Bukan Roger Federer atau Rafael Nadal, Inilah Petenis Pria Terkaya Sepanjang Masa

3 menit
petenis dunia
Ilustrasi petenis dunia. (Shutterstock)

Menjadi seorang petenis dunia mungkin menjadi cita-cita banyak orang. Siapa sih yang gak ingin terkenal dan jadi kaya karena mendapatkan hadiah kejuaraan dan tandatangan kontrak sponsor apparel terkenal?

Seperti yang terjadi pada perhelatan Grand Slam US Open 2019 yang baru-baru ini digelar di kota New York, Amerika Serikat. Pihak penyelenggara telah menyiapkan hadiah total sebesar US$ 57 jutaan atau setara Rp 801 miliaran kepada para atlet tenis, mengutip dari website resmi US Open 2019. 

Hadiah terbanyak disiapkan untuk sektor tunggal yang mempertemukan unggulan kedua Rafael Nadal dan unggulan kelima Daniil Medvedev. Siapapun yang berhasil memenangkan pertandingan tersebut berhak membawa pulang uang US$ 3.850.000 atau Rp 54,1 miliaran. 

Walaupun demikian takhta petenis dunia terkaya masih belum bisa tergantikan dari mantan atlet tenis asal Rumania. Penasaran siapa dia? Yuk kita lihat langsung aja daftar nama 5 besarnya berikut ini:

Baca juga: Petenis Paling Tajir yang Berjiwa Sosial Tinggi, Ini 5 Fakta Roger Federer

5.  Andre Agassi – Rp 2,4 triliun

petenis dunia
Andre Agassi. (Shutterstock)

Mengutip dari Wealthy Gorilla, petenis dunia yang berhasil masuk ke urutan kelima adalah Andre Agassi yang berasal dari Amerika Serikat.

Selama kariernya di dunia tenis profesional, pria berzodiak Taurus ini udah berhasil mengumpulkan 8 gelar Grand Slam. Total harta kekayaan yang dimiliki oleh Andre Agassi sampai hari ini tercatat Rp 2,4 triliunan.

Baca juga: Menangi Puluhan Kejuaraan, Ini 7 Atlet Wanita Terkaya di Dunia dengan Harta Rp 2,8 T

4. Rafael Nadal – Rp 2,5 triliun

petenis dunia
Rafael Nadal. (Shutterstock)

Selanjutnya ada petenis dunia yang namanya udah gak asing lagi yakni Rafael Nadal. Saking jagonya bermain di lapangan tanah liat ia dijuluki sebagai “King of Clay” oleh para penggemar tenis dunia.

Semenjak berkiprah di dunia profesional tahun 2001, ia telah berhasil mengumpulkan 18 gelar Grand Slam dimana 12 diantaranya dari French Open yang digelar di lapangan tanah liat. Kekayaan yang berhasil dikumpulkan oleh Nadal hingga sekarang sekitar Rp 2,5 triliunan.

Baca juga: 10 Atlet dengan Bayaran Tertinggi Tahun 2019, Messi di Posisi Puncak

3. Novak Djokovic – Rp 2,8 triliun

petenis dunia
Novac Djokovic. (Shutterstock)

Ketiga ada petenis asal Serbia yaitu Novak Djokovic. Ia dikenal sebagai pemain yang humoris, di dalam maupun luar lapangan.

Mulai berkarier di dunia tenis pada tahun 2003 lalu, Novak Djokovic berhasil merengkuh 16 juara Grand Slam. Ia tercatat memiliki harta kekayaan mencapai Rp 2,8 triliun hingga saat ini.

2. Petenis dunia Roger Federer – Rp 6,3 triliunan

petenis dunia
Roger Federer. (Shutterstock)

Kalau sama yang satu ini pasti kamu udah kenal deh, siapa lagi kalau bukan Roger Federer. Walau udah berumur 38 tahun tapi petenis dunia asal Swiss ini masih mampu bersaing dengan saingan-sangingannya yang jauh lebih muda.

Pertama kali terjun ke dunia profesional pada tahun 1998, Federer telah berhasil mengumpulkan 20 gelar Grand Slam. Harta kekayaan yang dimiliki olehnya tercatat menyentuh Rp 6,3 triliunan. 

1. Ion Tiriac – Rp 28 triliun

petenis dunia
Ion Tiriac. (Forbes)

Yang menyandang petenis dunia paling kaya di dunia adalah Ion Tiriac. Mungkin sebagian dari kamu kurang familiar dengan nama pemain yang satu ini.

Dari sisi prestasi Ion Tiriac emang terbilang gak begitu cemerlang karena hanya mendapatkan 1 gelar Grand Slam Perancis Terbuka di sektor Ganda Putra tahun 1970. Namun ia sangat jago dalam berbisnis. Buktinya pada tahun 1990, ia mampu mendirikan bank Banca Tiriac.

Pantes aja ia memiliki kekayaan melebihi petenis lainnya yakni mencapai US$ 2 miliar atau senilai Rp 28 triliunan. 

Nah itulah nama 5 petenis dunia yang memiliki total kekayaan paling banyak. Dari kelima atlet tersebut ada yang menjadi jagoan kamu, gak? (Editor: Ruben Setiawan)

Christantio Utama
Christantio Utama

Milenial yang merintis karier lewat dunia keuangan, karena segalanya butuh uang tapi uang bukanlah segalanya. Penonton setia Digimon dan penggemar olahraga otomotif Formula 1