Pinjaman Online Langsung Cair Tanpa Jaminan, Ini 8 Pilihannya

4 menit
Pinjaman Online Langsung Cair tanpa jaminan

Pinjaman online langsung cair tanpa jaminan menjadi jawaban buat mereka yang terdesak masalah keuangan. Pinjaman tanpa jaminan alias kredit tanpa agunan (KTA) memang secara umum lebih cepat cair.

Bahkan kini akses pinjaman ini lebih gampang karena semuanya sudah serba online. Tanpa perlu capek-capek keluar rumah, pinjaman bisa diperoleh. Pinjaman online pun gak hanya disediakan bank.

Sejumlah perusahaan financial technology (fintech) menjadi pionir penyedia pinjaman online tanpa jaminan. Hebatnya, pinjaman itu bisa langsung cair tanpa banyak ba-bi-bu.

Mereka seakan selangkah lebih maju ketimbang kebanyakan bank yang cenderung masih memilih cara konvensional. Proses pencairan yang singkat itulah yang membuat masyarakat memilih pinjaman online langsung cair tanpa jaminan yang disediakan perusahaan fintech.

Di Indonesia, perusahaan itu bermekaran seperti bunga selepas musim hujan. Yang ketiban pulung tentunya masyarakat, karena makin banyak mendapat pilihan untuk memperoleh pinjaman.

Berikut ini delapan perusahaan fintech yang menyediakan pinjaman online langsung cair tanpa jaminan:

1. Klik Acc

Klik Acc adalah marketplace buat mereka yang mencari dan memberi pinjaman. Seperti Tokopedia dan Bukalapak, tapi yang dijadikan fokus di sini adalah pinjaman online.

Maksimal kredit tanpa jaminan yang bisa diajukan adalah Rp 100 juta dengan bunga flat mulai dari 1 persen. Adapun lama proses maksimal tujuh hari. Makin lengkap data peminjam, makin cepat pinjaman cair.

Syarat lainnya adalah berusia 21-65 tahun serta menyertakan alamat e-mail dengan dokumen slip gaji/bukti penghasilan, salinan KTP, dan foto diri. Pinjaman dari Klik Acc terutama buat usaha mikro, kecil, dan menengah. Tiap peminjam boleh memiliki lebih dari satu pinjaman di sini.

[Baca: 5 Situs Investasi P2P Lending Indonesia buat Para Investor Zaman Now]

Pinjaman Online Langsung Cair tanpa Jaminan
Fintech amat membantu warga yang ingin mendapat layanan keuangan secara cepat dan simpel (infodigimarket)

2. Tunaiku

Hanya dengan modal KTP, bisa mengakses pinjaman online langsung cair tanpa jaminan di Tunaiku. Pinjaman yang disediakan Rp 2-20 juta dengan periode hingga 20 bulan.

Proses pencairan diklaim hanya dalam tiga hari sejak pengajuan. Itu kalau segala syarat sudah terpenuhi. Namun layanan ini baru tersedia di area Jabodetabek, Sidoarjo, Surabaya, dan Gresik. Mereka yang berdomisili di luar area itu belum bisa mengakses pinjaman ini.

Suku bunga pinjaman di Tunaiku hanya 3-6 persen flat. Bagusnya, gak ada biaya tambahan bila mau mempercepat pelunasan sebelum waktunya.

3. Julo

Ada dua jenis pinjaman online langsung cair tanpa jaminan yang disediakan Julo, yaitu Julo Cicil dan Julo Mini. Julo Cicil khusus untuk pinjaman maksimal Rp 8 juta dengan tenor 3-6 bulan. Adapun Julo Mini tenornya hanya satu bulan dengan jumlah kredit maksimal Rp 1 juta.

Layanan pinjaman Julo baru tersedia buat mereka yang bermukim di Jabodetabek. Selain itu, ada syarat jumlah penghasilan minimal Rp 3 juta per bulan. Masih masuk jika melihat upah minimum di Jabodetabek.

Adapun syarat usianya adalah 21-50 tahun. Tersedia aplikasi di PlayStore yang memudahkan pencairan pinjaman tanpa jaminan dari Julo.

4. Taralite

Pinjaman online langsung cair tanpa jaminan yang disediakan Taralite sangat multiguna, gak hanya buat pengusaha UKM. Proses pencairan diklaim hanya lima hari dengan suku bunga 0,99-1,59 persen serta pilihan tenor 3, 6, dan 12 bulan.

Namun ada syarat khusus, yakni memiliki rekening BCA, Bank Mandiri, atau BRI. Selain itu, sudah harus terdaftar di Internet banking bank tersebut serta memiliki token.

