Jokowi Hingga Donald Trump! 5 Presiden Dunia Ini Punya Hobi Otomotif

4 menit
Presiden
Jokowi termasuk presiden yang punya hobi otomotif (Instagram/@jokowi)

Para presiden dunia meski menjabat sebagai pemimpin negara dengan segudang aktivitas tetap meluangkan waktu menyenangkan diri sendiri lewat hobinya.

Bukan traveling atau hobi pada umumnya, para presiden dunia ini justru memiliki ketertarikan di dunia otomotif. Bahkan, hobinya tersebut menular pada rakyatnya yang belakangan menjadi sorotan.

Memang sih kalau dipikir-pikir sudah jadi hal yang sangat wajar presiden menunggangi kendaraan mewah yang dilengkapi keamanan dan fasilitas supermewah.

Eits.. tapi kali ini MoneySmart bukan ingin membahas mengenai mobil dinas mewah para presiden dunia, melainkan presiden yang punya hobi otomotif dan memiliki deretan kendaraan pribadi.

Penasaran siapa aja mereka? Berikut lima di antaranya seperti yang sudah dirangkum MoneySmart:

1. Kim Jong-un

Presiden
Presiden Kim Jong-un punya hobi otomotif (Shutterstock)

Siapa yang gak tahu presiden Korea Utara, Kim Jong-un. Terlahir sebagai keluarga penguasa, disebut-sebut menjelma sebagai diktator yang paling ditakuti di Korea Utara.

Tak hanya gaya kepimpinannya yang menarik perhatian masyarakat dunia, kehidupan pribadinya juga menjadi sorotan.

Pasalnya, Kim Jong-un diketahui memiliki kekayaan dengan jumlah sangat fantastis yaitu mencapai US$ 5 miliar yang jika dirupiahkan sekitar Rp 70,3 triliun seperti dikutip dari situs celebritynetworth. Itu bisa dibilang berbanding terbalik dengan kehidupan rakyatnya.

Dengan nominal kekayaan tersebut, Kim diketahui memiliki beberapa aset seharga selangit. Mulai dari deretan properti, pulau pribadi, tempat wisata hingga kendaraan mewah. Bahkan, totalnya disebut-sebut mencapai 100 mobil.

Salah satu mobil milik Kim Jong-un adalah mobil buatan Inggris warna hitam yang sangat gagah dan dilapisi baja yaitu Rolls-Royce Phantom.

Gak cuma itu, pria 35 tahun ini juga memiliki limosin mewah Mercedes Benz Pullman Guard yang dibuat khusus oleh Presiden Korut satu ini.

Baca juga: Unggul Sementara, Ini Kisah Jokowi Pengusaha Mebel yang Jadi Presiden

2. Vladimir Putin

Presiden
Presiden Vladimir Putin memiliki hobi otomotif (Shutterstock)

Presiden Rusia, Vladimir Putin diketahui memiliki ketertarikan khusus di dunia otomotif. Bahkan, dia disebut-sebut memiliki kendaraan hingga 700 unit.

Seperti yang dikutip dari celebritynetworth, Putin memiliki total kekayaan mencapai US$ 70 miliar atau sekitar Rp 983 triliun. Jadi, wajar aja kalau dia memiliki ratusan mobil mewah yang memenuhi garasinya.

Beberapa koleksi mobil milik presiden 66 tahun ini adalah mobil buatan lokal Rusia, seperti Lada Vesta, Lada Kalina, GAZ-21, dan Niva.

Tak hanya itu, Putin juga mengoleksi mobil Eropa, salah satunya adalah Mercedes-benz S600 Guard Pullman yang harganya mencapai US$ 1,62 atau setara dengan Rp 22,7 miliar.

Ayah dua orang anak ini juga sempat terlihat mengendarai motor Harley Davidson saat parade di Moskow, beberapa waktu lalu.

Baca juga6 Mobil Antik Bersejarah dan Mewah Ini Milik Sang Proklamator Soekarno

3. Hassanal Bolkiah

Presiden
Presiden Hassanal Bolkiah punya hobi otomotif (Shutterstock)

Menurut Forbes, orang nomor satu di negara Brunei Darussalam, Hassanal Bolkiah memiliki total kekayaan mencapai US$ 20 miliar atau setara dengan Rp 280,8 triliun.

Tak heran jika Sultan berusia 72 tahun ini terkenal sebagai kolektor mobil. Salah satunya, deretan supercar yang dimilikinya.

Gak tanggung-tanggung, dia diketahui memiliki delapan 8 8 McLaren F1s, 6 Dauer 962 LMs, CLK-GTR sebaga satu-satunya unit dengan setir kanan di dunia, dua Jaguar XJR-15s, Porxche 959, 3 Cizeta V16Ts, Lamborghini Diablo dan ribuan supercar lainnya.

Gak cuma itu aja, Sultan Brunei ini juga memiliki mobil mewah Rolls-Royce dengan emas 24 karat seharga US$ 14 juta yang jika dirupiahkan bisa mencapai Rp 196,6 miliar.

4. Donald Trump

Presiden
Presiden Donald Trump punya hobi otomotif (Shutterstock)

Presiden Amerika Serikat, Donald Trump juga masuk ke dalam jejeran presiden yang hobi mengoleksi mobil.

Dengan estimasi kekayaan mencapai US$ 3,1 miliar atau sekitar Rp 43,5 triliun menurut Forbes, Trump memiliki koleksi mobil mewah yang mencengangkan.

Sebut saja, Mercedes-benz SLR McLaren 2003, Rolls-Royce Silver Silver Cloud, Rolls-Rocye Phantom, Mercedes-Benz S600, Mercedes Maybach S600, dan Chevy Camaro Indy 500 Pace 2011.

Nah, salah satu mobil mewah milik Trump yang paling menarik adalah Orange County Chopper yang terbuat dari emas 24 karat.

5. Jokowi

Presiden
Jokowi termasuk presiden yang punya hobi otomotif (Shutterstock)

Orang nomor satu di Indonesia, Joko Widodo alias Jokowi memiliki total kekayaan mencapai Rp 50,2 miliar. Kekayaan Jokowi tersebut terdiri dari beberapa aset, salah satunya koleksi kendaraannya.

Dalam Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara 2018, Jokowi memiliki satu mobil pick up, dua truk, dua mobil Mercedes Benz, empat minibus, mobil klasik, beberapa sepeda motor dan motor gede jenis Chopperland Chopper tahun 2017 yang tak kurang dari Rp.140 juta.

Itulah lima presiden dunia yang punya hobi otomotif jika dilihat dari deretan koleksi kendaraan yang mereka miliki. (Editor: Chaerunnisa)

Dewi Puri
Dewi Puri

Pecinta makeup yang terjun ke dunia financial. Jika biasanya berkutat dengan lipstik dan bedak, kini harus terbiasa dengan logam mulia maupun reksadana. Intinya tetap sama, menghasilkan suatu karya yang cantik.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Tentang Kami

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Philippines Taiwan