Wajah-Wajah Artis yang Terbukti Tokcer Jadi Anggota DPR Lagi

4 menit
Primus Yustisio
Primus Yustisio (Instagram/@primusyustisio17)

Di antara 575 anggota DPR periode 2019-2024 terdapat 14 artis yang jadi wakil rakyat, salah satunya Primus Yustisio. Primus Yustisio kembali terpilih jadi anggota DPR untuk ketiga kalinya dan dilantik di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa 1 Oktober 2019.

Sebanyak sembilan artis merupakan petahana atau calon kembali terpilih jadi wakil rakyat. Sementara lima lainnya, yaitu Krisdayanti, Mulan Jameela, Tina Toon, Tommy Kurniawan dan Farhan merupakan nama baru di DPR.

Sembilan artis yang kembali terpilih melenggang ke Senayan ini masih sangat terkenal di kalangan masyarakat yang menyukai dunia hiburan.

Siapa saja kesembilan artis yang dimaksud? Berikut, deretan sembilan artis yang kembali terpilih jadi anggota DPR:

Primus Yustisio

Primus Yustisio
Primus Yustisio (Instagram/@primusyustisio17)

Primus Yustisio untuk ketiga kalinya menjadi anggota DPR RI periode 2019-2024 setelah berhasil mengumpulkan 86.983 suara lewat partai PAN. 

Suami Jihan Fahira itu telah menjadi anggota dewan setelah sebelumnya terkenal sebagai sosok superhero “Panji Manusia Millenium”. 

Namanya terus melambung usai membintangi sinetron “Kehormatan” saat berduet dengan Nafa Urbach menjadi sebuah sinetron yang cukup digemari masyarakat Indonesia.

Setelah terjun ke dunia politik, Primus sudah semakin jarang terlihat di layar kaca. Primus Yustisio kini menjadi anggota dewan ketiga kalinya sejak tahun 2009. Yaitu dari periode 2009-2014, 2014-2019 dan 2019-2024 mendatang.

Baca juga: 10 Artis Ganteng dan Cantik Ini Bakal Jadi Anggota DPR RI, Siapa Paling Tajir?

Desy Ratnasari

Primus Yustisio
Desy Ratnasari (Instagram/@desyratnasari.officialsukabumi)

Hj. Desy Ratnasari, M.Psi.,M.Si atau lebih dikenal dengan Desy Ratnasari merupakan selebriti kawakan yang kini berkarier di dunia politik. Sejak 2014 Desy Ratnasari sudah terpilih menjadi anggota DPR RI periode 2014-2019 dari PAN.

Desy menapaki dunia politik setelah berhasil mendapatkan gelar sarjana psikologi di Universitas Atmajaya, Desy Ratnasari melanjutkan pendidikan S2 dan berhasil lulus dengan gelar magister psikologi di Universitas Indonesia. 

Sementara itu, sebagai seorang selebriti, Desy telah banyak memerankan sinetron, film hingga presenter. Namun, dia sudah vakum di dunia keartisan dan kembali terpilih menjadi anggota dewan di Senayan.

Rieke Diah Pitaloka

primus yustisio
Rieke Dyah Pitaloka (Instagram/@riekediahp)

Rieke Diah Pitaloka termasuk jajaran artis yang untuk ketiga kalinya kembali menjadi anggota DPR RI.

Wanita yang dikenal dengan perannya sebagai Oneng di “Bajaj Bajuri” itu mulai aktif menjadi anggota DPR Periode 2009-2014 dari partai PDI-P untuk Daerah Pemilihan (Dapil) Jawa Barat II. 

Mantan istri  Donny Gahral Adian itu tergabung menjadi anggota Komisi IX membawahi bidang kesehatan dan kesejahteraan masyarakat.

Setelah menjadi anggota DPR RI periode 2014-2019 dalam dapil lain yaitu Dapil Jawa Barat VII, Rieke untuk kali ketiga terpilih kembali menjadi anggota dewan Periode 2019-2024.

