Disebut Paling Berbahaya, Ini Lho Pesawat Tempur Amerika Seharga Rp 29 Triliun

4 menit
pesawat siluman
Ilustrasi pesawat siluman. (Shutterstock)

Pesawat siluman atau stealth aircraft adalah pesawat yang didesain secara khusus agar gak mudah dideteksi oleh radar. Dibekali dengan teknologi yang dapat menghindarkan dari jangkauan radar, pesawat ini sangat bisa diandalkan dalam menjalankan misi-misi taktis.

Amerika Serikat menjadi salah satu negara yang diketahui memiliki banyak pesawat siluman. Salah satunya yang menjadi andalan militer negara tersebut adalah B-2 Spirit.

Kabarnya nih, pesawat siluman B-2 Spirit disebut-sebut sebagai pesawat paling berbahaya dan paling ditakuti di dunia. Pasalnya, pada era 80-an, pesawat ini dibuat dengan tujuan awal menjatuhkan bom nuklir ke wilayah Uni Soviet kalau perang dingin akhirnya mencapai puncaknya.

Setelah Uni Soviet bubar, pesawat siluman B-2 Spirit difungsikan sebagai pembom konvensional. Di balik kemampuannya yang berbahaya, ada beberapa fakta menarik dari pesawat ini. Seperti apa? Yuk, disimak.

Baca juga: AS Mencak-Mencak Dronenya Ditembak Jatuh Iran, Memang Seberapa Mahal Sih?

1. Mulai muncul sebelum berakhirnya Perang Dingin antara Amerika Serikat dan Uni Soviet

pesawat siluman
B-2 Spirit Bomber. (Northropgrumman.com)

Pesawat siluman B-2 Spirit mulai diperkenalkan pertama kali pada 22 November 1988. Namun, pesawat ini mulai melakukan penerbangan perdana pada 17 Juli 1989.

Perang dingin terhadap Uni Soviet mengharuskan Amerika Serikat bersiap-siap buat menghadapi segala kemungkinan yang terjadi. Makanya B-2 Spirit pun diciptakan agar nantinya bisa menembus dan melakukan penyerangan ke Uni Soviet.

Bubarnya Uni Soviet dan berakhirnya perang dingin membuat pesawat ini gak terlalu dibutuhkan. Jumlah pesawat yang dibeli pun dikurangi selama 1990-an.

Baca juga: Capai Rp 38 Triliun! Ini 5 Senjata Mematikan Termahal di Dunia

2. Pesawat siluman B-2 Spirit sanggup membawa 16 bom nuklir dengan berat masing-masing 1.000 kg

pesawat siluman
B-2 Spirit Bomber. (Northropgrumman.com)

Dalam menjalankan misi, pesawat siluman B-2 Spirit diklaim sanggup membawa 16 bom nuklir. Jenis bom nuklir yang dibawa adalah B83 nuclear bomb.

Bom nuklir yang dibawa B-2 Spirit jelas sangat mematikan. Kalau nuklir yang meledak di Hiroshima menghasilkan ledakan 15 ribu ton bom TNT, bom B-2 Spirit bisa menciptakan ledakan 1,2 megaton atau setara 1,2 juta ton bom TNT.

Bom nuklir yang meledak di Hiroshima aja menghabiskan hampir seluruh kota. Gimana kalau bom B-2 Spirit meledek? Sulit dibayangkan seperti apa tingkat kehancurannya.

Baca juga: Lebih dari Rp 700 Miliar! Mewahnya Jenis Pesawat Pribadi yang Dipakai Prabowo ke Brunei

3. Daya jangkaunya hingga 11 ribu kilometer

pesawat siluman
B-2 Spirit Bomber. (Northropgrumman.com)

Hebatnya lagi nih daya jangkau pesawat siluman B-2 Spirit ini sangat jauh lho. Sekali terbang B-2 Spirit bisa mencapai 11 ribu kilometer jauhnya. Jangkauan tersebut sama dengan jarak dari Jakarta, Indonesia ke Wina, Austria.

Soal kecepatan, B-2 Spirit diklaim bisa terbang dengan kecepatan hingga 1.014 km per jam. Terus pesawat ini bisa terbang di atas ketinggian hingga 40 ribu kaki atau 12 km. Asal tahu aja nih, pesawat komersial cuma bisa terbang setinggi 30 ribu kaki atau 9,14 km.

4. Pernah diterbangkan buat meledakan kamp ISIS di Libya

pesawat siluman
B-2 Spirit Bomber. (Northropgrumman.com)

Kemunculan ISIS yang membawa teror mendapat reaksi keras dari banyak negara. Amerika Serikat pun ikut ambil bagian dalam menumpas ISIS.

Misi penyerangan pun dilancarkan dengan mengirim pesawat siluman B-2 Spirit ke Libya. Pada 18 Januari 2017, pesawat ini berhasil meledakan kamp pelatihan ISIS di barat daya Sirte, Libya. Serangan tersebut menewaskan 85 militan.

Jauh sebelum melancarkan serangan ke kamp ISIS, B-2 Spirit pernah diterbangkan buat menjalankan misi militer dalam Perang Kosovo, Irak, dan Afganistan. Malahan belakangan pesawat ini disiagakan buat mengantisipasi ancaman Korea Utara.

5. Dibuat Northrop Grumman, gimana spesifikasi pesawat B-2 Spirit yang harga per unitnya US$ 2,1 miliar ini?

pesawat siluman
B-2 Spirit Bomber. (Northropgrumman.com)

Pesawat siluman ini merupakan rancangan Northrop Grumman, perusahaan yang juga memproduksi drone tempur Amerika Serikat. Gak disangka, pesawat ini punya harga yang fantastis lho. Per unitnya dijual dengan harga US$ 2,1 miliar atau sekitar Rp 29,77 triliun.

Dengan harga yang sangat mahal tersebut, seperti apa spesifikasi yang ditawarkan pesawat bomber ini? Berikut ini daftarnya.

Spesifikasi Pesawat Siluman B-2 Spirit 
Panjang sayap (wingspan) 52.4 m
Panjang (length) 21 m
Tinggi (height) 5,2 m
Berat kotor lepas landas (gross takeoff weight) 152.633,8 kg
Ketinggian maksimum (maximum altitude) 12 km
Muatan (payload) > 18.143 kg
Jangkauan 11.000 km

Itu tadi informasi seputar pesawat siluman B-2 Spirit yang disebut-sebut mematikan dan sangat berbahaya. Sejauh ini Amerika Serikat dikabarkan memiliki pesawat ini sebanyak 20 unit. Satu unitnya aja udah ngeri, apalagi semuanya ya kalau digunakan. Gimana menurutmu? (Editor: Ruben Setiawan)

Boby
Boby

Lama bergelut dengan ensiklopedia. Kini fokus dengan urusan finansial. Di mana pun berada selalu berusaha sajikan karya yang terbaik. Semoga bermanfaat!