Cara Cepat dan Mudah Dapatkan Pinjaman Pendidikan

5 menit
pinjaman pendidikan
Ilustrasi kelulusan mahasiswa. (Shutterstock)

Dana pendidikan adalah anggaran yang mulai muncul di benak banyak orang menjelang datangnya tahun ajaran baru seperti sekarang ini. Ya, bukan cuma oleh para orangtua yang harus mengeluarkan uang masuk sekolah putra dan putrinya, para pekerja yang ingin melanjutkan ke jenjang pendidikan lebih tinggi atau yang ingin menambah skill lewat kursus pun memikirkan hal ini.

Gak dipungkiri, siapapun orangnya pasti ingin pendidikan terbaik buat anak-anaknya. Demikian halnya dengan kalangan profesional yang kepengin mengembangkan kariernya dengan mencari gelar sarjana atau master. Mereka yang sudah bekerja dan kepengin menambah skillnya pun pasti mendambakan pendidikan kursus yang bakal meningkatkan kemampuan mereka.

Sayangnya, gak semua orang punya biaya cukup buat menebus biaya pendidikan di sekolah atau perguruan tinggi yang diidamkan. Kalau udah terdesak, akhirnya harus menyerah pada keadaan dan pasrah, terpaksa masuk sekolah yang bujetnya sesuai kantong atau yang tidak disarankan adalah mencari pinjaman kepada pihak yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kredibilitasnya oleh otoritas jasa keuangan (OJK).

Kalau kamu adalah orangtua, pelajar atau profesional yang berada dalam posisi kayak gini, sudahkan terpikir untuk mencari pinjaman dana pendidikan? Tapi jangan buru-buru mengira ini sama seperti pinjaman uang tanpa jaminan pada umumnya lho. 

Terus pinjaman pendidikan itu apa sih? Yuk simak aja ulasan lengkapnya berikut ini.

Pinjaman dana pendidikan

pinjaman pendidikan
Semakin berkualitas pendidikannya, semakin mahal biayanya. (Shutterstock)

Mengajukan pinjaman uang di institusi keuangan seperti bank itu gak mudah. Pada umumnya, bank atau lembaga keuangan akan mensyaratkan berbagai macam hal seperti aset untuk diagunkan. 

Untuk program pinjaman tanpa agunan pun, biasanya calon peminjam harus memiliki kartu kredit terlebih dahulu. Kan belum tentu semua orang punya kartu kredit.

Selain itu, andaikata pengajuan pinjaman sudah dikabulkan pun, kamu harus membayar cicilan dengan bunga yang biasanya besar. Belum lagi kalau harus berurusan dengan petugas penagihan yang kerap kali membuat kita tidak nyaman. 

Nah, kalau udah kayak gitu, kamu bisa beralih ke fintech yang memberikan layanan pinjaman dana pendidikan yang lebih aman. Tentunya, pilih yang sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK.

Lalu, fintech seperti apa yang bisa memberikan pinjaman seperti itu? Pintek bisa menjadi salah satu jawabannya. Pintek merupakan penyedia solusi pinjaman dana pendidikan yang udah terdaftar di OJK. Artinya, segala aktivitasnya diawasi oleh badan tersebut. Jadi kamu gak perlu khawatir sama praktik gak terpuji yang kerap merugikan pelanggan fintech.

Lalu, jenis-jenis pinjaman dana pendidikan seperti apa saja yang disediakan Pintek?

Pinjaman dana pendidikan untuk orangtua yang ingin menyekolahkan putra dan putrinya

pinjaman pendidikan
Ingin kuliah gak ada dana? Manfaatkan pinjaman pendidikan. (Shutterstock)

Saat akan menyekolahkan putra dan putrinya, para orangtua biasanya harus dipusingkan dengan beberapa hal. Salah satunya adalah soal ke sekolah mana kamu harus mendaftarkan anak-anaknya. 

Nah, para orangtua gak perlu pusing. Sebab, Pintek udah bermitra dengan lebih dari 570 institusi pendidikan. Beberapa perguruan tinggi yang jadi mitranya juga udah punya nama lho. Sebut saja Universitas 17 Agustus 1945, Universitas Borobudur, LaSalle College, Institut Teknologi Telkom, dan lain sebagainya. 

Tinggal pilih aja kan, yang mana yang menyelenggarakan jurusan dan program studi yang jadi minat anak-anak mereka. Tentunya, sesuaikan juga dengan bujet yang kamu miliki dan kemampuan untuk mencicil bulanannya.

Pinjaman dana pendidikan untuk profesional yang ingin mengembangkan karier

pinjaman pendidikan
Profesional yang ingin mengembangkan karier bisa manfaatkan pinjaman pendidikan. (Shutterstock)

Buat mereka yang udah bekerja dan mau karier lebih baik biasanya memutuskan buat mencari gelar yang lebih tinggi. Misalnya saja seperti mengenyam pendidikan S1 atau S2. Nah, Pintek juga bisa jadi solusi buat mereka.

Pintek bermitra dengan sejumlah perguruan tinggi yang menyelenggarakan program master. Dengan bekal gelar S2, kamu punya peluang lebih besar untuk mencari pekerjaan baru dengan posisi yang lebih baik.

