannya ya ada. Dan mereka yang punya pesawat jet pribadi ini memang bukan orang sembarangan.

Di bawah ini adalah deretan jet pribadi termahal di dunia beserta pemiliknya. Yuk simak ulasan lengkapnya.

1. Boeing 757 (Trump Force One)

Pesawat Jet Pribadi
Boeing 757 (Trump Force One)

Pesawat jet pribadi ini dimiliki oleh Presiden Amerika Serikat, siapa lagi kalau bukan Donald Trump. Sebelum jadi pemimpin Negeri Paman Sam, Trump memang merupakan salah satu pengusaha properti ternama di negaranya.

Trump sempat dikabarkan membeli pesawat Boeing 757 dari mendiang Paul Allen yang gak lain adalah rekan Bill Gates. 

Pesawat senilai US$ 100 juta atau Rp 1,4 triliun ini, punya interior yang sangat mewah. Kamar mandinya dipenuhi material yang terbuat dari marmer. Sabuk pengamannya sendiri kabarnya terbuat dari emas.

Pesawat ini pun seringkali disebut dengan nama Trump Force One. Burung besi ini juga dimanfaatkan Trump di kampanye Pilpres AS.

2. Boeing 747-81 VIP

Pesawat Jet Pribadi
Boeing 747-81 VIP

Joseph Lau, seorang taipan properti di Hong Kong merupakan pemilik dari jet mewah yang satu ini. Lau dikabarkan membeli Boeing 747-81 VIP pada tahun 2007 silam.

Harga pesawat pribadi ini dikabarkan mencapai US$ 158 juta atau setara dengan Rp 2,2 triliun!

Semua yang ada di dalam pesawat ini benar-benar mewah. Bahkan di dalam pesawat itu, ada sebuah tangga spiral yang bentuknya mirip tangga di dalam rumah. 

Pesawat ini memiliki lounge yang nyaman layaknya sebuah lounge di hotel bintang lima. Kamarnya pun mewah banget.

3. Boeing 767- 33A 

Pesawat Jet Pribadi
Boeing 767- 33A

Menurut laporan dari Forbes, pemilik dari pesawat jet pribadi ini adalah Roman Abramovich. Pria terkaya di Rusia dan Israel.

Pesawat seharga Rp 2,3 triliun ini diberinama The Bandit. Dari luar, penampakannya memang biasa aja tapi di dalamnya, mewah banget! Interior di dalamnya dilapisi kayu chestnut dan emas. 

Kabarnya, The Bandit bisa menampung 300 orang lho. Ruang makannya juga dilengkapi dengan 30 kursi. 

4. Boeing 747-400

Pesawat Jet Pribadi
Boeing 747-400

Harga pesawat ini mencapai US$ 220 juta atau Rp 3,1 triliunan. Dan usut punya usut, ini adalah milik dari salah satu orang terkaya di Arab Saudi. Sayangnya, gak ada media yang menyebut namanya yang jelas bukan Pangeran Alwaleed bin Talal ya.

Kabarnya, terdapat 11 pramugari tetap yang bekerja di pesawat ini. Situs The Richest menyebutkan kalau, di lounge pesawat ini seringkali ditemukan buku-buku. Hmmm, orang kaya dari Arab Saudi yang hobi baca, siapa ya kira-kira?

5. Boeing 747-430

Pesawat Jet Pribadi
Boeing 747-430

Nah kalau yang ini adalah pesawat jet pribadi milik Sultan Hasan al Bolkiah, Pemimpin Brunei Darussalam. Harganya sedikit lebih mahal dari Boeing 747-400 yaitu US$ 223 juta alias Rp 3,17 triliun.

Kabarnya, ruang keluarga dan toilet yang ada di pesawat ini berlapis emas. Namun sayangnya, gak pernah ada informasi lanjut seputar pesawat mewah sang sultan.

6. Airbus A340-300

Pesawat Jet Pribadi
Airbus A340-300

Akhirnya, dari ke sekian banyaknya Boeing, maka yang ke-enam ternyata datang dari Airbus. Seorang raja tambang Russia bernama Alisher Usmanov kabarnya memiliki pesawat  seharganya Rp 7 triliunan ini.

Uniknya, Usmanov membelinya usai menjual saham Facebook senilai US$ 1,4 miliar! Wow, bisa jadi dia adalah salah satu pendana dari aplikasi ini.

Jika kamu ingin membelinya, Airbus A340-300 standar dibanderol US$ 250 juta atau Rp 3,5 triliun. Tapi versi custom yang dimiliki Usmanov harganya mencapai dua kali lipatnya.

Sampai detik ini, gak ada satupun media yang pernah melihat interior pesawat jet pribadi Usmanov.

7. Airbus A380 – Custom

Pesawat Jet Pribadi
Airbus A380 – Custom

Nah kalau yang ini adalah milik Pangeran Al Waleed bin Talal. Dan Airbus varian ini bisa menampung 853 penumpang lho.

Pangeran Al Waleed membelinya di harga US$ 300 juta atau Rp 4,2 triliun. Namun dia mengeluarkan uang lagi sebesar US$ 200 juta atau Rp 2,8 triliun untuk melakukan modifikasi. 

Meja makan di pesawat ini sanggup menampung 14 orang. Kabarnya, ada permadani ajaib juga lho di sini, tapi yang jelas bukan permadani seperti milik Aladdin, melainkan permadani mewah.

Pesawat ini juga memiliki sebuah ruangan konser yang bisa menjadi sarana hiburan penumpang, wow!. Pesawat Sultan Brunei aja kalah mewah. 

Emang beda deh kalau judulnya aja anak raja. Bingung buang duit kemana akhirnya malah modif pesawat sendiri.

8. Boeing 747 Refit

Pesawat Jet Pribadi
Boeing 747 Refit

Dari sekian banyak pesawat jet pribadi termahal di dunia, inilah yang paling mahal diantara yang lain. Sampai detik ini pun, gak ada yang tahu siapa pemilik dari pesawat Boeing ini.

Daily Mail sempat memberitakan bahwa seorang miliuner misterius telah membeli pesawat ini di harga US$ 617 juta atau Rp 8,7 triliun! Lantas apa saja yang ada di pesawat ini?

Pertama adalah kabin yang bisa menampung 600 orang. Itu mungkin biasa ya, Airbusnya Pangeran Alwaleed bisa menampung lebih banyak orang.

Pesawat ini kabarnya punya delapan kamar tidur yang luar biasa mewah. Ada beberapa lounge, dan juga restoran dengan hidangan yang enak.

Interior pesawat ini berwarna beige dan dilapis emas. Sofanya berwarna krem dan semuanya elegan banget. Bisa dibilang, ini adalah sebuah mansion yang melayang di udara. 

Itulah deretan pesawat jet pribadi termahal sejagat. Ternyata yang termahal tetap saja berasal dari spesiesnya Boeing. (Editor: Winda Destiana Putri).

 

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.