Ini Jadwal Lengkap THR dan Gaji ke-13 PNS serta Pensiunan

1 menit
PNS
Shutterstock

Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan pensiunan akan menerima pembayaran Tunjangan Hari Raya (THR) sebelum libur bersama Lebaran atau gaji 13 dan 14. Sehingga THR bakal cair pada akhir Mei 2019.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memastikan pemerintah kini sedang menyiapkan THR tersebut, di mana masih dalam proses pembuatan Peraturan Pemerintah (PP).

“Jika Lebaran jatuh di 5 Juni 2019 dan ada libur bersama dari akhir Mei, maka kami akan membayarkan THR sebelum libur bersama itu. Sehingga THR tetap kita lakukan, PP-nya akan dikeluarkan oleh Pak Presiden (Joko Widodo),” ujar Sri Mulyani.

Sedangkan untuk Gaji ke-13, Menteri Keuangan memastikan pencairannya akan dilakukan pada 1 Juli 2019. Sehingga tidak ada perubahan jadwal dari tahun-tahun sebelumnya.

“Setiap tahun gaji ke-13 dibayarkan pada 1 Juli 2019. Ini tidak ada perubahan setiap tahun begitu, sejak 10 tahun lalu,” tutur Sri Mulyani.

Jarak Penerimaan Berdekatan

Jarak penerimaan THR dan gaji ke-13 dan 14 yang berdekatan membuat PNS dan pensiunan sumringah. Sebelum lebaran mereka akan menerima THR, dan beberapa waktu setelah lebaran mereka akan menerima gaji ke-13 dan 14.

Tentunya akan menjadi saat yang menyenangkan bagi mereka, dimana sebelum dan sesudah lebaran akan menerima uang tambahan. Seperti kita ketahui, umumnya masyarakat Indonesia banyak menghabiskan uang pada saat ingin mudik lebaran.

Dengan adanya uang tambahan atau gaji 13 dan 14 setelah selesai mudik, diharapkan dapat membantu pemenuhan kebutuhan mereka yang baru saja kembali dari kampungan halaman.

Bulan Ramadhan sendiri akan kita masuki pada Mei 2019, sementara lebaran pada Juni 2019.

 

Ayyi Hidayah
Ayyi Hidayah

Pecinta film yang senang berinvestasi. Menulis merupakan passion, menjadi perencana investasi merupakan panggilan hati