Ini Daftar Brand yang Bakal Kasih Diskon Pas Pemilu 17 April 2019

2 menit
Pesta Diskon Pemilu 2019 Kelingkin Fun (MoneySmart)
Pesta Diskon Pemilu 2019 Kelingkin Fun (MoneySmart)

Guna meningkatkan partisipasi pemilih dalam Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2019 dan meminimalkan angka Golput ratusan brand gelar pesta diskon kelingking fun 17 April 2019.

Program yang digalang oleh pengusaha bersama Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) serta Jaringan 107 Radio Peduli Pemilu, bertujuan menurunkan angka Golput.

Klingking fun merupakan program pemberian diskon khusus untuk para warga pemilih yang telah mencoblos di TPS-TPS di seluruh Indonesia pada tanggal 17 April .

Adapun besaran diskon bisa mencapai 50 persen dengan berbagai bentuknya. Program ini melibatkan lebih dari 250 brand dan jaringan retail ternama. Mulai dari toko online, fashion, makanan-minuman, sinema, dan banyak lainnya.

Beberapa brand ternama seperti Tokopedia, Sogo, Seibu, Wacoal, Sushi Tei, Alfamart, Cinema XXI, ACE Hardware, Electronic City, turut andil dalam program ini.

Pengusaha nasional yang telah terlibat dalam hampir semua pemilu Indonesia sejak 1971, Sofjan Wanandi, menyatakan pemilu ini mencatat sejarah dalam hal partisipasi aktif pengusaha.

“Perlu dicatat, baru di pemilu ini saya melihat para pengusaha berbondong-bondong tampil terbuka mendukung dan berpartisipasi aktif,” kata Sofjan.

Kepala Bekraf Triawan Munaf mengatakan, kematangan berdemokrasi sebuah negara salah satunya diukur dari partisipasi warga negaranya dalam pemilihan umum.

“Perlu cara-cara kreatif untuk ikut mendorong hal ini. Pemilu serentak 17 April 2019 ini harus diwarnai kegembiraan dan menebar banyak manfaat bagi warga negara. Selain juga dunia usaha tentunya. Semoga program KlingKing Fun dapat memeriahkan pesta demokrasi terbesar ini,” kata Triawan.

Sementara itu, Menteri Kominfo Rudiantara menyambut baik dan mendukung inisiatif KlingKing Fun sebagai salah satu program untuk melakukan sosialisasi pemilu.

“Selama ini, Indonesia diakui sebagai salah satu negara demokrasi terbesar. Yang ditunjukkan dengan tingkat partisipasi pemilihnya yang tinggi,” kata Rudiantara.

Selain itu, guna mendukung program ini Kominfo telah melakukan sosialisasi dengan menggunakan berbagai media, mulai dari televisi, radio.

Libatkan Brand Nasional dan Internasional

Wakil Ketua Asosiasi Pelaku Usaha Ritel Indonesia (Aprindo) Shinta Widjaja Kamdani menjelaskan, brand partners yang terlibat dari lokal maupun internasional.

“Lebih dari 250 brand telah bergabung dan tidak menutup kemungkinan akan terus bertambah karena program ini tidak hanya digelar di Jakarta. Di beberapa daerah, brand-brand lokal juga ikut berpartisipasi,” kata Shinta.

Menurutnya, banyak sekali berbagai brand dan pengusaha yang ingin bergabung dengan program ini. “Kami terus-terang kewalahan, tapi juga sangat bergembira melihat teman-teman pengusaha begitu antusias mendukung KlingKing Fun,” papar Shinta.

Cara Dapat Diskon Pemilu

Adapun Klingking Fun murni inisiatif pengusaha untuk mengajak masyarakat menggunakan hak pilih Pemilu. Kemudian bergembira bersama-sama keluarga dan sahabat untuk memanfaatkan berbagai diskon yang ada.

“Caranya mudah, tinggal tunjukkan atau foto jari yang dicelup tinta biru tanda sudah mencoblos. Pemilih langsung bisa mendapatkan diskon, voucher, dan banyak promo lainnya,” ujar Shinta Kamdani.

Adapun, bagi masyarakat yang ingin mendapatkan diskon ini dibebaskan untuk menggunakan jari apapun tidak harus jari kelingking saja.

Kelingking Fun Bidik 192 Juta Pemilih

Pesta diskon Pemilu Klingking Fun menyasar 192 juta pemilih yang tercatat di Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilihan Legislatif dan Presiden 2019.

Tingkat partisipasi pemilih di pemilu-pemilu Indonesia di Era Reformasi tergolong sangat tinggi, 84 persen pada Pemilu 2004, 71 persen pada Pemilu 2009, dan 74 persen pada Pemilu 2014 lalu.

Pada kali ini, KPU menargetkan tingkat partisipasi pada Pemilu 2019 mencapai 77,5 persen. “Mudah-mudahan dengan adanya KlingKing Fun ini, tingkat partisipasi pemilih bisa kita tingkatkan hingga mencapai 80 persen,” kata Sofjan.

Editor: Ayyi Achmad Hidayah

Pramdia Arhando
Pramdia Arhando

Atlet renang yang gagal, tapi pernah jadi juara. Kini masuk dunia jurnalistik dan finansial. Semua tulisan di sini dari fakta dan kisah nyata.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Tentang Kami

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Philippines Taiwan