Lebih Tajir dari Sandiaga Uno, Harta Politisi Indonesia Ini Sampai Rp 29 T!

3 menit
sandiaga uno
Aburizal Bakrie dan BJ Habibie (instagram @aburizalbakrie.id)

Sandiaga Uno. Dua tahun belakangan, namanya kian tenar, benderang. Bersama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Sandiaga Uno menjabat sebagai orang nomor wahid di Ibu Kota. Kelincahannya di kancah politik Indonesia pun tak main – main. Belum kelar lima tahun memimpin Jakarta, dia langsung naik kelas menjadi calon wakil presiden pada pilpres 2019 mendatang.

Saat ini, mungkin tak ada yang tak kenal dengan Bang Sandi, seorang pengusaha sukses dengan harta berjibun, yang menjelma sebagai politisi handal. Bermodal kekayaan dan kehebatan di kancah politik, Sandi menyatakan optimis memimpin Indonesia di masa depan.

Tetapi, tak disangka, Sandi bukanlah politisi paling tajir di Tanah Air. Globe Asia merilis Sandi hanya menduduki posisi ke-85 sebagai orang terkaya di Indonesia. Jauh di atasnya, terdapat enam politisi yang ternyata memiliki kekayaan di atas Sandi.  Mereka tajir melintir. Hartanya takkan habis sampai tujuh turunan.

Lantas siapa enam politisi yang kekayaannya melebihi Sandiaga Uno? Simak ulasannya di bawah ini.

1. Sandiaga Uno – Rp 4,3 T

Sandiaga Uno adalah politikus Indonesia yang menjadi calon Wakil Presiden mendampingi calon Presiden Prabowo Subianto. Disinyalir, asetnya mencapai sebesar Rp 4,3 triliun. Harta Sandi diraup dari perusahaan yang didirikannya bersama Edwin Soeryadjaya, PT Saratoga Investama Sedaya Tbk. Perusahaan tersebut bergerak dalam bidang investasi sekaligus konglomerasi terbesar di Indonesia.

2. Surya Dharma Paloh – Rp 8,3 T

Dia adalah bos besar Media Group yang juga pendiri Partai Nasdem. Kekayaannya mencapai Rp 8,3 triliun dan menempati urutan ke-77 orang terkaya di Indonesia.

Pundi – pundi kocek Paloh berasal dari Media Group yang merupakan induk dari Metro TV, Medcom.id, dan Media Indonesia. Tak puas sampai di situ, Media Group juga memiliki anak perusahaan yang bergerak di bidang properti. Saking kayanya, Paloh pun memiliki jet pribadi, yang kerap membawanya terbang berbisnis dan berpolitik.  

3. Hutomo Mandala Putra (Tommy Soeharto) – Rp 9,6 T

Kritikan terhadap kondisi Indonesia yang saat ini memiliki banyak utang luar negeri dilontarkan oleh Ketua Umum Partai Berkarya, Hutomo Mandala Putra atau Tommy Soeharto. Kritikan ini disampaikan oleh Tommy saat berpidato di konsolidasi pemenangan Partai Berkarya di Memorial Jenderal Besar HM Soeharto, Dusun Kemusuk, Desa Argomulyo, Kecamatan Sedayu, Kabupaten Bantul, Senin (11/6). • "Kita sangat prihatin sekali 20 tahun kita telah melakukan reformasi bukan kemajuan tapi keprihatinan. Kita punya utang sampai Rp 5 ribu triliun menurut laporan BI. Utang wajar tapi kita harus tahu kapan utang bisa dilunasi," ujar Tommy. • Tommy juga mengkritik kebijakan pemerintah yang saat ini banyak memberikan kelonggaran terhadap investasi asing. Tak hanya itu, kebijakan impor yang dijalankan pemerintahan Jokowi pun tak luput dari kritikan putra bungsu Soeharto ini. • "Sekarang investasi asing bukan hanya membawa modal. Tapi juga membawa orangnya. Ini memprihatinkan sementara pengangguran di Indonesia semakin meningkat yang tidak mendapatkan penyaluran yang baik," urainya. • Tommy menambahkan terkait isu Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN) yang terjadi di masa Orde Baru, dia meminta agar wartawan bisa menilai secara lebih jelas, teliti dan adil. Dia menyinggung bahwa kasus korupsi saat ini terjadi di mana-mana. Operasi Tangkap Tangan (OTT) yang dilakukan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) juga lebih banyak dibandingkan masa Orde Baru. • "Apakah KKN sekarang lebih baik? Korupsi di mana-mana. OTT setiap hari hampir ada. OTT setiap hari dari partai mana? Dijawab di situ memperlihatkan selama reformasi ini seharusnya membuat yang tidak baik menjadi baik. Nyatanya tidak berjalan semestinya," tutup Tommy Soeharto. • • Komentar kamu? • • #MDKnews #news #merdekadotcom #berkarya #orba #tommysoeharto #soeharto #jokowi #indonesia

