Tawarkan Segudang Manfaat, 3 Produk Perbankan Ini Paling Banyak Digunakan Orang!

4 menit
produk perbankan
Produk perbankan terlaris (Shutterstock)

Bank tak hanya menawarkan fasilitas menyimpan pundi-pundi kekayaanmu dengan aman, tapi juga memberikan beberapa produk perbankan dengan segudang manfaat.

Secara harfiah, bank merupakan badan usaha yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan kemudian disalurkan kembali ke masyarakat dalam bentuk kredit serta lainnya guna meningkatkan taraf hidup rakyat.

Menurut UU No 10 Tahun 1998 tanggal 10 November 1998, perbankan meliputi tiga kegiatan, yaitu menghimpun dana, menyalurkan dana, dan memberikan jasa bank lainnya.

Kegiatan menghimpun dana tersebut dalam bentuk simpanan giro, tabungan dan deposito. Sementara menyalurkan dana, dalam bentuk kartu kredit, KTA, dan lainnya. Kegiatan tersebut bisa dibilang sebagai produk perbankan atau fasilitas yang ditawarkan oleh bank.

Di Indonesia, segala bentuk aktivitas perbankan diawasi oleh Bank Indonesia. Selain itu, uang kamu juga dijamin Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) yang akan menjamin semua jenis simpanan seperti tabungan, deposito, giro dan juga sertifikat dengan maksimal dana Rp 2 miliar.

Selain aman, kamu juga gak repot jika menyimpan uang di bank. Kebayang gak sih kalau kamu harus bawa uang segepok ke mana-mana? Yang ada, was-was terus karena takut dirampok!

Dari sekian banyak produk perbankan, ada beberapa produk yang paling banyak digunakan orang. Apa saja? Berikut, tiga di antaranya:

1. Tabungan

Produk perbankan
Produk perbankan

Tabungan menjadi salah satu produk perbankan yang paling banyak digunakan masyarakat untuk menyimpan uang dengan aman.

Tabungan juga tak hanya terdiri dari satu produk saja, tapi juga sudah banyak jenisnya. Mulai dari tabungan rencana, tabungan haji, tabungan berjangka, dan lainnya.

Baca juga: Tahu Gak? Forbes Menobatkan 10 Bank Ini Sebagai yang Terbaik se-Indonesia Lho

Dengan menggunakan produk perbankan satu ini, kamu umumnya akan mendapatkan beberapa fasilitas pendukung lain, seperti:

  • Buku tabungan

Setiap nasabah yang mengamankan uangnya di tabungan, maka akan mendapatkan buku rekening tabungan yang fungsinya untuk mengetahui informasi dari seluruh transaksi yang kamu lakukan.

  • ATM

Tak hanya buku rekening tabungan, kamu juga umumnya akan mendapatkan Kartu Anjungan Tunai Mandiri (ATM). Tujuannya untuk memudahkanmu melakukan berbagai aktivitas transaksi perbankan.

  • Bunga

Keuntungan lainnya menyimpan uang di bank adalah kamu akan mendapatkan suku bunga. Memang sih jumlahnya gak seberapa, tapi jika kamu menabung dengan nominal yang cukup besar dan lama. Maka penambahan uangmu juga akan signifikan.

Namun, segala fasilitas itu tentunya gak gratis. Kamu akan dikenakan biaya administrasi bulanan yang besarannya pun berbeda-beda, tergantung dari bank atau produk apa yang kamu pilih.

Contohnya, kartu debit Paspor BCA Blue dikenakan biaya administrasi sebesar Rp 15 ribu per bulan. Sementara kartu debit Paspor BCA Gold, biaya per bulannya adalah sebesar Rp 17 ribu.

Meski begitu, ada juga jenis tabungan perbankan yang tidak dikenakan biaya administrasi yaitu TabunganKu.

2. Kredit

Produk perbankan
Produk perbankan

Selain tabungan, kredit juga menjadi salah satu produk perbankan yang paling laris digunakan masyarakat. 

Pasalnya, produk yang satu ini sangat membantu masyarakat yang ingin membeli sesuatu atau membutuhkan uang dalam jumlah besar dan dapat dibayar dalam jangka waktu tertentu.

Ketentuan mengenai produk kredit bank bahkan sudah tercantum dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 1992, sebagaimana diubah dengan Undang-Undang Nomor 10 Tahun 1998.

Setiap kredit yang ditawarkan oleh bank memiliki beberapa karakteristik yang perlu banget kamu ketahui, yaitu:

  • Jangka waktu
  • Suku bunga
  • Cara pembayaran
  • Jaminan
  • Biaya administrasi

Semua karakteristik tersebut memang dibuat guna memaksimalkan manfaat yang bisa kamu nikmati dari produk perbankan satu ini.

3. Deposito

Produk perbankan
Produk perbankan

Deposito tetap menjadi primadona yang banyak dipilih orang sebagai investasi. Terutama, bagi para ibu rumah tangga yang masih takut berinvestasi saham maupun reksa dana.

Deposito merupakan salah satu produk simpanan perbankan yang memiliki jangka waktu penyimpanan. Selain itu, bunga yang ditawarkan deposito relatif lebih tinggi ketimbang tabungan biasa. Namun, ada penaliti jika kamu mencairkan deposito sebelum jatuh tempo.

Berikut, rumus perhitungan bunga deposito:

  • Keuntungan bunga deposito = suku bunga x nominal uang deposito x hari / 365
  • Pajak deposito = tarif pajak x bunga deposito
  • Pendapatan bersih = nominal investasi + (bunga deposito – pajak)

Misalnya kamu melakukan deposito sebesar Rp 10 juta dengan jangka waktu enam bulan. Bunga deposito 5 persen dan pajak 20 persen.

Keuntungan bunga deposito,

5 persen x Rp 10 juta x 182 / 365

Rp 249.315,068.

Pajak deposito,

20 persen x Rp 249.315,068

Rp 49.863,137

Pendapatan bersih,

Rp 10 juta + (Rp 249.315,068 – Rp 49.863,137)

Rp 10 juta + Rp 199.451,931

Rp 10.199.451,931

Umumnya, orang memilih deposito untuk mengamankan uangnya karena takut terpakai. Lagipula, kalau disimpan di tabungan biasa, selain berisiko bisa terpakai juga akan terpotong biaya administrasi bulanan. Dengan deposito, uang kamu juga akan semakin bertambah meski bunganya tak terlalu besar.

Itulah tiga produk perbankan yang paling banyak digunakan masyarakat saat ini. Produk bank apa yang kamu gunakan? (Editor: Chaerunnisa)

Dewi Puri
Dewi Puri

Pecinta makeup yang terjun ke dunia financial. Jika biasanya berkutat dengan lipstik dan bedak, kini harus terbiasa dengan logam mulia maupun reksadana. Intinya tetap sama, menghasilkan suatu karya yang cantik.