Pilih Tinggal di Apartemen Superblok atau Tunggal? Kenali dulu Untung Ruginya Ini

3 menit
Tinggal di apartemen (Shutterstock).

Tinggal di apartemen saat ini menjadi alternatif pendatang yang ingin mengadu nasib di Jakarta. Memilih tinggal di apartemen juga bukan tanpa sebab. Kebanyakan dari mereka memilih untuk tinggal disini karena bujet untuk membeli tanah tapak tidak terkumpul.

Bahkan, harga tanah yang semakin tinggi setiap tahun membuat banyak orang memilih untuk menyewa apartemen, atau membelinya. Selain itu, alasan lain orang memilih tinggal di apartemen juga dikarenakan lokasi yang dekat dengan tempat kerja. Sehingga mereka tidak membutuhkan waktu ber jam-jam untuk tiba di kantor.

Kebanyakan, daerah pinggiran menawarkan rumah dengan harga miring, namun seringkali lokasinya sangat jauh dari keramaian. Lahan terbuka yang kini semakin terbatas juga menjadi kendala mereka yang mencari nafkah di Ibu Kota. Alhasil, apartemen menjadi solusi akhir.

Berstatus sebagai kota metropolitan, Jakarta rupanya masih ramah dengan pekerja berkantong tipis. Alasan ini pula yang membuat mereka harus realistis memilih hunian lain ketimbang membeli rumah tapak.

Kalau kamu salah satunya, dan sedang bingung memilih jenis apartemen, berikut hal-hal yang bisa dipertimbangkan sebelum membelinya.

Baca juga: Ini Dia 6 Zodiak Pekerja Keras, Kamu yang Mana?

Apartemen tunggal

Lokasi apartemen yang strategis (Shutterstock).

Apa sih apartemen tunggal? Apartemen jenis ini biasanya memiliki privasi yang lebih terjaga dengan baik. Tidak menyatu dengan perkantoran atau pusat perbelanjaan. Betul-betul hanya untuk hunian semata.

Orang yang hilir mudik ke pusat perbelanjaan tidaklah banyak. Cocok untuk kamu yang tidak suka dengan keramaian. Dan biasanya harga yang ditawarkan untuk memiliki jenis apartemen ini lebih murah. Biaya tagihan perbulan juga lebih irit.

Baca juga: Deretan Blush On Murah yang Bikin Kamu Makin Cantik, Gak Sampai Rp 50 Ribu!

Apartemen superblok

Sewa apartemen di Singapura. (Shutterstock)
Sewa apartemen di Singapura. (Shutterstock)

Apartemen superblok memiliki ciri dimana setiap bangunan jadi satu. Seperti ini, pusat hiburan, perkantoran, area komersial lain menyatu dengan hunian. Antar bangunan ke bangunan hanya dibatasi dengan tembok dan memiliki satu pintu masuk saja.

Memang harga yang ditawarkan jauh lebih mahal daripada apartemen tunggal, karena akses ke pusat hiburan itu tadi. Tetapi, harga jualnya juga lebih tinggi daripada apartemen tunggal loh. Karena akses ke pusat hiburan itu tadi menjadi poin plus.

Baca juga: Begini Cara Ibu Menyeimbangkan Karier dan Keluarga, Jangan Kelewat Baper!

Tips tinggal di apartemen

Tinggal di apartemen (Shutterstock).

Baik di apartemen tunggal maupun superblok, pilihlah yang sekiranya sesuai dengan kemampuan kamu ya. Jangan terlalu memaksakan, tetapi lebih ke kebutuhanmu dimana. Setiap orang tentu memiliki kebutuhan yang berbeda-beda.

Sebelumnya kamu juga perlu memilah mana yang baik, seperti lokasi dari apartemen ke kantormu berapa lama jika ditempuh dengan transportasi umum, ojek, atau taksi. Jangan sampai hanya memikirkan satu jenis kendaraan saja, karena jika tidak ada alternatif lain, kam yang bakal kewalahan.

Kemudian, pikirkan pula fasilitas yang ditawarkan. Kalau bisa bandingkan satu dengan yang lain. Bagaimana biaya pemeliharaannya, bulanannya seperti tagihan listrik, parkir dan lain-lain.

Hal penting lain adalah apartemen terdiri dari belasan bahkan puluhan lantai. Kalau kamu ingin akses yang cepat dan takut ketinggian, pastikan untuk memilih yang tidak terlalu tinggi ya. Semoga bermanfaat! (Editor: Winda Destiana Putri).

Winda Destiana
Winda Destiana

No place is ever bad as they tell you its going to be