Segudang Prestasi Internasional yang Disabet Menteri Susi Pudjiastuti

3 menit
susi pudjiastuti
Susi Pudjiastuti. (Instagram/@susipudjiastuti115)

Kalau berdasarkan periode pemerintahan, jabatan Menteri Susi Pudjiastuti akan berakhir sebentar lagi, tepatnya pada Oktober nanti. Tapi warganet banyak yang meminta agar Bu Susi tetap lanjut menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan. 

Menteri Jokowi yang terbilang nyentrik ini telah berhasil membuat beberapa gebrakan dalam lima tahun belakangan. Salah satu yang menyita banyak perhatian adalah caranya membuat para penangkap ikan ilegal jera dengan menenggelamkan kapal mereka. 

Langkah yang diambil menteri lulusan Paket C ini membuat nelayan di negara-negara tetangga takut. Alhasil, penangkapan ikan ilegal oleh kapal asing berhasil berkurang. 

Seperti dikutip dari Katadata, Global Fishing Watch menemukan pada tahun 2013, penangkapan ikan oleh kapal asing sebanyak 6.811 aktivitas. Setelah Menteri Susi masuk dan membuat berbagai macam kebijakan tegas, angka tersebut turun sebanyak 97,89 persen jadi 1.204 aktivitas penangkapan dalam rentan waktu 2015-2018. 

Dengan prestasi inilah Menteri Susi juga turut dicintai para nelayan-nelayan Indonesia, karena melindungi hasil tangkapan mereka. 

Berkat kerja kerasnya melindungi laut Indonesia, Menteri Susi Pudjiastuti telah mengoleksi segudang penghargaan. Gak cuma dari dalam negeri tapi juga dari dunia internasional. Apa saja penghargaan yang berhasil disabet selama kurang lebih lima tahun menjabat? 

Baca juga: Ada Motor Ducati, Ini Deretan Barang Koleksi di Rumah Susi Pudjiastuti

1. Leaders for a Living Planet Award dari WWF 

susi pudjiastuti
Ibu Susi menerima penghargaan. (Cloudfront)

Organisasi non profit dunia yang bergerak di bidang lingkungan, WWF telah memberikan penghargaan Leaders for a Living Planet kepada Menteri Susi Pudjiastuti di tahun 2016 lalu. 

Penghargaan diberikan langsung oleh Presiden WWF di Washington DC, Amerika Serikat. 

Susi dinilai telah berkontribusi besar dalam upaya melestarikan alam, khususnya bawah laut, demi pembangunan berkelanjutan. 

Kebijakan-kebijakan yang dinilai melestarikan seperti misalnya, memperkenalkan ukuran tangkap minimum untuk biota ke nelayan. Kemudian, ia juga melarang penggunaan alat tangkap perikanan yang bisa merusak ekosistem bawah laut, menetapkan kawasan konservasi perairan, dan tentunya melawan praktek penangkapan ikan secara ilegal. 

Baca juga: Cuma Lulusan SMP! Ini Tips Sukses Berkarier ala Susi Pudjiastuti

2. Peter Benchley Ocean Awards 

susi pudjiastuti
Susi Pudjiastuti. (Instagram/@susipudjiastuti115)

Peter Benchley Ocean Awards merupakan penghargaan maritim tertinggi di dunia. Penghargaan ini diberikan kepada tokoh pejabat publik, maupun tokoh masyarakat yang berkontribusi besar terhadap kelestarian laut. 

Menteri Susi Pudjiastuti mendapatkan penghargaan ini pada tahun 2017 lalu. Ia dinilai mampu mengubah kualitas bawah laut Indonesia menjadi lebih baik lagi. 

Baca juga: Seluas 5 Hektare, Rumah Susi Pudjiastuti Ini Bisa Jadi Ladang Uang

3. Seafood Champion Award

susi pudjiastuti
Susi bersama nelayan. (Instagram/@susipudjiastuti115)

Pada tahun 2017 Susi kembali menyabet penghargaan Seafood Champion Award di Amerika Serikat. Dalam penghargaan itu terdapat empat kategori, yaitu Innovation, Vision, Advocacy, dan Leadership.

Menteri Susi Pudjiastuti memenangkan penghargaan di kategori Leadership. Pendiri maskapai penerbangan Susi Air ini dinilai sukses menjalankan pekerjaannya sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan Indonesia. Berkat kepemimpinannya, kesehatan laut di Indonesia membaik, dan praktek penangkapan ikan secara ilegal oleh kapal-kapal asing. 

4. Masuk daftar 100 perempuan paling berpengaruh di dunia versi BBC

susi pudjiastuti
Susi di atas paddling. (Instagram/@susipudjiastuti115)

Penghargaan kelas dunia lainnya adalah, Menteri Susi Pudjiastuti berhasil masuk ke dalam daftar 100 perempuan paling berpengaruh di dunia versi BBC. Dalam menjalankan tugas-tugasnya, Susi telah tersorot dengan baik oleh media-media. 

Susi dinilai berhasil menurunkan angka penangkapan ikan liar oleh kapal asing, berkat terobosan barunya menenggelamkan kapal asing yang berhasil tertangkap. Karena, selama ini di Indonesia kapal asing yang tertangkap justru dilelang, dan berpotensi jatuh ke tangan pemiliknya lagi. 

Cara lelang tersebut dinilai tidak memberikan efek jera terhadap pelaku praktek penangkapan ikan liar. 

Itulah empat prestasi internasional yang didapatkan oleh Menteri Susi Pudjiastuti. Selain di luar negeri, Susi juga memiliki segudang penghargaan dari dalam negeri, seperti yang telah diberikan oleh ITB dan UGM karena jasanya menjaga kedaulatan perairan Indonesia. (Editor: Ruben Setiawan)

Okky Budi
Okky Budi

Penggemar Tsubasa yang jadi sarjana sosial. Kini secara sengaja masuk ke dunia finansial. Semoga bisa memberikan tulisan yang bermanfaat buat pembaca.