Prinsip Sukses yang Bisa Kamu Tiru dari 6 Karakter di Serial Si Doel

3 menit
Zaenab dan Sarah di Si Doel (bintang.com)
Zaenab dan Sarah di Si Doel (bintang.com)

Si Doel balik lagi! Kali ini serial yang dulu tayang di salah satu televisi Indonesia tersebut hadir di layar bioskop. Buat kamu yang mengikuti serialnya, kamu pasti gak asing sama tokoh-tokoh berikut.

Nah, tokoh-tokoh yang ada di serial Si Doel ini ternyata menghadirkan prinsip dan pelajaran mengenai kesuksesan, lho. Apa aja? Yuk, simak!

1. Babeh, gigih dan kerja keras

Babeh Sabeni yang diperankan oleh Benyamin Sueb sebagai ayah Doel memberikan banyak pelajaran berharga buat orangtua dan anak.

Karakter ini benar-benar menggambarkan seorang ayah yang ingin anak-anaknya sukses. Terbukti dalam serial tersebut, ayah Doel tersebut gigih bekerja keras. Walau si babeh bekerja cuma sebagai supir oplet, namun bisa sukses menguliahkan Doel.

Di salah satu episode, si Babeh terlihat sangat senang sampai keliling kampung saat anaknya lulus kuliah. Kemudian, di episode lainnya, dia marah saat Doel gak kunjung dapat pekerjaan.

Benar-benar kasih pelajaran kesuksesan yang layak ditiru!

2. Enyak, bijak dan bantu suami

A post shared by Si Doel Anak Sekolahan (@sidoelanaksekolahan) on

Enyak atau ibu dari Doel diperankan oleh Aminah Tjendrakasih. Peran ibu di serial Doel tersebut kasih pelajaran bahwa istri juga bisa berperan buat menyukseskan keluarga, termasuk soal materi.

Di serial si Doel, enyak digambarkan sebagai sosok ibu yang tabah dan tulus menjalankan perannya sebagai ibu. Dia juga membantu si babeh cari duit dengan membuka toko kelontong. Si enyak pun begitu piawai mengelola usahanya.

3. Doel, gigih raih pendidikan dan karier

Pemeran utama dalam serial Si Doel digambarkan sebagai anak dari keluarga kurang berada yang gigih meraih pendidikan dan karier. Generasi milenial bisa banget nih buat meniru prinsip kesuksesan yang ditampilkan oleh Doel.

Meskipun udah meraih gelar insinyur, namun ternyata gak mudah buat Doel dapat kerja. Malah Doel sempat bekerja sebagai supir angkot.

Meski akhirnya Doel berhasil bekerja kantoran, namun lika-likunya kuliah dan melamar kerja ke sana kemari jadi contoh bagus buat anak zaman now. Kita harus berupaya meraih pendidikan setinggi-tingginya bila mampu. Kemudian, gak berleha-leha buat cari pekerjaan dan jadi sukses.

4. Atun, gak terpuruk dalam ketidakberdayaan

Karakter Atun boleh jadi hampir tenggelam di antara karakter lainnya dalam serial Si Doel.

Adik bungsu Doel tersebut bisa dibilang gak menarik secara fisik dibandingkan dengan karakter lainnya. Kemudian, dia pun mungkin gak sepintar Doel dalam bidang akademis. Namun, hal tersebut gak jadi halangan buat Atun mengembangkan dirinya.

Atun mau mengikuti jejak enyak buat berwirausaha dengan membantu ibunya di toko kelontong milik keluarga. Hal tersebut bisa kamu tiru. Meski kamu merasa kalau kamu gak sehebat orang lain, tapi sebenarnya setiap orang punya keahlian masing-masing.

5. Sarah, totalitas menyelesaikan tugas

Yang terakhir adalah salah satu tokoh utama bernama Sarah yang adalah lawan main Doel. Sarah digambarkan sebagai orang yang totalitas menyelesaikan tugasnya. Karakternya menggambarkan mahasiswa yang gigih buat menyelesaikan skripsi. Dia malah rela bela-belain buat observasi tanpa nanggung-nanggung.

Buat kamu yang sekarang lagi menyelesaikan tugas kuliah, yuk tiru Sarah yang gigih buat selesaikan skripsinya.

6. Mas Karyo, perantau ke Jakarta

Mas Karyo diperankan oleh Basuki adalah orang Jawa dari kampung yang merantau ke Jakarta sebagai tukang kredit.

Kegigihannya saat merantau patut banget kamu contoh buat yang pengin mandiri. Mas Karyo rela memikul barang-barang kreditannya berkeliling kampung. Bahkan, dia pun sempat jadi kenek angkot Mandra buat dapat uang.

Buat kamu yang mau mandiri, gak ada salahnya lho buat merantau ke tempat tertentu. Kemudian, gak ada kata gengsi buat kerja apa pun selama pekerjaan tersebut gak melanggar hukum.

Jadi, di antara keenam tokoh di atas, mana nih karakter dalam serial Si Doel yang paling kamu suka dan menginspirasi kamu?

Helda
Helda

Tidak normal tapi spesial. Blogger merangkap content writer yang secara ajaib tersesat di bidang keuangan. Semua tulisan di sini tersedia berkat bantuan kopi tanpa gula.