Pengin Cepat Dapat Kerja Lagi Usai Di-PHK, Begini Caranya

2 menit
PHK
Cepat dapat kerja lagi usai jadi korban PHK (Shutterstock)

PHK alias Pemutusan Hubungan Kerja kerap terjadi dalam industri ketenagakerjaan di Indonesia. Menjadi korban PHK, tentu sangat mengejutkan bagi karyawan di kantor manapun.

Ada beragam alasan mengapa perusahaan melakukan PHK kepada karyawannya, mulai dari adanya perubahan manajemen perusahaan hingga mengurangi pengeluaran kantor. 

Setelah menjadi satu dari beberapa karyawan yang di-PHK, tentu seseorang harus mencari pekerjaan untuk menyambung kehidupan. 

Untuk membantu menjaga pencarian pekerjaan, hal yang harus dilakukan ialah fokus dan sesuai jalur, buat rencana tindakan, dan mulai melaksanakannya. 

Adapun rencana yang harus dilakukan ialah mencakup sejumlah strategi pencarian kerja modern. 

Dikutip Sindonews jaringan MoneySmart, berikut tiga cara cepat mendapat pekerjaan lebih cepat usai jadi korban PHK:

Perbarui CV dan buat porfolio digital

PHK
Perbarui CV dan portfolio usai jadi korban PHK

Hal pertama kali yang bisa dilakukan ialah, pastikan profil LinkedIn kamu lengkap dengan konten saat ini, kata kunci industri, dan nilai yang jelas untuk membantu Anda secara pasif ditemukan pemberi kerja dan perekrut. 

Pasalnya, hampir semua perekrut kini di LinkedIn. Jadi, pastikan kamu juga melakukannya. 

Tingkatkan visibilitas online kamu dengan terlibat secara konsisten di situs. Jaringan dalam kelompok akan memudahkan mencari kerja.

Baca juga: Setelah Kena PHK, Jangan Buang Waktu buat Meratapi Nasib, Pertimbangkan Tips Ini!

Perluas jaringan mencari kerja 

PHK
Perluas jaringan mencari kerja usai jadi korban PHK

Tidak semua pekerjaan diiklankan dalam media sosial. Untuk mengidentifikasi kemungkinan arahan, peluang, atau lowongan yang tidak diiklankan, kamu perlu memanfaatkan jaringan.

Terus-menerus membangun jaringan, maka peluangmu membangun kelompok koneksi yang kuat untuk mendukung pencarian kerja dan upaya kerja di masa depan bukan lagi wacana.

Hubungi relasi kerja

PHK
Hubungi relasi kerja usai jadi korban PHK

Selain memperluas jaringan mencari kerja, kamu juga bisa meminta orang untuk membantumu menemukan pekerjaan, habiskan upaya untuk mencari tahu tentang peluang, prospek, atau informasi yang akan mendukung rencana manajemen kariermu.

Contohnya, jika ada perusahaan yang menarik minat kamu, cobalah terhubung dengan orang-orang yang bekerja di sana untuk belajar tentang budaya perusahaan. 

Kamu juga bisa mencari pengantar untuk seseorang yang bekerja di bidang atau peran yang diminati dan tanyakan kepada mereka bagaimana mereka mendapatkan penempatan mereka. 

Semakin banyak informasi yang dimiliki, semakin baik keputusan karier yang dapat kamu buat. 

Itulah tiga langkah yang dapat segera dilakukan setelah menjadi korban PHK. Tapi, semoga saja kamu tidak masuk bagian dari karyawan yang diputus kerja.

Chaerunnisa
Chaerunnisa

Senang menulis dan belajar banyak hal. Semoga karya saya selalu bisa dinikmati dan bermanfaat bagi semua.