Nyicil Gak Berat, Ini Pilihan KTA Tenor Panjang dengan Bunga Mulai 0,59 Persen

3 menit
Teller Bank BNI menghitung uang. (Tempo/Adri)
Teller Bank BNI menghitung uang. (Tempo/Adri)

Dalam urusan pinjam meminjam atau kredit, makin lama tenor pinjaman, makin ringan besaran cicilan yang harus dibayarkan. Gak heran kalau banyak yang berminat pinjam uang di bank dengan tenor yang lama.

Emang sih cicilan yang dibayarkan tiap bulannya terbilang kecil. Namun, konsekuensinya kita harus menanggung beban kredit dalam waktu yang cukup lama. Selain beban keuangan, beban pikiran juga tuh karena uang kita dipakai buat bayar cicilan terus tiap bulan.

Meskipun begitu, dalam kondisi tertentu, pinjam uang di bank dengan tenor lama membantu banget. Dengan cicilan yang gak terlalu besar, uang yang kita miliki bisa dialokasikan untuk kebutuhan lain, atau bahkan cicilan lainnya.

Nah, kalau kamu kebetulan pengin pinjam uang di bank dengan tenor yang lama, ada beberapa pilihan nih yang bisa kamu ambil. Apa aja? Berikut ini ulasan lengkapnya.

1. Mandiri KSM

Instagram/@putraputrimandiri
Instagram/@putraputrimandiri

Pinjam uang di Bank Mandiri bisa dapat tenor hingga 180 bulan alias 15 tahun lho. Dengan ambil Mandiri KSM (Kredit Serba Mikro), kamu ditawarkan bunga mulai dari 0,59 – 0,81 persen untuk tenor 36 hingga 180 bulan. Detailnya sebagai berikut:

  • 0,59 persen buat 24 bulan
  • 0,60 persen buat 36 bulan
  • 0,62 persen buat 48 bulan
  • 0,63 persen buat 60 bulan
  • 0,72 persen buat 72 bulan
  • 0,72 persen buat 84 bulan
  • 0,72 persen buat 96 bulan
  • 0,72 persen buat 108 bulan
  • 0,72 persen buat 120 bulan
  • 0,81 persen buat 180 bulan

Makin singkat tenornya, makin kecil bunganya. Kalau berminat ambil pinjaman dalam waktu singkat, kamu bisa pilih tenor 24 bulan atau 2 tahun.

Besaran pinjaman yang bisa kamu ajukan dengan memilih KTA Bank Mandiri ini mulai dari Rp 25 juta hingga Rp 1 miliar.

Syarat pengajuan Mandiri KSM:

  • Isi formulir aplikasi
  • Identitas diri berupa KTP
  • NPWP
  • Kartu keluarga
  • KTP pasangan
  • Slip gaji
  • SK Pengangkatan pegawai

2. BNI Flexi

Instagram/@bni46
Instagram/@bni46

Tenor 180 bulan atau 15 tahun juga bisa kamu dapatkan lho dengan pinjam uang di bank BNI. Nama pinjaman tanpa agunan alias KTA dari BNI adalah BNI Flexi.

Pinjaman ini ditujukan buat pegawai aktif yang punya penghasilan tetap (fixed income). Besaran pinjaman yang bisa kamu dapat dengan mengajukan BNI Flexi mencapai Rp 500 juta.

Karena di awal udah disebutkan tanpa agunan, kamu gak perlu menjaminkan apa pun ya saat melakukan pengajuan nanti. Bunga BNI Flexi dipatok mulai dari 6,72 persen per tahun.

Syarat pengajuan BNI Flexi:

  • Warga negara Indonesia atau WNI.
  • Punya rekening payroll BNI.
  • Punya pekerjaan dengan level staf.
  • Mengisi formulir aplikasi pengajuan.
  • Identitas diri berupa KTP.
  • NPWP.
  • Rekening 3 bulan terakhir.
  • Slip gaji atau surat keterangan gaji.
  • Surat pernyataan gak bakal pindah payroll sampai kredit lunas.
  • Foto ukuran 4 x 6.

3. PermataKTA Non-Payroll

Instagram/@permatabank
Instagram/@permatabank

Kalau pinjamnya gak mau lama-lama banget, PermataKTA Non-Payroll bisa menjadi pilihan alternatif buat kamu. Bank Permata menyediakan pinjaman dengan tenor maksimal 36 bulan atau 3 tahun.

Besaran pinjaman yang bisa kamu ajukan lewat PermataKTA Non-Payroll mulai dari Rp 5 juta – Rp 300 juta. Bunga pinjamannya buat semua tenor sebesar 1,69 persen per bulan dan pastinya tanpa agunan.

Syarat pengajuan PermataKTA Non-Payroll:

  • Warga negara Indonesia atau WNI.
  • Penghasilan minimal Rp 3 juta (khusus karyawan Astra Rp 2 juta per bulan).
  • Lengkapi formulir aplikasi pinjaman.
  • Identitas diri berupa KTP.
  • NPWP.
  • Fotokopi kartu kredit buat regular customer.

4. Danamon Dana Instant

Instagram/@mydanamon
Instagram/@mydanamon

Kamu juga bisa dapat tenor cicilan 36 bulan dengan pinjam uang di Bank Danamon. Nilai pinjaman yang dapat kamu pilih dengan mengajukan Danamon Dana Instant adalah mulai dari Rp 5 juta – Rp 200 juta.

Bunga pinjaman Bank Danamon ini berbeda-beda, tergantung dari pilihan tenornya. Kalau kamu pilih tenor 12 bulan, bunganya 1,09 persen. Tenor 24 bulan, bunganya 1,29 persen. Sementara itu, kalau pilih tenor 36 bulan, bunganya 1,39 persen.

Syarat pengajuan Danamon Dana Instant:

  • Warga Negara Indonesia.
  • Berstatus sebagai karyawan, profesional, atau pengusaha.
  • Penghasilan minimal Rp 2 juta per bulan.
  • Masa kerja minimal 1 tahun (karyawan) dan 2 tahun (pengusaha/profesional).
  • Melengkapi formulir aplikasi Danamon Dana Instant.
  • Identitas diri berupa KTP.
  • Bukti penghasilan berupa rekening koran.
  • NPWP.

Itu tadi informasi pilihan pinjam uang di bank dengan tenor yang lama. Jangan lupa pilih yang menguntungkan dan mudah buat kamu, baik dari segi bunga ataupun syarat yang diminta. Semoga pengajuan pinjamanmu disetujui ya! (Editor: Ruben Setiawan)

Boby
Boby

Lama bergelut dengan ensiklopedia. Kini fokus dengan urusan finansial. Di mana pun berada selalu berusaha sajikan karya yang terbaik. Semoga bermanfaat!

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Tentang Kami

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Philippines Taiwan