Mengenal Profesi Personal Shopper yang Bakal Datangkan Banyak Uang

4 menit
Sepak Terjang Profesi Personal Shopper yang Datangkan Banyak Uang, (Ilustrasi/Shutterstock).

Personal shopper kamu pasti udah gak asing atau bahkan belum pernah mendengar? Nah, profesi ini sendiri merupakan salah satu pekerjaan yang mandiri alias gak terikat dengan perusahaan atau orang lain nih.

Nah, pekerjaan satu ini emang tengah booming dikalangan masyarakat Indonesia apalagi bagi kaum jetset yang punya banyak uang hingga ibu pejabat bakal memanfaatkan jasa si personal shopper ini. Biasanya orang yang menekuni profesi ini menolong kliennya buat membelikan aneka kebutuhan mulai dari pakaian bermerek, tas branded, sepatu mewah bahkan hingga perhiasan yang nilainya mencapai puluhan juta rupiah.

Buat menekuni profesi ini emang kamu ekstra perlu uang banyak dan relasi yang cukup bagus banget. Bayangkan aja, pria yang tengah menekuni profesi ini punya klien atau pelanggan datang dari kalangan selebriti hingga ibu-ibu pejabat daerah maupun kepolisian lho.

Belum lama ini MoneySmart.id berbincang dengan salah satu personal shopper kenamaan ibu kota. Sebut aja Bobby, pria yang pernah bekerja di salah satu pusat perbelanjaan mewah di Jakarta ini akhirnya memutuskan menjadi seorang personal shopper.

Terbiasa melayani pelanggan-pelanggannya di salah satu butik brand kenamaan, Bobby yang hampir belasan tahun lamanya bekerja memutuskan resign dan menekuni profesi ini. Dulu pekerjaan ini emang belum se-booming sekarang ini, tapi pria ini udah terbiasa melayani pelanggannya yang datang dari kalangan selebriti hingga ibu-ibu pejabat.

Sebut aja nama-nama mulai dari Nagita Slavina, Laudya Cynthia Bella hingga Manohara udah pernah ia layani. Bobby pun membuka ceritanya gimana ia menekuni profesinya yang akhirnya menjadi pekerjaan tetapnya.

Baca juga: Jalan-Jalan ke Singapura, Jangan Lupa Kunjungi Pusat Belanja Murah Ini Ya!

Punya klien dari kalangan selebriti hingga istri pejabat 

Selebriti hingga istri pejabat merupakan klien si personal shopper ini, (Ilustrasi/Shutterstock).

“Aku tuh udah handle-handle customer yang udah langganan dan udah kenal lah seperti Nagita, Bella, Manohara terus semua aku lah yang pegang lebih kaya bantu-bantu mereka,” bukanya.

“Kadang-kadang kan di Jakarta itu waktu jadi penghalang ya kan yaudah deh aku kadang jadi solusinya yang gak ada, aku ada-adain lah apa namanya di usahakan biar jadi ada,” tambahnya.

Baca juga: Nagita Slavina hingga Tamara Bleszynski! 6 Artis Indonesia Ini Ternyata Doyan Belanja di Pasar

12 tahun kerja di pusat perbelanjaan akhirnya memutuskan jadi personal shopper

12 tahun kerja di pusat perbelanjaan akhirnya memutuskan jadi personal shopper, (Ilustrasi/Shutterstock).

Berpengalaman bekerja di salah satu pusat perbelanjaan kenamaan, Bobby yang udah bekerja hampir 12 tahun lamanya. Kala itu emang belum melabeli dirinya sebagai personal shopper.

Hingga pada waktunya ia pun akhirnya melabeli dirinya sebagai profesi yang kini udah menjadi salah satu pekerjaan yang menjanjikan.

“Jadi apa namanya aku kerja di mall itu sudah 12 tahunan lamanya, jadi sebelum personal shopper ini pun booming aku tuh udah apa namanya, sebelum pekerjaan ini tren si personal shopper ini aku udah bantu bantu pelanggan,” urainya seru.

Baca juga: 7 Orang Kaya di Dunia Ini Punya Kebiasaan Belanja Hemat, Siapa Saja Mereka?

Banyak mendapatkan klien datang lantaran promosi dari mulut ke mulut 

Banyak mendapatkan klien datang lantaran promosi dari mulut ke mulut , (Ilustrasi/Shutterstock).

“Jadi karena setiap hari itu aku kerja di mall, 12 tahun di sana jadi lebih mudahkan pelanggan buat dia misalkan “bro ke Chanel dong” atau apa gitu, dari harga itu (red: aslinya) baru aku charge dia berapa, yaudah makin ke sini personal shopper itu kan menjadi hits ya kan,” terangnya.

Buat menjalani profesi ini, Bobby bisa dibilang juga merintis lho dan akhirnya kini tengah menikmati hasilnya dari pekerjaannya sebagai orang yang kerap membeli barang-barang mewah buat si pelanggan atau klien. Berawal dari pertemanan lah namanya mulai dikenal dari mulut ke mulut.

Sejak itulah, dirinya dipercayai oleh banyak orang yang datang dari kalangan berduit nih. Sekitar setahun kurang ia pun akhirnya mulai merambah nih buat membuka bisnis online shop dengan menyediakan barang-barang mewah dan hanya diperuntukan buat klien terdekatnya aja nih.

Terkenal bukan karena di endorse

Bukan karena endorsement namanya dikenal banyak orang sebagai personal shopper, (Ilustrasi/Shutterstock).

“Ya gitu aku tuh karena udah sering ketemu dan pertemanan aku juga apa namanya dari lingkungan pertemanan aku itu dari mulut ke mulut kenal-kenal juga “oh iya sama dia aja”, yaudah akhirnya terhandle gitu,” terangnya.

“Lebih dari mulut ke mulut sih sekarang kaya sekarang setahun yang lalu aku kan udah resign dari kerjaan aku ya kan. Nah, aku mau fokusin karena ini kan menjanjikan ya akhirnya aku memutuskan buka online sendiri,” urainya.

Namanya dikenal sebagai personal shopper emang bukan lantaran dirinya kerap memberikan endorsement atau di endorse nih. Lingkungan pertemanan dan kekeluargaan yang datang dari kalangan selebriti, kaum jetset hingga ibu-ibu pejabat, Bobby pun akhirnya kini tengah menggeluti profesinya yang bisa menghasilkan puluhan juta rupiah di dompetnya lho.

“Nah, buat online aku ini lebih buat yang ke teman-teman gitu sih. Jadi pelanggan-pelanggan baru itu sih datang dari mulut ke mulut jadi aku gak pernah tuh yang namanya endorsement atau apapun itu gak pernah. Jadi lebih yang ke mulut ke mulut lebih kekeluargaan,” pungkasnya.

Nah, buat kamu yang pengin menggeluti profesi ini juga bisa lho menyimak artikel-artikel selanjutnya hanya di MoneySmart.id. (Editor: Mahardian Prawira Bhisma). 

Mahardian Prawira
Mahardian Prawira

Penyuka cokelat dan kopi yang mulai menyukai seputar dunia investasi, ekonomi dan bisnis. Lebih menyukai dan menghargai sebuah proses dalam mencapai sesuatu! Xoxo...