Pilih Mana, Anak Seks Bebas atau Berikan Edukasi Seks Sejak Dini?

Edukasi seks sejak dini thumbnail

Edukasi seks sejak dini header

Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) mengatakan, berdasarkan riset kesehatan dasar 2010, seks pranikah berisiko dilakukan remaja berusia 10-24 tahun. Melihat fakta bahwa banyak pelajar berusia 10 tahun yang melakukan hubungan seks di luar nikah tentu sangat memprihatinkan.

 

Tradisi Indonesia tidak mengenal hubungan seks pranikah. Hubungan seks baru sah bila dilakukan oleh pasangan yang sudah menikah di depan pemuka agama dan pemerintah.

 

Tapi, bagaimana bisa pelajar usia 10 tahun, yang masih bisa disebut sebagai bocah, sudah melakukan perbuatan itu? Salah satu penyebabnya mungkin adalah tradisi bahwa kebanyakan orang Indonesia tak mau memberikan pendidikan seks sejak dini kepada anak-anak mereka.

 

Berbicara tentang seks di rumah dianggap tabu. Padahal edukasi seks sejak dini ini amat penting diajarkan oleh orang tua.

 

Pakar pendidikan anak dari Multiple Intelligence and Holistic Learning, Edy Wiyono, menjelaskan bahwa anak sudah bisa dikenalkan dengan pendidikan seks ketika mereka bertanya tentang organ intim.

 

Menurut Edy, orang tua tak perlu kaget jika mereka menanyakan hal itu. Justru momen itu bisa dimanfaatkan sebagai pintu untuk memberikan pendidikan seks.

 

Anak hamil di luar nikah
Anak hamil di luar nikah dapat menjadi bencana yang menimpa seluruh sendi kehidupan keluarga, dari mental hingga keuangan.

 

Bahaya Sekspranikah

Seks pranikah alias seks bebas sangat berisiko. Risiko pertama tentu hamil di luar nikah. Jika anak sudah hamil di luar nikah, orang tua pasti kelimpungan.

 

Selain malu kepada tetangga dan kerabat, ada kekhawatiran atas masa depan anak. Semuanya itu berujung pada risiko keuangan. Saat anak hamil di luar nikah, orang tua pastinya menyiapkan duit buat biaya pernikahan dan persalinan.

 

Belum lagi kalau si anak terkena penyakit mematikan HIV AIDS atau kanker serviks, pembunuh wanita nomor satu di Indonesia. Ongkos yang dikeluarkan bakal lebih membengkak lagi tentunya! Tapi beban keuangan ini bisa sedikit berkurang jika si anak menjadi peserta asuransi atau BPJS.

 

anak belajar organ intim
Ajarkan anak tentang organ intim agar mereka tidak mencari informasi sendiri yang bisa saja keliru.

 

Tips Edukasi

Selain mengganggap tabu edukasi seks, banyak orang tua Indonesia yang bingung bagaimana menyampaikan pendidikan bertopik sensitif ini. Simak tipsnya berikut ini:

 

1. Beri kenyamanan

Ketika menyampaikan pendidikan seks, berbicaralah dengan santai, bukan seperti gaya mengajar guru di sekolah. Beri mereka kesempatan bertanya agar mereka merasa bebas. Jangan lupa berikan pelukan untuk memberi mereka rasa nyaman.

 

2. Buang rasa gugup

Orang tua sering gugup ketika berbicara seputar seksualitas, apalagi kepada anak sendiri. Jika ingin pelajaran seks dipahami anak, sampaikan dengan penuh keyakinan. Menjawab “tidak tahu” sangat tidak direkomendasikan karena membuat anak mencari jawaban ke tempat lain yang tidak bisa dipastikan kebenarannya.

 

3. Jelaskan perbedaan

Fakta bahwa organ intim pria dan wanita berbeda harus diterangkan sejelas-jelasnya. Orang tua bisa memulai dengan menjelaskan proses persalinan. Selain itu, agar anak tidak bingung, pastikan menyebut organ intim pria dan wanita dengan nama sebenarnya: penis dan vagina.

 

4. Boleh-tidak boleh

Jelaskan pula perilaku yang boleh dan tak boleh terkait dengan seksualitas. Misalnya berganti baju harus di dalam kamar, tidak boleh di sembarang tempat. Lalu menegur anak yang berlarian tanpa busana setelah mandi.

 

 

Jika anak tidak diberi edukasi seks sejak dini oleh orang dekat yang bertanggung jawab, mereka bisa mencari informasi sendiri di luar. Apalagi sekarang sudah zamannya Internet. Semua bisa dicari dengan mengetuk pintu rumah Mbah Google.

 

Daripada anak mendapat informasi yang salah dari orang lain, mending kita sampaikan sendiri edukasi seks. Dengan begitu, kita bisa turut mencegah risiko anak melakukan seks bebas.

 

 

 

Image credit:

  • http://koransuararakyat.org/ksr/wp-content/uploads/2014/09/Mitos1.jpg
  • http://assets.kompas.com/data/photo/2011/09/07/0924031620X310.jpg
MoneySmart
MoneySmart

MoneySmart adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

MoneySmart Singapore MoneySmart Indonesia MoneySmart Hong Kong