7 Pria Muslim Terkaya Hartanya Gak Habis Tujuh Turunan, Salah Satunya Pemilik Burj Khalifa!

4 menit
Pria muslim
Sultan Hassanal Bolkiah salah satu pria muslim terkaya di dunia (Wikipedia)

Pria muslim terkaya sepanjang masa, yaitu Mansa Musa harta kekayaannya melebihi Jeff Bezos yang berkekayaan US$ 157,8 miliar atau sekitar Rp 2,258 triliun. Sementara Mansa Musa diketahui berharta US$ 400 miliar atau Rp 5,725 triliun.

Seperti dilansir dari celebritynetworth, Mansa Musa merupakan Raja Mali pada abad 1280-1337. Musa juga dikenal sebagai raja yang dermawan dan rendah hati.

Ngomong-ngomong soal pria muslim terkaya sepanjang masa, kali ini MoneySmart ingin membahas pria muslim terkaya di dunia yang punya harta mencapai ratusan triliun rupiah.

Beberapa dari mereka dikenal sebagai sosok yang menguasai lini bisnis di negaranya. Jadi, wajar aja kalau mereka punya harta bernilai fantastis. Penasaran siapa aja mereka?

Berikut, tujuh di antaranya. Dimulai dari yang paling kecil dulu ya:

7. Shahid Khan – Rp 104 triliun

Pria muslim
Shahid Khan salah satu pria muslim terkaya di dunia (Wikipedia)

Shahid Khan masuk dalam jajaran pria muslim terkaya di dunia. Bahkan, dia berada di peringkat ke-70 orang Amerika Terkaya dalam daftar Forbes 400 dengan total kekayaan mencapai US$ 7,3 miliar atau sekitar Rp 104 triliun.

Meski lahir di Pakistan, Khan pindah ke Amerika di usia 16 tahun dan memulai kariernya di perusahaan manufaktur otomotif Flex-N-Gate saat masih kuliah di University of Illinois.

Miliarder yang sempat menjadi tukang cuci piring ini merupakan pemilik Jacksonville Jaguars of the National Football League (NFL), the English Football League Championship team Fulham F.C., dan automobile parts manufacturer Flex-N-Gate di illinois Amerika.

Baca juga: Kabarnya Raja Arab Kalah Kaya dengan Raja Thailand, Begini Faktanya

6. Mohamed Bin Issa Al Jaber – Rp 118 triliun

Pria muslim
Mohamed Bin Issa Al Jaber pria muslim terkaya di dunia (mbialjaber.com)

Selanjutnya adalah Mohamed Bin Issa Al Jaber, yang tak lain pemimpin serta CEO dari MBI International dan Partners.

Grup tersebut menaungi hotel mewah yang tersebar di seluruh dunia, yaitu JW Hotels and Resorts.

Tak hanya itu aja, AJWA Group of food industries, dan Jadawel International Continent Oil juga bagian dari grup milik miliarder yang juga terkenal dengan kegiatan amalnya, yaitu MBI Al Jaber Foundation.

Seperti dilansir dari therichest, Mohamed Bin Issa Al Jaber memiliki total kekayaan mencapai US$ 8,25 miliar yang jika dirupiahkan mencapai Rp 118 triliun.

Baca juga: 10 Orang Terkaya di Malaysia Ini Kekayaannya Capai Ratusan Triliun Rupiah

5. Mohammed Al Amoudi – Rp 123 triliun

Pria muslim
Mohammed Al Amoudi pria muslim terkaya di dunia (Forbes)

Mohammed Al Amoudi merupakan pebisnis asal Arab-Etiopia yang memulai kariernya di bidang real estate, dan konstruksi. Pria berusia 72 tahun ini melebarkan sayapnya ke sektor kilang minyak di Swedia dan Maroko.

Bahkan, ayah delapan anak ini juga meraup pundi-pundi kekayaan dengan berinvestasi di bidang emas, minyak, dan menguasai 63 persen manufaktur di negara Ethopia.

