Banner ImageBanner Image

Prosedur Beli Rumah dari Orang Supaya Enggak Nyesel Belakangan

3 menit
beli rumah pertama

Kalau susah mencari rumah baru, ga ada salahnya kita beli rumah orang alias rumah second. Tapi prosedur beli rumah dari orang beda dengan beli rumah gres. Karena itu, kita harus lebih cermat.

 

Apa saja yang harus kita perhatikan saat beli rumah orang? Simak tips berikut ini:

 

1. Penampilan bisa menipu

Biarpun rumah orang yang akan kita beli tampak keren dengan cat baru mengkilap, bukan berarti kondisi keseluruhannya bagus. Sebaiknya ajak orang yang mengerti bangunan saat menyurvei rumah itu. Jika tak ada kenalan arsitek atau ahli properti, ajak kenalan yang sudah berpengalaman beli rumah dari orang.

 

2. Cek fisik

Pastikan usia efektif rumah tersebut. Tanyakan apa pernah direnovasi menyeluruh, bukan renovasi eksterior. Jika pernah direnovasi total, artinya usia efektif rumah itu lebih muda dan bangunannya lebih tahan lama.

 

Selain itu, periksa sirkulasi udara yang meliputi ventilasi dan jendela. Pastikan sirkulasi udaranya baik dengan pencahayaan matahari yang memadai. Dengan begitu, rumah lebih sehat dan irit biaya listrik karena tak perlu pakai lampu pas siang hari.

 

3. Periksa air dan listrik

Rumah yang sehat sumber air bersihnya berjarak minimal 10 meter dari septic tank, sehingga lebih aman dari risiko pencemaran. Kalau ada banyak keran di rumah itu, coba nyalakan berbarengan untuk melihat ketersediaan air.

 

Cek pula daya listriknya. Pastikan kebutuhan kita terpenuhi oleh daya itu serta jaringan listrik berfungsi dengan baik dan aman.

 

Kalau meteran listriknya begini, sudah pasti mengkhawatirkan dong?
Kalau meteran listriknya begini, sudah pasti mengkhawatirkan dong?

 

4. Cek surat-surat

Surat yang harus diperiksa antara lain surat jual-beli, izin mendirikan bangunan, dan sertifikat kepemilikan. Akan lebih baik jika pemilik rumah itu punya sertifikat hak milik (SHM), bukan hak guna bangunan (HGB), apalagi girik.

 

Sertifikat HGB masih okekarena tak begitu ribet prosedur pengurusannya menjadi SHM. Tapi kalau girik agak susah. Rumah yang bersertifikat selain SHM rawan disengketakan di kemudian hari. [Baca: Pastikan Surat-Surat Ini Lengkap Saat Membeli Rumah]

 

Selain memastikan keberadaan surat-surat itu, cek keasliannya ke kantor pertanahan negara setempat. Pastikan pula nama pada surat-surat itu sama dengan nama penjual rumah sehingga tak sulit saat melakukan balik nama kepemilikan rumah.

 

5. Pastikan harganya

Penjual rumah biasanya mengiming-imingkan banyak hal untuk mendongkrak harga rumahnya. Misalnya lokasinya strategis, bebas banjir, keamanan terjamin, dan lain-lain. [Baca: Intip Cara Bank Menilai Rumah]

 

Tapi, untuk mendapat kepastian harga rumah orang itu, kita bisa membandingkannya dengan harga rumah di sekitarnya. Kita juga bisa melihat nilai jual obyek pajak (NJOP) surat pajak bumi dan bangunan (PBB) rumah itu untuk melihat masuk akal atau tidak harga yang ditawarkan si penjual.

 

6. Perhitungkan biaya tambahan

Sebelum deal dengan harga rumah orang itu, perkirakan biaya tambahan yang akan kita keluarkan setelah menghuninya. Misalnya biaya renovasi dan balik nama kepemilikan.

 

Jangan sampai setelah menyepakati harga rumah kita malah tekor karena keluar duit banyak untuk renovasi ini-itu, serta menjalani prosedur balik nama. Siapkan dulu dana untuk renovasi rumah jika memang ada yang perlu direnovasi.

 

Dalam hal ini, kita juga perlu memastikan bahwa tagihan air, listrik, telepon serta  PBB sudah lunas dibayar pemilik lama. Kita ga mau kan, nombok membayar tagihan macam-macam karena pemilik rumah sebelumnya nunggak tagihan macam-macam?

Biaya renovasi ada gak? Cek bangunannya dimakan rayap gak, atau atapnya bengkok gak, dan sebagainya
Biaya renovasi ada gak? Cek bangunannya dimakan rayap gak, atau atapnya bengkok gak, dan sebagainya


7. Cek KPR

Coba tanyakan kepada penjualnya  apakah bisa membeli rumah itu lewat kredit pemilikan rumah (KPR). Bank akan mengabulkan permohonan pembelian suatu rumah lewat KPR hanya jika surat-surat rumah itu lengkap. [Baca: Apa Yang Musti Dicermati Saat Mengambil KPR]

 

 

Itulah prosedur beli rumah dari orang yang berguna untuk memastikan tidak akan ada masalah yang terjadi kelak ketika rumah sudah kita beli. Jangan sampai kita luput menjalani prosedur ini karena penyesalan memang biasanya datang belakangan.

 

 

 

Image credit:

  • http://www.instalasilistrikrumah.com/wp-content/uploads/2011/06/kWh-Meter-yang-timbul-percikan-api.jpg
  • http://2.bp.blogspot.com/-2J0afAmIbCA/UZwcScPkzcI/AAAAAAAAAXc/uH7dm8sHyZs/s1600/renovasi_atap_rumah.jpg
MoneySmart
MoneySmart

MoneySmart adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Taiwan