Pekerjaan Unik Presiden AS, Kuli Bangunan Hingga Tukang Semir Sepatu

4 menit
Barrack Obama, Mantan Presiden Amerika Serikat (Shutterstock).
Barrack Obama, Mantan Presiden Amerika Serikat (Shutterstock).

Kamu mungkin berpikiran kalau presiden Amerika Serikat berasal dari karier politik. Memang sih rata-rata begitu, tapi gak sedikit juga dari mereka yang terlahir dari kaum pengusaha, atau pensiunan militer.

Sebut saja Donald Trump, sebelum menjadi presiden, ia lebih dikenal sebagai pengusaha sukses. Trump sudah seperti raja properti bagi kalangan pengusaha. Gedung-gedung perkantoran, hotel, dan perumahan yang dibangunnya telah tersebar di berbagai negara.

Berkat kehebatannya dalam berbisnis, gak heran kalau ia masuk ke dalam deretan orang kaya di dunia. Bahkan Forbes pada tahun 2018, Forbes pernah menempatkannya di urutan orang terkaya di dunia ke 259 dengan kekayaan US$ 3,1 miliar atau Rp 44 triliunan.

Mungkin nasib Trump paling beruntung daripada presiden pendahulunya. Ada beberapa presiden Amerika Serikat yang memulai kariernya dari nol, bahkan rela melakoni pekerjaan-pekerjaan aneh dan beda jauh dari karier politik. Apa saja dan siapa sajakah mereka? Yuk simak rangkumannya berikut ini.

Baca juga: Cuma Rp 2,3 M, Ini Rumah Sederhana Mantan Presiden Amerika Serikat

1. Presiden Amerika Serikat ke-17, Andrew Johnson, Tukang jahit

Presiden Amerika Serikat, Andrew Johnson (Senate.gov).
Andrew Johnson (Senate.gov).

Kalian mungkin asing dengan nama Andrew Johnson. Presiden Amerika Serikat setelah Abraham Lincoln ini ternyata memiliki pekerjaan yang gak disangka-sangka. Sebelum menjadi presiden, Andrew Johnson pernah magang jadi tukang jahit di butik ibunya. Tapi kemudian ia kabur ke Carolina Selatan dan Tennessee untuk menjadi penjahit sesungguhnya.

2. Lyndon B. Johnson, Tukang semir sepatu dan penggembala kambing

Presiden Amerika Lyndon B. Johnson
Lyndon B. Johnson (Pixabay).

Presiden AS ke-36 yang satu ini juga memiliki pekerjaan yang gak kalah unik. Dari umur 9 tahun, Lyndon memang kerap untuk mencari uang tambahan. Ia pernah menjadi penyemir sepatu selama liburan musim panas. Hingga menekuni sebagai profesi sebagai penggembala kambing di peternakan pamannya.

Baca juga: Punya Laba hingga Ribuan Triliun, Ini Perusahaan Terkaya di Amerika Serikat

3. Ronald Reagan, Buruh kasar dan penjaga pantai

Presiden Amerika Serikat Ronald Reagan
Ronald Reagan (Nationalreview).

Di usia muda, ketika 14 tahun, presiden Amerika Serikat ke-40 ini pernah bekerja sebagai buruh kasar dengan bayaran US$ 0.25 per jam atau sekitar Rp 3 ribu perak untuk saat ini. Kemudian pernah juga berprofesi sebagai penjaga pantai selama 7 tahun.

4. Grover Cleveland, Algojo

Presiden Amerika Serikat Grover Cleveland
Grover Cleveland (Biography).

Grover Cleveland menjabat sebagai presiden Amerika Serikat ke-22 dan ke-24. Karier politiknya memang moncer, makanya dia bisa terpilih dua kali memimpin negara adidaya itu. Tapi asal kamu tahu, dia pernah berprofesi sebagai algojo, alias mengeksekusi hukuman mati para penjahat.

Profesi ini terpaksa dilakukan karena dirinya merupakan seorang sherif di New York pada tahun 1871 hingga 1874. Sebenarnya dia enggan melakukan tugas ini, tapi saat itu ia juga gak tega menyuruh anak buahnya.

Baca juga: Cuma Rp 2,3 M, Ini Rumah Sederhana Mantan Presiden Amerika Serikat

5. Calvin Coolidge, Pembuat mainan

Presiden Amerika Serikat Calvin Coolidge
Calvin Coolidge

Ternyata penghuni Gedung Putih gak selalu berasal dari politisi, salah satunya Calvin Coolidge. Presiden Amerika Serikat ke-30 ini sebenarnya memiliki kemampuan memimpin yang mumpuni. Ia tercatat pernah bekerja sebagai pengacara dan gubernur.

Tapi sebelum menjabat sebagai presiden, Calvin ternyata juga seorang pengrajin mainan. Ia bekerja di Ludlow Toy Manufacturing Company sebagai pembuat boneka.

6. Bill Clinton, Jualan komik

Presiden Amerika Serikat, Bill Clinton (Pixabay).
Bill Clinton (Pixabay)

Suami dari Hillary Clinton sekaligus presiden Amerika Serikat ke-42 ini pernah bekerja sebagai pengusaha. Tapi bukan pengusaha skala besar, melainkan hanya menjual buku-buku komik.

Jauh sebelum itu, ia bahkan pernah bekerja di sebuah supermarket menjual bahan-bahan makanan saat berusia 13 tahun.

7. Barrack Obama, Pelayan Baskin Robins

Presiden Amerika Serikat, Barrack Obama
Barrack Obama (Shutterstock).

Alumnus Menteng, Jakarta Pusat ini jadi presiden AS pertama yang keturunan Afrika. Tapi, ketika masih remaja, Obama pernah bekerja sebagai pelayan di gerai es krim.

Itu tadi 7 pekerjaan Presiden Amerika Serikat yang tak terduga-duga. Apabila kamu memiliki profesi yang sama seperti mereka, berdoa saja, siapa tahu bisa jadi presiden juga. Karena bagaimanapun, nasib ke depannya gak ada yang tahu. (Editor: Winda Destiana Putri).

Okky Budi
Okky Budi

Penggemar Tsubasa yang jadi sarjana sosial. Kini secara sengaja masuk ke dunia finansial. Semoga bisa memberikan tulisan yang bermanfaat buat pembaca.

Mau lebih cerdas kelola uang?

Dapatkan tips saham, karier, inspirasi bisnis dan konten menarik lainnya!