KPK Buka Lowongan Kerja! Begini Syarat-syarat Jadi Calon Pimpinannya

3 menit
Pimpinan KPK
KPK Buka Lowongan Kerja! Begini Syarat-syarat Jadi Calon Pimpinannya, (Ilustrasi/Shutterstock).

Pada tanggal 17 Juni 2019 Lembaga Anti Rasuah Indonesia bakal mengadakan seleksi pimpinan KPK buat periode 4 tahun kedepan hingga 2023. Terdapat beberapa kriteria dan berkas yang mesti penuhi dipenuhi oleh pelamar jika pengin lolos duduk di kursi pimpinan KPK, apa aja ya kira-kira syaratnya?

Wah! Gak kerasa nih kalau Komisi Pemberantasan Korupsi udah membuka lowongan kerja buat para pemimpinnya yang baru nanti. Saat ini jajaran yang diketuai oleh Agus Rahardjo bersama keempat wakilnya Basaria Panjaitan, Alexander Marwata, Saut Situmorang dan Laode Muhammad Syarif ini bakal mengakhiri masa jabatannya yang dimulai dari tahun 2015.

“Hari ini kita hari pertama pendaftaran kita buka. Persyaratan 15 tahun hukum, ekonomi dan perbankan. Akan dicek seleksi kedua,” ucap anggota pansel calon pimpinan KPK Harkristuti Harkisnowo, mengutip dari CNBC.

Selain pengalaman 15 tahun di dunia tersebut ada beberapa ketentuan serta berkas tertentu bagi siapapun yang pengin duduk di bangku elite KPK periode 2019 – 2023 berdasarkan surat yang diedarkan melalui website Kementerian Sekretariat Negara.

Baca juga: Dapat Uang Rp 2 Miliar Setahun! 7 Jenis Pekerjaan Ini Berani Kasih Gaji Gede

Syarat umum buat yang pengin melamar posisi ini

Pimpinan KPK
Mau duduk di kursi pempimpin KPK? Begini syarat-syaratnya!, (Ilustrasi/Shutterstock).

Berdasarkan Pasal 29 Undang-Undang nomor 30 tahun 2002 tentang Komisi Pemberantasan Korupsi, beberapa hal yang harus dipenuhi adalah:

  1. Warga Negara Republik Indonesia
  2. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
  3. Sehat jasmani dan rohani
  4. Berijazah Sarjana Hukum atau Sarjana lain yang memiliki keahlian dan pengalaman sekurang-kurangnya 15 tahun dalam bidang hukum, ekonomi, keuangan atau perbankan
  5. Berumur sekurang-kurangnya 40 tahun dan setinggi-tingginya 65 tahun dalam proses pemilihan
  6. Tidak pernah melakukan perbuatan tercela
  7. Cakap, jujur, memiliki integritas moral yang tinggi dan memiliki reputasi yang baik
  8. Tidak menjadi pengurus salah satu partai politik
  9. Melepaskan jabatan struktural dan atau jabatan lainnya selama menjadi anggota Komisi Pemberantasan tindak pidana korupsi
  10. Tidak menjalankan profesinya selama menjadi anggota Pimpinan KPK
  11. Mengumumkan kekayaannya sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku

Baca juga: Dicap Aneh, Tapi 5 Lowongan Pekerjaan Ini Bisa Kasih Gaji Tinggi

Berkas yang harus dipenuhi menjadi calon pimpinan KPK

Pimpinan KPK
Ini nih berkas-berkas yang mesti kamu lengkapi saat melamar posisi di kursi elite KPK, (Ilustrasi/Shutterstock).

Selain syarat umum ada juga beberapa berkas administrasi yang perlu dipenuhi oleh kamu nih. Yuk, simak jangan sampai ada yang kelewatan. Siapa tahu kamu punya kenalan keluarga terdekat yang memenuhi kriteria.

Ya, kalau kamu yang masih berpengalaman kerja belum 15 tahun baiknya urungkan aja deh niatan itu. Nah, ini nih berkas-berkas yang mesti dilampirkan saat melamar buat lowongan di jajaran elite KPK.

  1. Surat lamaran dengan meterai
  2. Daftar riwayat hidup
  3. Foto berwarna terbaru tiga lembar dengan ukuran 4 x 6
  4. Fotokopi KTP
  5. Fotokopi NPWP
  6. Fotokopi ijazah S1, S2, dan S3 yang sudah dilegalisir
  7. Surat pernyataan memiliki pengalaman di bidang hukum, ekonomi, keuangan atau perbankan sekurang-kurangnya 15 tahun dan dibuat dengan meterai
  8. Surat keterangan sehat dari rumah sakit pemerintah
  9. SKCK asli dan masih berlaku
  10. Surat pernyataan dengan meterai tidak tersangkut partai politik
  11. Surat pernyataan di atas meterai bahwa jika terpilih bersedia melepaskan jabatan struktural atau jabatan lainnya, bersedia tidak menjalankan profesi selama menjadi anggota KPK; serta bersedia melaporkan harta kekayaannya
  12. Membuat makalah tentang ‘Menggagas Akselerasi Peran KPK dalam Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi’. Maksimal 10 halaman, font Arial ukuran 11 dengan spasi 1,5.

Berkas pendaftaran bisa dikirimkan melalui alamat email [email protected] selambat-lambatnya pada tanggal 4 Juli 2019 pukul 16.00 tepat. Untuk informasi lebih lengkapnya bisa langsung cek ke website setneg(dot)go(dot)id.

Nah, itulah syarat dan berkas umum bagi siapapun pengin mendaftar menjadi pimpinan KPK periode 2019 sampai 2023. Semoga jajaran yang baru bisa melanjutkan kerja yang udah baik dan bisa menangkap lebih banyak koruptor kedepannya ya! (Editor: Mahardian Prawira Bhisma).

Christantio Utama
Christantio Utama

Milenial yang merintis karier lewat dunia keuangan, karena segalanya butuh uang tapi uang bukanlah segalanya. Penonton setia Digimon dan penggemar olahraga otomotif Formula 1