Wajar jika Mohammed Al Amoudi memiliki kekayaan hingga US$ 8,6 miliar yang jika dirupiahkan mencapai Rp 123 triliun. Begitu seperti dilansir dari therichest.

4. Aliko Dangote – Rp 147 triliun

Pria muslim
Aliko Dangote pria muslim terkaya di dunia (Wikipedia)

Apa sih yang terlintas di benakmu saat mendengar nama Nigeria? Negara miskin di belahan Afrika? Eits… tapi jangan salah, negara tersebut ternyata menelurkan seorang pria muslim terkaya di dunia lho!

Ya, dia adalah Aliko Dangote yang merupakan pemilik Dangote Group, yaitu sebuah perusahaan di bidang komoditi.

Tak hanya di Nigeria, perusahaan tersebut juga beroperasi di negara Afrika lainnya, seperti Benin, Kamerun, Ghana, Afrika Selatan, Togo, Tanzania, dan Zambia.

Kini Aliko diketahui memiliki harta mencapai US$ 10,3 miliar atau setara dengan Rp 147 triliun.

3. Alwaleed bin Talal – Rp 215 triliun

Pria muslim
Alwaleed bin Talal pria muslim terkaya di dunia (Forbes)

Prince Alwaleed bin Talal merupakan pendiri sekaligus CEO dari perusahaan investasi yaitu Kingdom Holding. Perusahaan tersebut berinvestasi di berbagai sektor, seperti perbankan, hotel, media massa, hiburan, dan teknologi.

Pria berusia 64 tahun ini juga dikenal sebagai pendiri grup media Rotana. Gak cuma itu aja, Alwaleed juga pemegang saham terbesar di Citi Group.

Alwaleed merupakan anggota keluarga kerajaan Saudi yang memiliki total kekayaan mencapai US$ 15 miliar atau sekitar Rp 215 triliun.

2. Sultan Hassanal Bolkiah – Rp 286 triliun

Pria muslim
Sultan Hassanal Bolkiah pria muslim terkaya di dunia (Wikipedia)

Sultan Brunei, Hassanal Bolkiah juga masuk ke dalam deretan pria muslim terkaya di dunia.

Bagaimana tidak, pemilik nama lengkap Hassanal Bolkiah Mu’izzaddin Waddaulah ini menurut therichest memiliki kekayaan mencapai US$ 20 miliar atau sekitar Rp 286 triliun.

Saking tajirnya, dia diketahui memiliki 7.000 buah mobil yang salah satunya adalah mobil mewah Rolls Royce berlapis emas 24 karat.

Tak hanya itu saja, pria berusia 72 tahun ini juga tinggal di hunian supermegah dengan 1.700 kamar.

1. Khalifa bin Zayed Al-Nahyan – Rp 329 triliun

Pria muslim
Khalifa bin Zayed Al-Nahyan pria muslim terkaya di dunia (Wikipedia)

Pria muslim terkaya di dunia dipegang oleh Khalifa bin Zayed Al-Nahyan yang menurut therichest memiliki kekayaan mencapai US$ 23 miliar atau setara dengan Rp 329 triliun.

Khalifa bin Zayed Al-Nahyan merupakan presiden Uni Emirat Arab sejak tahun 2004 setelah menggantikan presiden sebelumnya yang tak lain adalah sang ayah, Zayed bin Sultan Al Nahyan.

Bahkan, menurut Forbes, Al-Nahyan merupakan salah satu raja terkaya di dunia. Dia dilaporkan memiliki aset sebesar US$ 830 miliar atau sekitar Rp 11.880 triliun. Salah satunya, mendirikan Burj Khalifa di tahun 2010.

Itulah tujuh pria muslim terkaya di dunia dengan total kekayaan super fantastis. Siapa yang paling menginspirasi kamu? (Editor: Chaerunnisa)

Dewi Puri
Dewi Puri

Pecinta makeup yang terjun ke dunia financial. Jika biasanya berkutat dengan lipstik dan bedak, kini harus terbiasa dengan logam mulia maupun reksadana. Intinya tetap sama, menghasilkan suatu karya yang cantik.