Mau Dapat Premi Asuransi Jiwa Murah? Begini Strateginya, Perlu Dicoba Lho!

3 menit
Asuransi Jiwa (Shutterstock).

Saat ini, memiliki asuransi menjadi keputusan yang tepat. Bahkan beberapa orang menganggap untuk hidup di zaman sekarang ini asuransi menjadi kebutuhan utama, terlebih asuransi jiwa. Asuransi jiwa sudah sepatutnya ada di dalam list rencana keuangan kamu sejak lama. Apalagi jika kamu sudah memiliki tanggungan. 

Asuransi ini tentunya akan memberikan perlindungan kepada anggota keluargamu yang menajdi tanggungan. Jika sewaktu-waktu ada hal buruk yang terjadi pada diri kamu kelak. Selain itu manfaat asuransi jenis ini adalah bisa dipakai untuk uang pendidikan anak. 

Meski memiliki manfaat yang cukup banyak, tetapi penggunaan asuransi jiwa di Indonesia masih terbilang rendah. Hal inilah yang patut disayangkan, mengingat segudang manfaat menanti dari asuransi ini di masa depan. 

Salah satu yang menjadi penyebab minimnya orang memiliki asuransi jiwa adalah mahalnya premi yang ditawarkan. Padahal jika ditilik lebih dalam lagi, mendapatkan asuransi jiwa dengan premi yang murah masih sangat mungkin lho saat ini.

Nah, begini strateginya jika kamu ingin mendapatkan premi asuransi jiwa yang murah dan tidak memberatkan. Kita simak yuk. 

1. Mengambil asuransi jiwa murni

Asuransi Jiwa
Asuransi (Shutterstock).

Diantara beberapa pilihan produk, asuransi jiwa murni merupakan pilihan yang cocok buat kamu. Selain murah, asuransi jenis ini juga bisa mendapatkan uang pertanggungan yang besar. Asuransi jenis ini tidak memiliki tambahan investasi di dalamnya. Sehingga kamu bisa mendapatkan premi yang lebih rendah. 

Saat ini juga sudah cukup banyak kok perusahaan yang menyediakan asuransi jiwa murni ini. So kamu gak usah khawatir ya! Tetapi meski demikian, kamu tetap harus menyesuaikan kebutuhan uang pertanggungan yang dibutuhkan dengan jumlah yang paling tepat. 

2. Beli polis dari sekarang

Asuransi Jiwa
Polis Asuransi (Shutterstock).

Jangan tunggu berkeluarga dulu untuk membeli polis asuransi ini. Sejak usia muda, di saat tanggungan belum ada, kamu sudah bisa merencanakannya lho! Semakin cepat kamu membeli asuransi jiwa, semakin murah premi yang dibayarkan. Hal ini menjadi pertimbangan penting, apalagi jika kamu menginginkan nilai premi yang terjangkau. 

Hindari penundaan penggunaan asuransi jiwa. Karena kamu tidak akan pernah tahu kan, apa yang akan terjadi di masa depan. 

3. Gak perlu ambil asuransi tambahan

Asuransi Jiwa
Memilih asuransi yang baik (Shutterstock).

Penggunaan asuransi tambahan atau yang seringkali disebut rider memang banyak dilakukan. Rider merupakan asuransi tambahan yang digunakan untuk mendapat manfaat tertentu dalam asuransi. 

Tapi asal kamu tahu, penggunaan ini tentu akan menambah biaya premi lho! Sementara ini gak sesuai dengan tujuan penghematan kamu kan? Maka ada baiknya kamu gak usah mengambil ini ya. Ketika nanti petugas asuransi menambahkan rider dalam produk yang dijual, minta untuk tidak menambahkannya di dalam polismu ya. 

Cek kembali proposal asuransi jiwa kamu sebelum menyetujuinya. Pastikan tidak ada rider yang membuat beban premi jadi meningkat. Jeli sebelum membeli sesuatu itu penting. 

4. Pilih premi paling rendah

Asuransi Jiwa
Premi asuransi pilih yang paling murah (Shutterstock).

Setiap perusahaan asuransi pasti memiliki premi paling rendah. Jumlah premi ini tentu disesuaikan dengan uang pertanggungan yang akan dibayarkan oleh kamu. Agar premi menjadi murah, pastikan memilih jumlah minimum paling rendah. Jumlahnya pun sangat beragam, namun saat ini masih ada kok perusahaan yang menerapkan minimum premi sebesar Rp 250 ribu. 

5. Jangan pilih premi seumur hidup

Asuransi Jiwa
Asuransi Jiwa (Shutterstock).

Kamu tidak disarankan untuk mengambil premi seumur hidup kok! Kenapa? Karena ini hanya akan memboroskan banyak uang. Gunakan asuransi hingga usia 65 tahun saja. Sebab di usia tersebut kebanyakan orang sudah tidak lagi memiliki tanggungan. 

Anak-anak mu pasti sudah memiliki penghasilan sendiri. Sehingga mereka tidak perlu lagi kamu lindungi secara finansial. Buat mereka melindungi finansial masing-masing tanpa harus dibantu orang tua. 

Memiliki asuransi jiwa menjadi penting. Upayakan hal ini sejak dini, terutama jika kamu sudah memiliki tanggungan. Pilih produk yang mudah dijangkau sehingga kebutuhan ini dapat terpenuhi dengan baik. Semoga bermanfaat! (Editor: Winda Destiana Putri).

Winda Destiana
Winda Destiana

No place is ever bad as they tell you its going to be