Pinjaman ini juga cocok buat kamu yang udah bekerja di suatu tempat dan mendapatkan tawaran posisi lebih baik di perusahaan tempat kamu bekerja. Untuk melengkapi persyaratan formal, biasanya perusahaan akan meminta ijazah yang lebih tinggi dari yang kamu miliki. 

Nah, kamu bisa mengajukan pinjaman untuk biaya kuliah di tempat yang bermitra dengan Pintek. Kemudian, dengan gaji bulanan yang kamu terima, kamu bisa mencicil biayanya.

Pinjaman dana pendidikan untuk profesional yang ingin meningkatkan atau menambah skill

pinjaman pendidikan
Ingin meningkatkan skill tentu butuh biaya. (Shutterstock)

Udah gitu, Pintek ini gak menyediakan dana pinjaman pendidikan buat perguruan tinggi aja kok. Kamu dari kalangan profesional yang ingin mengasah skill dengan mengikuti kursus pun bisa dibantu Pintek. Misalnya aja, kamu yang bekerja di bidang desain, bisa mengajukan pinjaman dana pendidikan untuk kursus di lembaga-lembaga yang menyediakan kursus skill desain. Demikian juga dengan mereka yang bekerja di bidang teknologi seperti programming dan coding.

Pintek punya sederet mitra yang menyelenggarakan kursus sesuai kebutuhan skill. Ada Primagama, English First, Hackativ8, Wall Street English, Baba Studio, sampai MyBrow Studio. Untuk melihat institusi-institusi pendidikan lainnya kamu bisa langsung lihat di website Pintek.id ya.

Alasan kenapa harus pinjam di Pintek

pinjaman pendidikan
Pintek beri pinjaman biaya kursus yang bisa dicicil. (Instagram/@pintek.id)

Biaya juga jadi masalah utama saat seseorang ingin bersekolah atau menyekolahkan anaknya. Masih mending kalau orangtua sudah menyiapkan dana pendidikan jauh-jauh hari. Tapi namanya orang berumah tangga pasti ada saja kebutuhan mendesak yang kemungkinan membuat mereka merelakan uang simpanan yang sejatinya untuk pendidikan anak.

Demikian juga dengan para profesional yang ingin kuliah lagi atau mengambil kursus tapi gak punya dananya. Andaikata menabung pun gak kunjung terkumpul karena biaya kuliah atau kursus yang cenderung naik seiring berjalannya waktu.

Nah, di sinilah Pintek jadi jawaban dari masalah tersebut. Nilai pinjaman yang diberikan Pintek berkisar antara Rp 3 juta sampai Rp 350 juta Rupiah. 

Yang menarik, Pintek ini memberikan bunga pinjaman yang sangat ringan. Suku bunga tetap yang dikenakan Pintek adalah 1 persen hingga 1,5 persen per bulan, tergantung dari institusi yang bermitra dengan Pintek. Malahan, ada juga institusi partner yang memberikan bunga 0 persen lho.

Selain itu, kamu juga gak perlu punya kartu kredit buat mengajukan pinjaman. Cukup isi formulir secara online, dan dana bakal dicairkan dan diteruskan ke institusi yang dipilih. 

Kayak udah disebutin di atas juga, Pintek ini gak kayak fintech lain yang bisa aja merugikan pelanggan dengan mengenakan biaya gak terduga. Proses dijamin transparan, gak ada biaya tersembunyi atau biaya tambahan. 

Pintek juga menjamin kerahasiaan data kamu 100%. Gak bakal ada juga penagihan yang gak sopan ke kamu.

Gimana cara mengajukan pinjaman dana pendidikan ke Pintek?

pinjaman pendidikan
Pinjaman pendidikan dari Pintek. (Instagram/@pintek.id)

Andai kamu sebagai orangtua atau profesional udah memutuskan buat pinjam ke Pintek, kamu tinggal mengikuti langkah-langkahnya. Yang pertama tentunya siapkan data-data diri kamu seperti KTP penjamin, Kartu Keluarga penjamin, dan Mutasi Transaksi Bank 3 bulan terakhir (rekening koran).

Kemudian, daftarkan diri melalui website Pintek atau Pintek Partner alias institusi pendidikan yang jadi mitranya. Setelah itu, Pintek akan melakukan verifikasi data dan credit scoring dengan cara menghubungi kamu melalui telepon. Selanjutnya, kamu akan diminta buat membayar biaya administrasi sebesar 1 persen dari biaya pendidikan. 

Kemudian, jika kamu lolos verifikasi, Pintek akan menyalurkan dana pendidikan ke institusi yang dituju. Tentu, kalau biayanya udah masuk, kamu para orangtua udah bisa menguliahkan putra dan putri kamu di perguruan tinggi idaman mereka. Sementara itu, kamu profesional yang ingin kuliah lagi atau mau nambah skill udah bisa mulai belajar di lembaga pendidikan pilihanmu. 

Yang terakhir, jangan lupa membayar cicilan pinjamannya melalui Pintek ya. Usahakan untuk selalu tempat waktu dan gak melewati tanggal jatuh tempo. Sebab, kalau sampai lewat 7 hari dari tanggal jatuh tempo, kamu akan dikenakan denda 4 persen dari besaran cicilanmu dan 0,5 persen per hari setelahnya. 

Gimana, udah dapat jawaban buat masalah biaya pendidikan? Yuk tetap semangat!

🡪  Cari tahu tentang Pintek lebih banyak di sini.

Money Smart
Money Smart

MoneySmart adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.