Eko Patrio 

primus yustisio
Eko Patrio (Instagram/@ekopatriosuper)

Eko Patrio merupakan komedian yang menjadi anggota DPR selama dua periode dari Partai Amanat Nasional (PAN). Pemilik nama Eko Hendro Purnomo itu pertama kali menjadi anggota dewan pada tahun 2009.

Saat itu, Eko menjadi calon legislatif nomor urut satu dari PAN untuk Dapil Jawa Timur VIII. Kemudian, dia mencalonkan kembali menjadi anggota legislatif di Dapil yang sama sebelumnya dan lolos menjadi wakil rakyat di Senayan untuk periode 2014-2019. Kini dia kembali terpilih jadi anggota DPR RI untuk periode 2019-2024.

Rachel Maryam

primus yustisio
Rachel Maryam (Instagram/@rachelmaryams)

Rachel Maryam juga jajaran selebriti Tanah Air yang menjadi anggota dewan di Senayan. Pemilik nama Rachel Maryam Sayidina itu untuk ketiga kalinya kembali terpilih jadi anggota DPR RI.

Rachel Maryam menjadi anggota dewan periode DPR periode 2014-2019 dengan perolehan suara 58.758 suara. Kini Rachel Maryam juga terpilih kembali menjadi anggota dewan periode 2019-2024.

Arzeti Bilbina

primus yustisio
Arzetti Bilbina (Instagram)

Arzetti Bilbina dikenal di jagat hiburan sebagai model sekaligus pemain sinetron Indonesia. Namun, pemilik nama lengkap Arzeti Bilbina Huzaimi ini sudah menjadi anggota dewan di Senayan sejak tahun 2014.

Melalui Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Arzeti Bilbina menjadi anggota DPR RI untuk periode 2014-2019. Arzeti kembali terpilih menjadi anggota DPR RI yang lolos ke Senayan pada periode ini.

Nico Siahaan

primus yustisio
Nico Siahaan (Instagram/@junicosiahaan)

Nico Siahaan selama ini dikenal sebagai presenter televisi dan pembawa acara kuis. Pada tahun 2014, Nico Siahaan yang diusung PDI-P menjadi anggota DPR RI Dapil Jawa Barat I dengan perolehan suara 64.980 suara. 

Kini pada periode 2019-2024, pemilik nama Junico Bisuk Partahi Siahaan itu terpilih kembali dan menjadi anggota dewan.

Dede Yusuf

primus yustisio
Dede Yusuf (Instagram/@ddyusuf66)

Dede Yusuf termasuk jajaran artis yang kembali dilantik menjadi anggota DPR RI di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa 1 Oktober 2019. 

Pemilik nama lengkap Dede Yusuf Macan Effendi, ST ini telah terpilih menjadi anggota DPR RI dan menjadi Ketua Komisi IX, pada periode 2014-2019. 

Sebelumnya, Dede Yusuf menjadi Wakil Gubernur Jawa Barat sejak 13 Juni 2008 hingga 13 Juni 2013. Kini Dede Yusuf kembali terpilih menjadi anggota DPR RI di Senayan dari Partai Demokrat pada periode 2019-2024.

Nurul Arifin

primus yustisio
Nurul Arifin (Instagram/@na_nurularifin)

Nurul Arifin dikenal sebagai artis yang menjadi politisi partai Golkar. Di partai berlambang pohon beringin itu, dia menjabat sebagai Wakil Sekjen.

Dan kini untuk ketiga kalinya, pemilik nama Nurul Qomaril Arifin itu menjadi anggota dewan di Senayan setelah sebelumnya menjadi anggota dewan dari periode, 2004-2009, 2009-2014 dan untuk periode 2019-2024.

Itulah sembilan artis yang  kembali terpilih jadi anggota DPR dan telah dilantik di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa 1 Oktober 2019.

Chaerunnisa
Chaerunnisa

Senang menulis dan belajar banyak hal. Semoga karya saya selalu bisa dinikmati dan bermanfaat bagi semua.