6 Profesi yang Bakal Tergantikan Kecerdasan Buatan di Masa Depan, Kamu Termasuk?

4 menit
kecerdasan buatan
Profesi yang bakal tergantikan kcerdasan buatan (Shutterstock)

Semakin majunya teknologi juga berdampak negatif untuk manusia, salah satunya membuat para pekerja terancam digantikan oleh kecerdasan buatan di masa depan. 

Kejadian seperti ini sebetulnya udah banyak diprediksi melalui film-film Hollywood yang masuk dalam box office.

Rumor atau berita tentang kepintaran robot yang bisa melebihi manusia tampaknya bakal benar-benar terjadi dalam beberapa dekade ke depan.

Itu bisa terlihat dari banyaknya penemuan baru di bidang sistem informasi yang jauh lebih memudahkan serta lebih efisien dibandingkan memberdayakan tenaga manusia. Untuk para pebisnis, tentu mereka bakal memilih cara yang lebih menguntungkan dari sisi operasional.

Melihat kondisi tersebut ternyata ada beberapa profesi yang kemungkinan bisa digantikan oleh kecerdasan buatan di masa yang akan datang.

Kira-kira apa aja? Yuk, kita langsung lihat daftarnya berikut ini, mengutip dari Technologist

1. Sopir taksi

Kecerdasan buatan
Kecerdasan buatan

Pekerjaan pertama yang keberadaannya terancam oleh kecerdasan buatan adalah sopir taksi. Dalam lima tahun terakhir, perusahaan teknologi otomotif seperti Tesla rutin menguji coba mobil yang bisa dikendalikan oleh sistem.

Meski sempat berhasil mengaspal di jalan raya mobil autopilot yang dibuat oleh perusahaan Elon Musk tersebut sempat mengalami kecelakaan yang diliput oleh media asing. Sontak, kondisi ini membuat sebagian orang merasa penasaran sekaligus khawatir.

Penasaran karena melihat potensinya kedepan bisa lebih baik lagi dan khawatir bahwa pekerjaan mereka seperti sopir taksi mungkin aja tergantikan dengan adanya konsep kendaraan autopilot tersebut.

Baca juga: Waspada! Pekerjaan Ini Nantinya Udah Gak Pakai Tenaga Manusia Lagi, Digantikan Robot

2. Petugas medis

Kecerdasan buatan
Kecerdasan buatan

Selanjutnya, ada petugas medis. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh tim ahli dari Amerika Serikat mereka berhasil menemukan metode yang tepat dalam mendiagnosis penyakit seperti TBC dalam angka yang terbilang cukup tinggi yakni mencapai 90 persen lebih.

Tim ini memanfaatkan kode algoritma tertentu yang telah dirancang dan terbukti ampuh dalam menentukan penyakit apa yang seseorang alami.

Penemuan ini bahkan udah digunakan di Perancis semenjak tahun 2018 dimana terdapat 500 ribu file radiologi yang digunakan untuk menyempurnakan kecerdasan buatan di masa yang akan datang.

3. Staf finansial

Kecerdasan buatan
Kecerdasan buatan

Profesi yang terancam perkembangan kecerdasan buatan di masa depan ketiga adalah staf finansial. Mungkin kamu bertanya-tanya kok bisa?

Seperti yang kita ketahui dalam mengolah data keuangan umumnya kita menggunakan rumus tertentu yang telah dibuat agar memudahkan manusia untuk menggunakannya. 

Namun, ke depannya nanti kebutuhan akan SDM ini akan sedikit demi sedikit berkurang dengan semakin majunya sistem informasi komputer.

Seperti yang dikatakan oleh Sergio Ermotti, CEO dari Bank UBS, bahwa dalam 10 tahun ke depan perusahaan ini akan memangkas sekitar 30 persen pekerja staf finansial.

4. Asisten pribadi

Kecerdasan buatan
Kecerdasan buatan

Gak ketinggalan, ada profesi yang bertugas sebagai asisten pribadi. Pekerjaan ini mungkin aja digantikan kecerdasan buatan melalui beragam cara salah satunya adalah melalui suara. 

Kamu mungkin pernah melihat iklan atau teknologi yang memanfaatkan suara seseorang sebagai perintah. Biarpun sekarang masih belum menjadi pilihan utama tetapi di masa depan gak menutup kemungkinan bakal ada teknologi yang berperan sebagai asisten pribadi.

Jadi, buat kamu yang punya impian menjadi asisten pribadi sebaiknya bekerja lebih keras lagi supaya posisi kamu gak digantikan sama yang namanya teknologi.

5. Customer Service

Kecerdasan buatan
Kecerdasan buatan

Kelima ada pekerjaan yang tugasnya melayani keluhan para pelanggan, yaitu customer service. Berkembangnya pengolahan data di masa depan memungkinan untuk sebuah perusahaan membuat customer service yang memanfaatkan kecerdasan buatan.

Bukan hanya lebih murah dari sisi operasional, tetapi kesempatan ini bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan kualitas layanan ke pelanggan secara lebih baik lagi.

Tapi, gak usah khawatir. Pasalnya, semua ini belum pasti dan kemungkinan kemampuan SDM seseorang masih tetap dibutuhkan untuk pekerjaan customer service.

6. Kasir

Kecerdasan buatan
Kecerdasan buatan

Terakhir, ada pekerjaan sebagai kasir yang kemungkinan posisinya digeser oleh kecerdasan buatan.

Kalau kita berkaca pada penggunaan gardu tol otomatis yang udah berlaku di Indonesia saat ini mungkin aja kejadian tersebut bisa terjadi. Pasalnya, selain bisa memangkas ongkos hal ini bisa mempersingkat waktu seseorang bertransaksi di toko atau gerai lainnya.

Itulah enam profesi yang kemungkinan bisa tergantikan oleh kecerdasan buatan di masa yang akan datang. Dari keenam posisi tersebut apakah ada yang sedang kamu jalani guys? (Editor: Chaerunnisa)

Christantio Utama
Christantio Utama

Milenial yang merintis karier lewat dunia keuangan, karena segalanya butuh uang tapi uang bukanlah segalanya. Penonton setia Digimon dan penggemar olahraga otomotif Formula 1