Ada yang Mencapai Rp 6.000 Triliun, Ini 5 Proyek Konstruksi Termahal Sejagat Raya

3 menit
Ada yang Mencapai Rp 6.000 Triliun, Ini 5 Proyek Konstruksi Termahal Sejagat Raya, (Ilustrasi/Shutterstock).

Proyek konstruksi di Indonesia tengah kencang-kencangnya digalakkan. Mulai dari tol, jembatan, pelabuhan, hingga bandara. Bahkan di jagat raya aja ada lho proyek konstruksi yang menghabiskan dana hingga ribuan triliun rupiah.

Sebut saja proyek Tol Trans Sumatera, proyek jalan tol yang menghubungkan antara Aceh sampai dengan Lampung itu memakan anggaran Rp 476 triliunan. Kemudian ada proyek MRT Jakarta yang menghabiskan kurang lebih Rp 30 triliun.

Tapi, kalau dibandingin sama proyek-proyek di luar negeri besaran tersebut masih belum ada apa-apanya. Berikut ini beberapa proyek konstruksi termahal sepanjang masa di dunia, diurut dari yang termahal.

Baca juga: Ini Dia 10 Mal Termewah di Dunia, Ada Theme Park Sampai Hotel!

1. Interstate Highway System – Rp 6.600 triliunan

proyek konstruksi
Interstate Highway System salah satu konstruksi yang menghabiskan biaya banyak, (Ilustrasi/Shutterstock).

Pasca Perang Dunia ke II, Amerika Serikat berbenah diri, salah satunya dengan melakukan pembangunan insfrastruktur jalan raya. Akhirnya di tahun 1956, Presiden AS saat itu Dwight Eisenhower memprakarsai Interstate Highway System. Tujuannya yang utamanya adalah untuk meningkatkan jalur distribusi barang yang menggunakan truk-truk besar.

Selain itu, jalur ini juga membantu mempersingkat waktu tempuh antar negara bagian di Amerika Serikat.

Siapa sangka kalau proyek ini menjadi proyek infrastruktur termahal sepanjang sejarah manusia dengan menghabiskan dana US$ 459 miliar atau Rp 6.600 triliun. Jalan ini membentang sepanjang 47.000 mil dan baru rampung dalam waktu 35 tahun.

Baca juga: Motor Termahal Sejagat Seharga Miliaran Rupiah, Termasuk Harley Davidson?

2. International Space Station – Rp 2.100 triliunan

Proyek konstruksi
Habiskan biaya ribuan triliun rupiah ini proyek termahal di jagat raya, (Ilustrasi/Shutterstock).

Tinggal di luar angkasa bukan hal yang gak mungkin lagi. Pada tahun 1994, beberapa negara memprakarsai berdirinya Stasiun Luar Angkasa Internasional.

Di antaranya dari AS, Kanada, Jepang, Prancis, Jerman, Rusia, dan masih banyak lagi. Hingga akhirnya pada tahun 1998, ISS berhasil mengudara di orbit bumi. Proyek konstruksi luar angkasa ini memakan dana yang fantastis, sekitar US$ 150 miliar atau Rp 2.100 triliunan.

Dengan berdirinya stasiun luar angkasa ini, jadi tonggak kemajuan ilmu pengetahuan dunia khususnya ilmu astronomi.

Baca juga: CR7 Dikabarkan Bayar Rp 268 demi Bugatti La Voiture Noir Mobil Termahal di Dunia

3. Kashagan Fields – Rp 1.600 triliunan

proyek konstruksi
Kashagan Fields salah satu yang termahal di jagat raya, (Ilustrasi/Shutterstock).

Kashagan Fields merupakan tambang minyak terbesar di dunia. Berlokasi di Khazakstan, tambang ini mampu memproduksi 90 ribu barel minyak per harinya.

Perusahaan-perusahaan top dunia bahkan sudah banyak yang mangkal di sana, sebut saja seperti Exxon, Shell, hingga Total. Biaya pembangunan infrastruktur tambang ini mencapai US$ 116 miliar atau Rp 1.600 triliunan.

Uang sebesar itu mungkin akan terbayarkan dengan jumlah minyak yang dihasilkan. Bahkan dikutip dari laman offshore-technology, produksi minyaknya pada tahun 2021 mencapai 1,5 juta barel per hari.

4. King Abdullah Economic City – Rp 1.300 triliunan

proyek konstruksi
Proyek di Arab Saudi ini merupakan salah satu yang termahal di jagat raya, (watg.com).

Arab Saudi bakal memiliki kota modern baru yang bernama King Abdullah Economic City. Pembangunannya diprakarsai oleh Raja Abdullah yang diperkirakan bakal rampung pada tahun 2020.

Nantinya di area ini bakal berdiri hotel berbintang lima, gedung-gedung perkantoran mewah, serta pusat bisnis prestisius lainnya. Arab Saudi menggelontorkan dana yang gak murah buat mewujudkan proyek konstruksi ini, yaitu sekitar US$ 95 miliar atau Rp 1.300 triliunan.

5. Dubailand – Rp 1.000 triliunan

proyek konstruksi
Dubailand salah satu proyek yang menghabiskan uang hingga ribuan triliun rupiah, (cityscapeonline.com).

Inilah yang digadang-gadang sebagai area permainan yang paling ambisius di dunia. Dufan, Universal Studio, bahkan Disneyland bakalan lewat deh dengan taman bermain yang satu ini. Diperkirakan bakal dibuka pada tahun 2020, proyek ini mengerahkan dana besar sampai US$ 76 miliar atau Rp 1.000 triliunan.

Itulah lima proyek konstruksi yang berharga fantastis. Demi pembangunan, memang gak ada yang murah. Kalau kamu mau mendirikan insfrastruktur yang fantastis, ya harus siap keluar modal yang besar. (Editor: Mahardian Prawira Bhisma)

Okky Budi
Okky Budi

Penggemar Tsubasa yang jadi sarjana sosial. Kini secara sengaja masuk ke dunia finansial. Semoga bisa memberikan tulisan yang bermanfaat buat pembaca.