Tawarkan Dana Cepat, Ini Daftar Fintech yang Statusnya Berizin dan Terdaftar di OJK

6 menit
dana cepat
Ilustrasi dana cepat. (Shutterstock)

Saat ini banyak yang menawarkan pinjaman dana cepat, tapi kira-kira aman gak ya? Sekalipun proses aplikasinya gak sampai 24 jam, gak sedikit orang yang terlanjur waspada terhadap tawaran pinjaman dana cepat.

Ini bisa dimaklumi karena sebelumnya pernah ramai pemberitaan orang-orang yang menjadi korban pinjaman online. Kebanyakan korban mengaku, mereka terpaksa ambil pinjaman tersebut karena butuh dana cepat. 

Mereka gak menduga ternyata konsekuensi dari menerima dana cepat itu begitu berat. Mulai dari jumlah dana yang diperoleh gak sesuai, bunganya yang dihitung per hari bukan per bulan, hingga yang paling parah adalah proses penagihan yang gak sesuai aturan.

Satu hal yang sangat gak bisa diterima korban adalah cara penagihan yang dilakukan penyedia pinjaman. Sebab tindakan penagihan yang dilakukan, alih-alih mengingatkan debitur buat bayar cicilan, justru menimbulkan rasa traumatis yang mendalam.

Setelah banyaknya kejadian dan adanya desakan dari masyarakat, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengambil tindakan dengan membuat daftar penyedia pinjaman online terdaftar dan berizin, termasuk pinjaman dana cepat, yang selalu diperbarui. Berikut ini informasinya.

Baca juga: Mau Cari Pinjaman Online Cepat Cair? Baca Ini Dulu

Daftar fintech penyedia pinjaman dana cepat yang resmi dapat izin dari OJK per 7 Agustus 2019

dana cepat
OJK menindak tegas fintech yang langgar aturan. (Twitter/OJK)

Demi menjamin rasa aman masyarakat dalam mengambil pinjaman, OJK telah membuat daftar penyedia pinjaman dana cepat yang rutin diperbarui. Per 7 Agustus 2019, ada 127 perusahaan yang secara resmi terdaftar di OJK.

Dari 127 perusahaan yang terdaftar tersebut, cuma beberapa perusahaan fintech penyedia pinjaman dana cepat yang telah memperoleh izin dari OJK. Berikut ini daftar lengkapnya.

No. Platform Perusahaan Website
1 Danamas PT Pasar Dana Pinjaman danamas.co.id
2 Investree PT Investree Radhika Jaya investree.id
3 Amartha PT Amartha Mikro Fintek amartha.com
4 Dompet Kilat PT Indo Fin Tek dompetkilat.co.id
5 KIMO PT Creative Mobile Adventure kimo.co.id
6 Tokomodal PT Toko Modal Mitra Usaha tokomodal.co.id
7 Uang Teman PT Digital Alpha Indonesia uangteman.com

Baca juga: Ini Dia 5 Jenis Pinjaman Dana Tunai yang Ada di Indonesia

Tawarkan dana cepat dan pinjaman online cicilan, berapa bunga yang dipatok perusahaan fintech berizin?

dana cepat
Tips pinjam dana dari fintech. (Twitter/OJK)

Sejauh ini terdapat tujuh perusahaan fintech yang statusnya berizin menurut OJK. Perusahaan fintech tersebut diketahui sebagai penyedia dana cepat sekaligus pemberi pinjaman online cicilan.

Lalu, seberapa besar kira-kira bunga yang ditawarkan perusahaan tersebut buat yang mengajukan dana cepat? Seberapa besar plafon kreditnya dan seberapa lama tenornya? Simak ulasannya di bawah ini.

1. Danamas

dana cepat
Danamas

Berdiri pada tahun 2000, Danamas adalah perusahaan penyedia dana cepat dan pinjaman online cicilan yang berada di bawah pengelolaan PT Pasar Dana Pinjaman. Sekitar 66,66 persen sahamnya dipegang PT Sinar Mas Multiartha, Tbk. dan 33,34 persennya dipegang Itochu Corporation Japan.

Namun, satu hal yang menjadi catatan adalah peminjam harus punya usaha penjualan pulsa dan reseller yang terdaftar di distributor yang bekerja sama dengan Danamas. Sebenarnya, boleh-boleh aja kalau gak punya usaha pulsa, tapi prosesnya lebih lama.

Seperti yang dilansir informasinya dari website resminya, segini besaran bunga pinjaman, tenor, dan plafon kredit Danamas.

Pinjaman dana cepat dari Danamas
Bunga 0,5% per hari
Tenor 7 hari – 12 bulan
Plafon pinjaman Rp 500 ribu – Rp 200 juta
Syarat pengajuan pinjaman Gunakan aplikasi Danamas

2. Investree

dana cepat
Investree

Perusahaan fintech yang satu ini menjalankan bisnis peer-to-peer lending atau P2P lending yang mana individu atau perusahaan bisa bertindak sebagai pemberi pinjaman (lender) ataupun penerima pinjaman (borrower), yang khususnya berstatus sebagai pemilik usaha. 

Investree mulai beroperasi sejak Oktober 2015 dan telah menyalurkan dana pinjaman sebanyak Rp 2,33 triliun. Sementara itu, jumlah peminjam atau borrower yang terdaftar di Investree telah mencapai 583 borrower.

Berikut ini adalah informasi mengenai dana pinjaman dari Investree buat jenis online seller financing. Mulai dari bunga, tenor, plafon pinjaman, hingga syarat pengajuan seperti yang dikutip dari Kontan.

