Selain Diplomat, 7 Prospek Kerja Lulusan Hubungan Internasional Ini Bisa Kamu Pilih

4 menit
Prospek kerja Hubungan Internasional
7 prospek kerja Hubungan Internasional (Shutterstock)

Mencari prospek kerja Hubungan Internasional (HI) memang gak segampang seperti lulusan dari jurusan lain seperti Akuntansi, Finansial atau Tata Boga. Gak sedikit lulusan HI memilih pekerjaan di bidang yang mungkin sebelumnya gak terpikirkan. Ada apa aja?

Secara umum studi HI mengajarkan berbagai macam hal mengenai sejarah dan cara menjalin hubungan yang baik antar negara atau biasa disebut dengan diplomasi.

Sebagai tambahannya, jurusan ini juga mempelajari isu dunia keamanan yang lagi terjadi di belahan dunia lainnya serta mempraktikan bagaimana mekanisme sidang Persatuan Bangsa Bangsa berlangsung.

Untuk masalah prospek kerja, stereotip yang muncul di  masyarakat pasti kalau sudah lulus kemungkinan besar akan bekerja di Kementerian Luar Negeri untuk menjadi diplomat.

Nyatanya, gak selalu demikian, karena posisi tersebut sangat terbatas di bandingkan jumlah mahasiswa yang mengambil ilmu Hubungan Internasional.

Kalau udah begini, biasanya para fresh graduate harus mencari alternatif lain bisa tetap mencari uang.

Yuk, kita lihat tujuh prospek kerja Hubungan Internasional yang bisa dipilih selain menjadi diplomat seperti dikutip dari Masters Portal:

1. Jurnalis

Prospek kerja Hubungan Internasional
Jurnalis prospek kerja Hubungan Internasional (Pixabay)

Prospek kerja Hubungan Internasional yang pertama adalah sebagai jurnalis atau wartawan. Kemampuan menulis dan analisis yang terasah selama masa kuliah menjadi modal yang baik buat para lulusannya bisa terjun langsung ke lapangan.

Selain itu, keahlian dalam berkomunikasi juga bisa digunakan untuk mewawancarai  narasumber agar menghasilkan sebuah artikel yang layak dibaca banyak orang.

Meski bersaing dengan lulusan ilmu komunikasi jurusan jurnalistik, bukan berarti kemampuan kamu lebih jelek di bandingkan mereka ya. Jadi patut dicoba!

Baca juga: Siap-Siap! 7 Pekerjaan Bergaji Tinggi Ini Akan Berkurang Drastis

2. Politikus

Prospek kerja Hubungan Internasional
Politikus prospek kerja Hubungan Internasional (Pixabay)

Gaya komunikasi yang baik dan khas membuat profesi sebagai politikus bisa menjadi prospek kerja Hubungan Internasional yang selanjutnya. Ilmu politik yang dipelajari selama bangku kuliah bisa sangat membantu kamu dalam menjalankan pekerjaan.

Dunia politik belakangan ini emang bikin beberapa orang merasa capek mengikuti perkembangannya. Bukan hanya mengikuti arus informasinya, untuk terjun langsung pun mereka sangat menghindarinya.

Padahal, untuk bisa memberikan dampak positif ke orang banyak salah satu caranya bisa dengan menjadi politikus dengan menyuarakan pendapat masyarakat.

Baca juga: Biar Gak Ketipu! Ini 8 Cara Identifikasi Perusahaan Sebelum Melamar Pekerjaan

3. Dosen

Prospek kerja Hubungan Internasional
Dosen prospek kerja Hubungan Internasional (Pixabay)

Dengan segala pengetahuan yang dimiliki lulusan Hubungan Internasional, kamu bisa menggunakannya kembali untuk dibagikan kepada para mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan.

Jadi segala pelajaran yang udah masuk ke otak gak terbuang secara sia-sia karena profesi yang gak sesuai. Betul, kan?

Namun, yang penting diperhatikan adalah menjadi seorang dosen kamu perlu menempuh pendidikan Strata 2 terlebih dahulu. Ini sesuai dengan peraturan yang diinstruksikan oleh pemerintah agar semua dosen paling minimal punya gelar S2.

4. Peneliti

Prospek kerja Hubungan Internasional
Peneliti prospek kerja Hubungan Internasional (Pixabay)

Lagi-lagi kemampuan analisis yang baik bisa membantu kamu dalam mencari prospek kerja Hubungan Internasional, kali ini adalah sebagai peneliti. Pekerjaan yang dimaksud di sini adalah peneliti yang berhubungan  dengan kehidupan sosial.

Kamu bisa bekerja di lembaga survei atau instansi tertentu yang membahas perpolitikan Tanah Air.

5.  Konsultan

Prospek kerja Hubungan Internasional
Konsultan prospek kerja Hubungan Internasional (Pixabay)

Untuk menjadi seorang konsultan kamu membutuhkan tingkat analisis yang dalam guna memberikan solusi atau pemahaman kepada  klien. Sebab jika tidak udah pasti para pelanggan bakal memilih peerusahaan yang lainnya.

Kelebihan lainnya yang bisa kamu manfaatkan adalah kemampuan bahasa Inggris di atas rata-rata dengan jurusan lainnya. Jadi kesempatan kamu buat jadi konsultan internasional semakin terbuka lebar.

6. Penulis

Prospek kerja Hubungan Internasional
Penulis prospek kerja Hubungan Internasional (Pixabay)

Mirip tapi tak sama dengan jurnalis. Prospek pekerjaan yang bisa dipilih Hubungan Internasional ialah sebagai penulis.

Menjadi seorang penulis kamu bisa mengekspresikan segala pemikiran yang ada di hati untuk saling berbagi cerita kepada orang lain.

Enaknya jadi penulis di bandingkan jurnalis adalah topik yang ditulis gak harus ditentukan isu yang sedang ramai diperbincangkan.

Ketika orang ramai-ramai membicarakan politik, kamu bisa menulis tentang kisah sukses seseorang supaya bisa menginspirasi. Atau menceritakan pengalaman diri sendiri yang bisa patut dibagikan kepada netizen.

7.  Pengusaha

Prospek kerja Hubungan Internasional
Pengusaha prospek kerja Hubungan Internasional (Pixabay)

Yang terakhir ada pengusaha, mungkin sedikit terdengar aneh tapi untuk menjadi seorang pengusaha gak ada syarat dari jurusan tertentu.

Kemampuan menulis bisa digunakan untuk menciptakan konten serta branding usaha kamu, sedangkan keahlian analisis bisa dimanfaatkan buat melihat pangsa pasar yang kamu jalanin nantinya.

Itulah tujuh prospek kerja Hubungan Internasional yang bisa kamu coba. Dari ketujuh pilihan tersebut, kira-kira mana nih yang paling sesuai dengan minat kamu?

Atau kamu udah mengincar salah satu posisi tersebut? Kalau iya, terus semangat mencapai cita-citamu! (Editor; Chaerunnisa)

Christantio Utama
Christantio Utama

Milenial yang merintis karier lewat dunia keuangan, karena segalanya butuh uang tapi uang bukanlah segalanya. Penonton setia Digimon dan penggemar olahraga otomotif Formula 1