6 Politisi Ini Tajirnya Melebihi Kandidat Capres-Cawapres Indonesia Lho

4 menit
politisi terkaya
Politisi terkaya di dunia. (Shutterstock)

Bukan cuma pengusaha, predikat orang terkaya di dunia ternyata juga disandang sejumlah politisi lho. Buktinya aja, beberapa orang yang aktif berpolitik dijuluki politisi terkaya di dunia.

Barangkali satu atau dua nama politisi yang bakal diulas berikut ini bukan sosok yang asing buat kamu. Seperti yang diungkap Wealthy Gorilla, ada beberapa politisi dunia yang tercatat memiliki kekayaan dengan nilai hingga ratusan triliun rupiah lho.

Penasaran siapa aja nama-nama politisi terkaya di dunia tersebut? Mari cari tahu dalam ulasan berikut ini.

Baca juga: Lebih Tajir dari Sandiaga Uno, Harta Politisi Indonesia Ini Sampai Rp 29 Triliun!

1. Vladimir Putin – Rp 994 triliun

politisi terkaya
Vladimir Putin. (Shutterstock)

Sosok yang saat ini masih menjabat sebagai Presiden Rusia ternyata dinobatkan sebagai politisi terkaya nomor satu di dunia. Kekayaan Vladimir Putin dikabarkan mencapai US$ 70 miliar atau sekitar Rp 994 triliun.

Pria yang pernah menjadi agen intelijen KGB ini dikenal sebagai sosok yang kontroversial. Salah satu isu yang pernah bikin heboh adalah adanya kabar kalau kekayaan Putin sebenarnya mencapai US$ 200 miliar atau Rp 2.841 triliun.

Kabar ini diembuskan Bill Browder, seorang CEO di perusahaan investasi internasional Hermitage Capital Management. Sebagai informasi, perusahaan Bill Browder ini sempat ribut dengan Pemerintah Rusia karena dituding menjalin relasi dengan pejabat-pejabat korup.

Walaupun belum diketahui apakah kabar itu benar atau salah, posisi Putin sebagai politisi terkaya di dunia saat ini sepertinya belum ada gantinya.

Baca juga: Bertabur Motor dan Mobil Mewah, Ini Rumah Anggota DPR dari Tanjung Priok

2. Michael Bloomberg – Rp 795 triliun

politisi terkaya
Michael Bloomberg. (Shutterstock)

Walaupun populer karena terjun di bisnis finansial, Michael Bloomberg nyatanya juga dikenal sebagai politisi terkaya. Pemilik dari media finansial Bloomberg ini dilaporkan memiliki kekayaan senilai US$ 56 miliar atau Rp 795 triliun.

Gak heran kalau dirinya bisa menduduki posisi kedua dalam daftar politisi terkaya di dunia. Asal tahu aja nih, sosok yang pernah menjabat Wali Kota New York ini menjalankan bisnis dengan omzet hingga puluhan miliar dolar lho.

Baca juga: Punya Jet Pribadi dan McLaren, Ini 5 Fakta Caleg Hanura Crazy Rich Makassar

3. Maha Vajiralongkorn – Rp 426 triliun

politisi terkaya
Maha Vajiralongkorn. (Shutterstock)

Sempat bikin heboh karena foto-foto kontroversialnya, siapa sangka Raja Thailand Maha Vajiralongkorn punya kekayaan hingga US$ 30 miliar atau Rp 426 triliun. Dengan kekayaan yang sebesar itu, Vajiralongkorn menjadi salah satu politisi terkaya di dunia.

Usut punya usut, kekayaan yang dimiliki Vajiralongkorn merupakan warisan dari orang tuanya Raja Bhumibol. Vajiralongkorn yang kemudian menjadi Raja Thailand sejak 2016 otomatis mendapat warisan tersebut setelah ayahnya meninggal.

4. Sheikh Mansour bin Zayed Al Nahyan – Rp 426 triliun

politisi terkaya
Sheikh Mansour. (Wikimedia Commons/Creative Commons)

Meskipun terkenal gara-gara membeli klub sepak bola Inggris Manchester City, Sheikh Mansour bin Zayed Al Nahyan merupakan salah satu politisi terkaya di dunia. Wakil Perdana Menteri Uni Emirat Arab ini dilaporkan memiliki kekayaan US$ 30 miliar atau Rp 426 triliun.

Sebagai salah satu anggota kerajaan, saudara tiri Presiden Uni Emirat Arab ini diketahui juga menduduki sejumlah posisi. Selain menjabat menteri urusan kepresidenan, Sheikh Mansour juga menjadi ketua dewan menteri, dewan perminyakan, dan dewan berbagai perusahaan investasi.

5. Al-Waleed bin Talal – Rp 284 triliun

politisi terkaya
Al Waleed bin Talal. (Wikimedia Commons/ Creative Commons)

Pangeran Arab Saudi punya pengaruh yang patut diperhitungkan dalam dunia bisnis. Karena itu, Al-Waleed bin Talal dijuluki sebagai raja bisnis. Ia juga menjadi investor dan sosok yang dermawan. Namanya pun bahkan masuk dalam Time 100 alias daftar orang paling berpengaruh di dunia versi Majalah Time.

Sebagai anggota kerajaan yang cukup punya pengaruh politik, Pangeran Al-Waleed bin Talal sempat ditangkap atas tuduhan korupsi. Penangkapannya tersebut atas perintah putra mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman.

Pada akhirnya, Pangeran Al-Waleed bin Talal dibebaskan setelah membayar US$ 6 miliar atau Rp 85 triliun. Kekayaan yang dimiliki Al-Waleed bin Talal sendiri dilaporkan mencapai US$ 20 miliar atau Rp 284 triliun.

6. Hassanal Bolkiah – Rp 284 triliun

politisi terkaya
Sultan Hassanal Bolkiah. (Shutterstock)

Sebagai negara kecil yang kaya minyak, gak mengherankan kalau Brunei Darussalam bisa menjadi salah satu negara terkaya di dunia. Begitu juga dengan rajanya Sultan Hassanal Bolkiah yang kecipratan kaya berkat minyak bumi yang tersimpan di Brunei.

Asal tahu aja nih, Sultan Hassanal Bolkiah dilaporkan memiliki kekayaan dengan nilai US$ 20 miliar atau sekitar Rp 284 triliun. Inilah kenapa namanya masuk ke daftar politisi terkaya di dunia.

Nah, itu tadi beberapa nama yang menjadi politisi terkaya di dunia. Kalau dibikin perbandingan nih, rupanya gabungan kekayaan Jokowi, Prabowo, Ma’ruf Amin, dan Sandiaga Uno gak ada apa-apanya dibandingkan dengan kekayaan salah satu politisi di atas lho. (Editor: Ruben Setiawan)

Boby
Boby

Lama bergelut dengan ensiklopedia. Kini fokus dengan urusan finansial. Di mana pun berada selalu berusaha sajikan karya yang terbaik. Semoga bermanfaat!