Pinjaman dana cepat dari Investree
Bunga 20% – 55% per tahun
Tenor 3- 24 bulan
Plafon pinjaman Rp 2 juta – Rp 2 miliar
Syarat pengajuan pinjaman Khusus individu: KTP dan NPWP

Khusus pemilik usaha: KTP, NPW, rekening koran, akta perusahaan, SK Kemenkumham, SIUP atau TDP

3. Amartha

dana cepat
Amartha

Berdiri sebagai microfinance, Amartha menawarkan kemudahan bagi para pelaku usaha, khususnya di pedesaan buat mendapat akses permodalan dengan skema P2P lending. Sejauh ini perusahaan yang berdiri tahun 2010 ini telah menyalurkan dana hingga Rp 1,24 triliun.

Hebatnya lagi nih Amartha gak cuma mempertemukan lender dengan borrower, tapi turut andil dalam memberdayakan para pengusaha mikro. Tercatat, jumlah yang diberdayakan mencapai 263.165 pengusaha mikro.

Karena fokusnya ke pelaku usaha, pinjaman dari Amartha bisa didapatkan dengan syarat utama memiliki usaha yang dijalankan. Berikut ini detail informasi pinjaman dana cepat Amartha.

Pinjaman dana cepat dari Amartha
Bunga 15% per tahun
Tenor 3, 6, 12 bulan
Plafon pinjaman Mulai dari Rp 3 juta
Syarat pengajuan pinjaman Perempuan dan berkelompok yang terdiri dari 15 – 20 orang

4. Dompet Kilat

dana cepat
Dompet Kilat

Penyedia dana cepat yang satu ini mengklaim mampu menyalurkan pinjaman online setelah aplikasi diproses dalam waktu 10 menit. Dompet Kilat telah berdiri sejak tahun 2017, tapi mulai beroperasi pada Februari 2018.

Bisnis yang dijalankan Dompet Kilat mengambil skema P2P lending. Proses pengajuan dan penyaluran pinjaman dilakukan melalui smartphone dengan syarat melakukan install aplikasi Dompet Kilat.

Pinjaman dana cepat dari Dompet Kilat
Bunga 0,1% per hari
Tenor 7, 15, 21, hingga 30 hari
Plafon pinjaman Rp 500 ribu – Rp 2 juta
Syarat pengajuan pinjaman Install aplikasi Dompet Kilat

5. KIMO

dana cepat
KIMO

Membawa tujuan membantu Pemerintah dalam mewujudkan inklusi keuangan di Indonesia, KIMO menawarkan layanan pinjam meminjam dalam skema P2P lending. Perusahaan fintech ini berdiri pada 1 September 2018 di bawah pengelolaan PT Creative Mobile Adventure.

Kios Modern atau KIMO memfokuskan layanan pinjamannya ke para pedagang pulsa di Indonesia. Dari informasi yang tersaji di website-nya, sekitar 99 persen saham KIMO dimiliki PT Monetrans Mitra Indonesia, sedangkan sisanya dimiliki Leonard Soesanto.

Sayangnya, informasi mengenai berapa besar bunga, tenor pinjaman, plafon, hingga syaratnya masih belum dipublikasikan secara jelas.

6. Tokomodal

dana cepat
Tokomodal

Perusahaan fintech berikutnya yang menawarkan dana cepat dengan skema P2P lending adalah Tokomodal. Perusahaan ini, seperti yang diinformasikan Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI,) berdiri sejak 27 Oktober 2017.

Namun, bisnis P2P lending yang dijalankannya mulai efektif tahun 2018. Tokomodal menargetkan pelaku UKM sebagai sasaran pendanaan fintech ini. Semua urusan pinjam meminjam di Tokomodal dilakukan lewat aplikasinya yang tersedia di Play Store.

Pinjaman dana cepat dari Tokomodal
Bunga Rata-rata 24% per tahun
Tenor 3, 7, 10, dan 14 hari
Plafon pinjaman Mulai dari Rp 300 ribu
Syarat pengajuan pinjaman Install aplikasi Tokomodal dan sebagai outlet binaan alfamart (OBA)

7. Uang Teman

dana cepat
Uang Teman

Menjadi solusi pinjam uang tanpa harus ke bank, Uang Teman mulai membuka layanan pinjaman online sejak Maret 2015. Perusahaan fintech ini mengklaim dapat menyalurkan dana cepat tanpa syarat dan tanpa proses yang ribet.

Walaupun prosesnya dilakukan secara online, Uang Teman sejauh ini belum melayani kebutuhan akan pinjaman di semua daerah. Tercatat, daerah-daerah yang berada dalam cakupan layanan Uang Teman, adalah Jabodetabek, Yogyakarta, Solo, Magelang, Klaten, Bandung, Surabaya, Semarang, Bali, Makassar, Palembang, Lampung, Jambi dan Balikpapan.

Pinjaman dana cepat dari Uang Teman
Bunga 0,5% – 0,8%
Tenor 10 – 30 hari
Plafon pinjaman Rp 1 juta – Rp 6 juta
Syarat pengajuan pinjaman Install aplikasi Uang Teman

Nah, itu tadi informasi seputar pinjaman dana cepat secara online yang telah berizin dan terdaftar di OJK. Semoga bermanfaat! (Editor: Ruben Setiawan)

Boby
Boby

Lama bergelut dengan ensiklopedia. Kini fokus dengan urusan finansial. Di mana pun berada selalu berusaha sajikan karya yang terbaik. Semoga bermanfaat!