Eksis dari Tahun 80-an, Ini Strategi Bisnis Optik Melawai yang Bisa Kamu Tiru

3 menit
Proses bisnis yang bikin Optik Melawai eksis dari tahun 80-an. (Shutterstock)
Proses bisnis yang bikin Optik Melawai eksis dari tahun 80-an. (Shutterstock)

Tahu dong Optik Melawai? Yap! Brand tersebut adalah salah satu perusahaan optik terbesar di Indonesia. Proses bisnis yang udah digeluti oleh optik satu ini udah dilakukan sejak tahun 1981 lho!

Budi Purnomo Hadisurjo, pendiri optik tersebut bahkan berhasil masuk jajaran orang terkaya di Indonesia. Pasalnya, harta Budi Purnomo diprediksi mencapai US$ 250 juta atau setara Rp 3,6 triliun. Angka tersebut diperoleh dari proses bisnis Optik Melawai, lho!

Proses bisnis Optik Melawai hingga jadi perusahaan optik terbesar di Indonesia ini cukup unik. Tahun 1981, optik tersebut hadir pertama kali di daerah Melawai, Jakarta Selatan, sehingga diberi nama sesuai daerah tersebut. Kini, brand tersebut udah memiliki 300 gerai di banyak lokasi.

Apa sih rahasianya?

Yuk, simak beberapa proses bisnis dan strategi Optik Melawai yang cukup unik berikut ini.

Baca juga: Bukan Cuma Jenius, Kata-Kata Albert Einstein Ini Bisa Jadi Inspirasi Suksesmu

1. Hadir dengan toko berdesain nyaman

Gerai yang nyaman adalah bagian dari proses bisnis Optik Melawai. [TEMPO/ Arnold Simanjuntak]
Gerai yang nyaman adalah bagian dari proses bisnis Optik Melawai. [TEMPO/ Arnold Simanjuntak]
Strategi pertama yang bikin Optik Melawai stand-out dibandingkan optik pada umumnya adalah desain tokonya. Pasalnya di tahun 80-an, kebanyakan optik hadir dengan konsep toko biasa aja. Bahkan, saat itu, toko dengan pendingin ruangan hampir gak ada.

Nah, Optik Melawai melabrak pakem tersebut dengan cara mendesain tokonya semenarik mungkin.

Saat itu, bisa dibilang Melawai jadi optik pelopor yang hadir dengan fasilitas pendingin ruangan alias AC. Gak heran, hingga kini pun Melawai memang tampil lebih eksklusif dibandingkan optik-optik pada umumnya.

Baca juga: Berawal dari Bisnis Kecil-kecilan, 5 Anak Muda Indonesia Ini Jadi Tajir

2. Diversifikasi target market

Dalam melakukan proses bisnis, Optik Melawai melakukan diversifikasi target. (Instagram/@optik_melawai)
Dalam melakukan proses bisnis, Optik Melawai melakukan diversifikasi target market. (Instagram/@optik_melawai)

Bila banyak perusahaan berlomba-lomba melakukan diversifikasi produk maka Melawai bikin strategi yang sedikit berbeda. Sebab, udah jelas Melawai ya memang optik yang memang pastinya menjual kacamata. Paling diversifikasi produk yang bisa dia hadirkan sebatas menghadirkan softlens dan sunglasses.

Nah, strategi untuk membuat optik ini semakin “ramai”, menawarkan banyak pilihan sehingga pelanggan tertarik itulah yang unik.

Meski hadir dengan kesan eksklusif lewat desain toko mereka, Optik Melawai nyatanya hadir buat semua kalangan. Produk-produk mereka bisa dijangkau baik oleh kalangan atas, menengah, hingga kelas bawah.

Terbukti, kamu gak cuma bisa temukan kacamata merek Internasional dengan harga jutaan di sana. Di Optik Melawai, kamu pun bisa menemukan kacamata dengan harga ratusan ribu. Bahkan, secara rutin, perusahaan optik tersebut mengadakan program diskon yang mana harga kacamata mereka ditawarkan di angka Rp 200 ribuan aja.

Gak cuma sampai di situ. Diversifikasi target market atau pasar yang dilakukan oleh Melawai juga makin kekinian. Sebab, penggawa bisnis optik di Indonesia tersebut kini mengincar pasar anak muda.

Pernah dengar atau malah udah sering beli kacamata merek Bridges Eyewear? Merek tersebut adalah perpanjangan tangan dari Melawai lho! Bridges Eyewear, yang didirikan generasi ketiga keluarga Hadisurjo, James Hadisurjo, hadir dengan konsep yang milenial habis.

Baca juga: Mau Pintar dan Sukses Beneran Seperti Bob Sadino? Ikuti 8 Petuahnya Ini

3. Proses bisnis yang bikin makin ahli di bidangnya

Proses bisnis menjadikan Optik Melawai ahli di bidang perkacamataan. (Instagram/@optik_melawai)
Proses bisnis menjadikan Optik Melawai ahli di bidang perkacamataan. (Instagram/@optik_melawai)

Proses bisnis yang dilakukan oleh Optik Melawai benar-benar mengukuhkan perusahaan yang berawal dari Jalan Melawai No. 191 ini sebagai “ahlinya” kacamata.

Diversifikasi produk yang mereka bikin gak tanggung-tanggung. Perusahaan optik tersebut mendirikan anak perusahaan bernama Visculo Optical Supply. Perusahaan tersebut dibangun sebagai grosirnya optik.

Produk utama Visculo sendiri adalah lensa dan frame. Mereka bertindak sebagai distributor lensa ternama Rodenstock.

Dengan cara ini, Optik Melawai pun berhasil semakin menguasai pasar kacamata di Indonesia. Mantap ya strateginya.

4. Mengikuti perkembangan zaman dengan hadirkan layanan pesan online

Proses bisnis Optik Melawai meliputi keseriusan membangun web untuk pemasaran online. (optikmelawai.com)
Proses bisnis Optik Melawai meliputi keseriusan membangun web untuk pemasaran online. (optikmelawai.com)

Optik Melawai gak cuma menghadirkan website sebagai company profile semata. Justru lewat website mereka, beragam produk Melawai bisa dipesan secara online.

Gak mau kalah dengan e-commerce maupun toko online lain, Melawai pun memudahkan pelanggan mereka buat beli kacamata. Terdapat hingga ribuan model di situs web tersebut. Kemudian, pelanggan bisa memasukkan data kesehatan mereka. Selanjutnya, mereka tinggal menunggu kacamata dikirimkan.

Hal ini juga harusnya bisa ditiru oleh usaha lainnya. Melawai yang terbilang cukup tua aja mampu terus mengikuti perkembangan zaman maka kamu harusnya bisa lebih lagi. Bukan gitu?

Proses bisnis dan strategi baik dari sisi produk dan promosi dari Optik Melawai cocok jadi inspirasi kamu yang terjun ke bisnis. Gak heranlah kalau Melawai jadi perusahaan turun-temurun yang gak ada matinya. (Editor: Ruben Setiawan)

Helda
Helda

Tidak normal tapi spesial. Blogger merangkap content writer yang secara ajaib tersesat di bidang keuangan. Semua tulisan di sini tersedia berkat bantuan kopi tanpa gula.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Taiwan