Pilih 1 Minggu Travel Mewah atau 1 Bulan Travel Merakyat?

3 menit
1 Minggu Travel Mewah

Melepas stres itu perlu, salah satunya dengan berlibur. Namun ada pertanyaan: ketika waktu tidak lagi menjadi masalah, lebih baik pilih 1 minggu travel mewah atau 1 bulan travel merakyat?

Pilihan ini memang dilematis. Di satu sisi, pasti kita ingin pengalaman liburan bisa maksimal dengan bujet yang maksimal pula.

Namun, di sisi lain, keinginan itu sangat mungkin kepentok anggaran. Liburan memang penting, tapi jelas lebih penting kebutuhan sandang, pangan, dan papan dong.

Untuk menjawab pertanyaan pilih travel mewah seminggu atau travel bujet sebulan, kita mesti melihat kondisi keuangan pribadi dulu. Mesti digarisbawahi, bagus-tidaknya pengalaman liburan gak semata dipengaruhi dana.

Bisa saja liburan murah tiga hari di Yogyakarta lebih berkesan ketimbang jalan-jalan seharian di pusat belanja Singapura. Begitu pula sebaliknya. Liburan mahal gak selalu menandakan pengalaman itu berkesan.

Mewah Pengalamannya

Satu hal yang mesti kita kejar ketika hendak berlibur adalah pengalaman liburan. Lebih spesifik lagi, pengalaman liburan yang mewah.

1 Minggu Travel Mewah
Pengalaman mewah, kamu mau dapetin gak? (liburan di kapal yatch/charter world)

Namun mewah di sini gak identik dengan mahal. Misalnya pelesiran ke Puncak doang, tapi bisa bersama seluruh keluarga dan menikmati kebersamaan itu tanpa gangguan cuaca maupun masalah lainnya.

Itu lebih mewah ketimbang pergi liburan ke Bali dan menginap di hotel berbintang tujuh hari, tapi ada salah satu anggota keluarga yang gak bisa ikut. Lebih-lebih bila di sana sering hujan, sehingga aktivitas terganggu.

Karena itu, kita mesti mempertimbangkan waktu liburan. Bila hendak berangkat bersama keluarga, pastikan semuanya bisa ikut serta.

Selain itu, lihat situasi di lokasi pelesir yang hendak dituju. Contohnya dengan mencari tahu apa saja kegiatan yang bisa dilakukan, plus sedang musim apa cuacanya. Gak lucu kan, sudah keluar duit banyak tapi lebih sering menghabiskan waktu di hotel ketimbang jalan-jalan keluar.

Ketika Waktu Bukan Masalah

Dengan acuan penjelasan di atas, saat kita bisa memilih 1 minggu travel mewah atau 1 bulan travel merakyat, tengoklah dana di rekening. Waktu bukan masalah, tapi anggaran bisa menjadi masalah.

1 Minggu Travel Mewah
kalau waktu dan dana gak jadi masalah mau traveling kemana aja pasti seru (backpack travel/ traveland escape)

Keduanya sama-sama baik untuk dipilih ketika waktu dan dana gak menjadi masalah. Siapa sih yang gak mau liburan bisa tidur enak di kasur empuk hotel?

Tapi, melihat perbandingan durasi liburan 1 minggu vs 1 bulan, akan lebih banyak pengalaman yang bisa didapat jika memilih travel merakyat. Selama 1 bulan melalang buana, masak hanya ada satu-dua pengalaman berkesan?

Apalagi travel dengan bujet terbatas memiliki tantangan tersendiri dalam hal perencanaan. Kita mesti pandai-pandai mengatur bujet agar cukup buat hore-hore sebulan di perjalanan.Rencana liburan inilah yang berperan penting untuk menentukan bagus-tidaknya pengalaman. Mau 1 minggu travel mewah, silakan.

1 Minggu Travel Mewah
Bikin dulu rencana perjalanan sebelum berangkat. Nyusun rencana liburan aja udah bisa bikin hati seneng lho (travel plan/travel by darcy)

Travel merakyat 1 bulan pun monggo. Yang penting, sudah disusun rencana sebelum berangkat.

Rencana ini mencakup anggaran dan aktivitas apa saja yang bisa dilakukan di lokasi liburan. Jangan sampai kehabisan dana saat berlibur lama.

Atau malah plonga-plongo gak tahu apa yang bisa dilakukan di lokasi pelesiran. Yuk, siapkan semuanya sebelum memutuskan mau liburan ke mana dan berapa lama.

 

 

Yang terkait artikel ini:

[Baca: Liburan Gak Identik dengan Foya-foya, Gini Tips Hemat Liburan Tapi Tetap Fun]

[Baca: Pengen Liburan ke Amerika dengan Biaya Murah? Begini Tipsnya]

[Baca: Selesai Liburan Jangan Sedih Lihat Rekening Menciut, Pulihkan Keuangan Kamu dengan 5 Tips Ini]

[Baca: Bujet Pas-Pasan Bukan Berarti Gak Bisa Liburan. Coba 4 Destinasi Ini]

 

Hardian
Hardian

Sebagai penulis dan penyunting, saya sangat akrab dengan tenggat alias deadline. Dua profesi ini mengajari saya tentang betapa berharganya waktu, termasuk dalam urusan finansial. Tanpa rencana dan kedisiplinan soal waktu, kehidupan finansial pastilah berantakan. Cerita inilah yang hendak saya bagikan kepada semuanya lewat beragam cara, terutama tulisan.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Tentang Kami

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Philippines Taiwan