Namun bila gak punya rekening di atas, bisa meminjam rekening keluarga. Tapi harus ada bukti hubungan kekerabatan, misalnya kartu keluarga.

[Baca: Jangan Ngaku Generasi Millenial Kalau Belum Tahu 6 Manfaat Fintech Ini]

5. TunaiKita

Dari TunaiKita, kita bisa mendapat pinjaman online hingga Rp 5 juta dengan bunga 0,7 hingga 0,95 persen per hari. Adapun tenornya sampai 30 hari.

TunaiKita merupakan aplikasi peer-to-peer, yakni menjadi perantara antara peminjam dan pemberi pinjaman. Jadi, pinjaman online tanpa jaminan yang mereka sediakan berasal dari pihak lain, dalam hal ini BCA, Mandiri, BNI, BRI, Danamon, Permata Bank, dan Bank Mega.

Karena itulah bunga bukan ditentukan oleh mereka, melainkan bank-bank tersebut. Meski begitu, mereka menyatakan akan mencari bunga yang paling kompetitif demi nasabah.

Pinjaman Online Langsung Cair tanpa Jaminan
Meski gampang dapetnya, bukan berarti bisa seenaknya minjem ya (noobpreneur.com)

6. DanaPintar

Di DanaPintar, pinjaman online langsung cair tanpa jaminan hanya dalam waktu 2 x 24 jam. Itu menurut mereka. Namun hanya warga ber-KTP Jabodetabek yang bisa mengakses pinjaman dari DanaPintar.

Syarat lainnya adalah berpenghasilan minimum Rp 2,3 juta. Situs DanaPintar cukup komplet dan menarik. Kita bisa menjelajahi situsnya dulu untuk mencerna layanan yang mereka berikan.

7. DanaKita

Penyedia pinjaman ini bukan gabungan TunaiKita dan DanaPintar. Tapi pinjaman online langsung cair tanpa jaminan dari mereka sebelas-dua belas. Simpel dan singkat.

Layanannya lebih mirip dengan TunaiKita, yakni selaku perantara pinjaman. Pinjaman yang disediakan Rp 5 juta sampai Rp 10 juta dengan jangka waktu 6, 12, dan 18 bulan. Salah satu keunggulan DanaKita adalah gak ada penalti kalau kita melunasi pinjaman lebih cepat.

8. Rupiah Plus

Pinjaman Online Langsung Cair tanpa Jaminan
Fintech pun sudah diawasi OJK, jadi gak bisa main-main dalam bisnisnya (finance.detik)

Hanya butuh empat langkah, 5 menit pengoperasian, dan dana Rp 1,5 juta segera cair. Slogan itu terpampang di laman Rupiah Plus sebagai janji bahwa pinjaman online dari mereka sangatlah mudah.

Pinjaman dari Rupiah Plus hanya bisa diakses lewat aplikasi smartphone. Bunga maksimal pinjaman Rupiah Plus 14 persen per tahun tanpa biaya lainnya. Syaratnya gak ribet, hanya butuh KTP.

Dengan segitu banyaknya pilihan kredit, kita bisa mencari yang terbaik. Tentunya yang memberi bunga terkecil, syarat terminim, dan syukur-syukur tanpa biaya ya. Soal biaya ini penting dicermati, karena ada yang menerapkan biaya tambahan, misalnya biaya administrasi, dan ada yang tidak.

Tapi jangan lupa juga, penyedia layanan pinjaman itu mesti terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) agar bisa dipastikan keamanan bertransaksi dengan mereka. Gak mau kan data yang kita kirim disalahgunakan?

Hal penting lainnya adalah melihat kemampuan keuangan sebelum mengambil kredit. Jangan sampai tergiur janji pinjaman online langsung cair tanpa jaminan lalu sembarangan mengajukan. Begitu bayar cicilan, baru terasa deh bebannya.

[Baca: Kalau Gak Mau Keuangan Berantakan, Wajib Install Aplikasi Fintech Ini di Ponselmu]

Hardian
Hardian

Sebagai penulis dan penyunting, saya sangat akrab dengan tenggat alias deadline. Dua profesi ini mengajari saya tentang betapa berharganya waktu, termasuk dalam urusan finansial. Tanpa rencana dan kedisiplinan soal waktu, kehidupan finansial pastilah berantakan. Cerita inilah yang hendak saya bagikan kepada semuanya lewat beragam cara, terutama tulisan.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Tentang Kami

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Philippines Taiwan