A post shared by merdeka.com (@merdekadotcom) on

Adalah Hutomo Mandala Putra (Tommy Soeharto) yang menempati politisi terkaya ketiga di Indonesia. Tommy –anak bungsu mantan Presiden Soeharto– memiliki kekayaan yang sebesar Rp 9,6 triliun!

Walaupun figur yang kontroversial, Tommy merupakan seorang pengusaha dengan bisnis yang menggurita. Kekayaannya berasal dari Grup Humpuss yang memiliki banyak anak perusahaan, seperti bidang transportasi, logistik, hingga properti. Berkat bisnis rintisannya tersebut Tommy menduduki posisi 60 orang terkaya di Indonesia.

4. Jusuf Kalla – Rp 13 T

Harta Wakil Presiden Jusuf Kalla melonjak tajam dalam empat tahun terakhir. LHKPN mencatat harta JK hanya berkisar Rp 400 miliar pada 2014. Namun kini, berdasarkan catatan Globe Asia, aset JK mencapai Rp 13 triliun, yang menjadikannya sebagai orang terkaya ke-54 di Indonesia.

Kekayaan JK berasal dari Kalla Group. Dan perlu dicatat, JK bukanlah anak kemarin sore ihwal berbisnis. Sejak 1969, politikus Indonesia ini menjadi CEO dari NV Hadji Kalla. Di bawah kepemimpinannya, NV Hadji Kalla yang berubah menjadi PT Hadji Kalla ini menjelma sebagai raksasa. Merambah berbagai sektor, seperti properti, otomotif, hingga transportasi.

5. Hashim Djojohadikusumo – Rp 13 T

Adik Prabowo Subianto ini jauh lebih tajir ketimbang Sandiaga Uno, yakni mencapai Rp 13 triliun.

Hashim yang belakangan menggeluti politik, adalah pakar dalam bidang bisnis. Kiprahnya dimulai sejak usia 20 tahun. Dan hanya dalam tempo lima tahun, anak dari Sumitro mantan Menteri Keuangan yang juga pendiri Bank Negara Indonesia ini sudah menduduki jabatan direktur.  Bisnis Hashim pun kian melesat, ketika merambah industri semen.

6. Hary Tanoesudibjo – Rp 26 T

Hary Tanoesudibjo adalah politisi yang memiliki kekayaannya hingga Rp 26 triliun. Angka tersebut membawa Hary Tanoe menduduki peringkat ke-19 sebagai orang terkaya di Indonesia.

Gairah bisnis Hary Tanoe telah muncul sejak usia muda. Bahkan pada usia 25 tahun, Hary Tanu sudah mendirikan perusahaan investasi.  

Saat ini, sumber kekayaan pendiri Partai Perindo ini berasal dari MNC Group. Di tangannya, MNC tak hanya bergerak di bidang media, melainkan merambah berbagai sektor seperti properti dan keuangan.

7. Aburizal Bakrie – Rp 29 T

FEW + Industri Kreatif

A post shared by Aburizal Bakrie (@aburizalbakrie.id) on

Gelar politisi terkaya di Indonesia disandang oleh mantan Ketua Umum Partai Golkar Aburizal Bakrie. Kekayaan Ical –sapaan akrabnya– disinyalir mencapai Rp 29 triliun, yang membuatnya menduduki sebagai orang nomor 12 orang terkaya di Indonesia.

Kekayaan Ical diraup berkat Bakrie Group yang memiliki usaha pada bidang media, properti, dan energi.

Meski tak lagi menjabat sebagai Ketua Umum Golkar, nama besar Ical tetap berpengaruh di politik. Apalagi, saat ini dia juga masih duduk sebagai Dewan Pembina Partai Golkar.

Itulah enam politisi Indonesia yang memiliki harta kekayaan melebihi Sandiaga Uno. Kira-kira adakah salah satu di antara mereka yang jadi idolamu?

 

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.