2 Profesi Ini Sekarang Paling Diincar Milenial Indonesia

2 menit
Ilustrasi Generasi Milenial (Shutterstock)
Ilustrasi Generasi Milenial (Shutterstock)

Asosiasi E-commerce Indonesia atau (idEA) menggelar acara bertajuk idEAWorks Edu yang bertujuan mengedukasi generasi milenial akan perkembangan industri digital.

Ketua Umum idEA Ignatius Untung mengatakan, industri digital akan menjadi tulang punggung ekonomi nasional kedepan. Tetapi Indonesia masih minim talenta pada sektor ini.

“Komputer dan jaringan internet yang kian familiar bagi masyarakat. Belum lagi tingginya jumlah pengguna telepon pintar ternyata tidak diikuti peningkatan jumlah professional di sektor digital,” ujarnya di Jakarta.

Menurutnya, fakta tersebut akan memberikan ancaman bagi industri digital Indonesia kedepan. Dengan fakta ini idEAWorks Edu berupaya mengedukasi juga sosiaslisasi bagi generasi muda, bahwa ada sektor ekonomi baru yang akan menjadi pemimpin kedepan.

“Acara ini bertujuan membuka mata para siswa SMA, mahasiswa, guru, orangtua murid. Profesi seperti data analist, SEO specialist, social media manager, product manager, database administrator, behavior scientist, dan banyak lagi pilihan bagi anak muda,” kata Untung.

Pekerjaan Paling Diminati Milenial

Chief Economists, dari SEA Group, Santitarn Sathirathai telah melakukan survei bahwa pekerjaan yang paling diminati milenial Indonesia kini menjadi wirausaha dan Pegawai Negeri Sipil (PNS).

“Wirausaha adalah pekerjaan paling populer di antara anak muda Indonesia, diikuti oleh PNS, dan usaha keluarga. Kemudian perusahaan multinasional, badan amal, perusahaan lokal besar, UKM, dan perusahaan startup,” ujarnya.

Adapun, survei dilakukan terhadap 14 ribu responden dengan usia dibawah 36 tahun. Dari total 14 ribu responden, sebesar 24,4 persen memilih wirausaha. Kemudian PNS 17,1 persen, usaha keluarga 16,5 persen. Lalu perusahaan multinasional 11,4 persen, badan amal 9,5 persen, perusahaan lokal besar 8,8 persen, dan perusahaan startup 5,2 persen.

Belum Konsisten

Akan tetapi, generasi milenial yang telah menjalankan usahanya masih belum sepenuhnya konsisten dalam melakoni usahanya dan ingin beralih profesi.

“Anak muda yang meninggalkan dunia wirausaha lebih dilatarbelakangi oleh faktor stabilitas pendapatan daripada keseimbangan kehidupan kerja,” jelasnya.

Salah satu kunci agar usaha yang dilakoni berjalan lancar, maka sentuhan teknologi digital harus diterapkan dengan baik. Sebab perkembangan industri ekonomi digital semakin pesat.

“E-commerce memiliki potensi untuk pendorong yang kuat membuka peluang ekonomi,” pungkasnya.

Editor: Ayyi Achmad Hidayah

 

Pramdia Arhando
Pramdia Arhando

Atlet renang yang gagal, tapi pernah jadi juara. Kini masuk dunia jurnalistik dan finansial. Semua tulisan di sini dari fakta dan kisah nyata.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Tentang Kami

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Taiwan