Dari Sawit Hingga Penerbangan, Ini Deretan Bisnis Milik Gudang Garam

3 menit
PT Surya Air salah satu anak usaha PT Gudang Garam (Suryaair.co.id)

Bukan rahasia lagi, PT Gudang Garam Tbk yang didirikan keluarga Wonowidjojo merupakan salah satu perusahaan konglomerasi besar di Indonesia.

Susilo Wonowidjojo pun sempat menduduki posisi kedua orang terkaya di Indonesia tahun 2018. Namun, saat ini namanya hilang dari daftar orang terkaya versi Forbes.

Berawal dari produsen rokok, Gudang Garam yang didirikan Surya Wonowidjojo berubah jadi sebuah perusahaan induk dengan banyak anak usaha.

Penasaran sama perusahaan-perusahaan yang ternyata berdiri di bawah naungan PT Gudang Garam Tbk? Yuk, cari tahu lebih lanjut di sini:

1. PT Surya Air

PT Gudang Garam
PT Surya Air salah satu anak usaha PT Gudang Garam (Suryaair.co.id)

Jangan kaget, ini adalah salah satu perusahaan penerbangan milik PT Gudang Garam Tbk. Perusahaan yang didirikan tahun 2010 silam ini siap memberikan layanan penyewaan helikopter.

Mau city tour pakai heli, tinggal hubungi mereka saja. Dijamin semua armada udara milik Surya Air adalah helikopter-helikopter canggih.

Mereka pun tengah berjuang untuk menjadi salah satu perusahaan penerbangan ternama di Indonesia.

Baca juga: Dulu Usaha Rumahan Kini Laba Triliunan, Ini Cerita Gudang Garam

2. PT Dhanista Surya Nusantara

Nah, kalau yang ini adalah anak usaha PT Gudang Garam Tbk di bidang perkebunan. Mereka pun menguasai kebun sawit.

Tepat pada 2016, PT Sampoerna Agro Tbk (SGRO) menjual saham anak perusahaannya PT Pertiwi Lenggara Agromas di harga Rp 447,2 miliar. Pembelinya adalah, PT Dhanista Surya Nusantara.

Sayangnya, gak ada situs atau informasi lebih lanjut mengenai PT Dhanista Surya Nusantara alias DSN ini.

Menurut informasi di LinkedIn, perusahaan ini beroperasi di lahan yang luasnya kurang lebih 100 ribu hektare. Mereka juga punya 11 ribu karyawan.

Baca juga: Pengusaha Properti Termuda Se-Asia Tenggara Nikahi Putri Aa Gym, Ini Sosoknya

3. PT Surya Nusantara Sawitindo

Sesuai namanya, perusahaan ini juga bergerak dibidang perkebunan. Mereka pun menguasai saham PT Pertiwi Lenggara Agromas yang dijual oleh SGRO.

Sayangnya, informasi soal PT SNS ini juga sangat minim. Mereka bahkan gak punya akun LinkedIn.

4. PT Graha Surya Media

PT Gudang Garam
PT Surya Graha Media salah satu anak usaha PT Gudang Garam (Facebook)

Kalau yang ini adalah perusahaan di bidang hiburan yang berbasis di Kediri. Perusahaan ini memang seringkali menggelar event-event musik.

Berhubung nama perusahaannya ada kata “Media,” jangan sampai ketukar dengan media Jawa Timur yang bernama Surya. Media itu masih berada di bawah naungan Kompas Group.

Di bawah perusahaan ini, ada pula PT Surya Wisata yang bergerak di bidang tour dan travel.

5. PT Surya Pamenang

Surya Pamenang adalah anak usaha PT Gudang Garam yang bergerak di bidang industri kertas. Wah udah kayak Sinarmas saja ya, bisnisnya di mana-mana.

Mereka mengoperasikan lahan seluas 40 hektare di pinggiran Kediri, Jawa Timur. Jumlah pegawainya pun kurang lebih 1.000 orang.

Produk-produk yang dihasilkan perusahaan ini juga gak cuma dijual di dalam negeri. Melainkan juga diekspor ke luar negeri.

6. PT Surya Madistrindo

PT Gudang Garam
PT Surya Madistrindo salah satu anak usaha lainnya PT Gudang Garam

Perusahaan yang didirikan tahun 2002 silam ini adalah perusahaan distribusi rokok. Perusahaan ini pulalah yang mengatur strategi pemasaran dari produsen rokok raksasa ini.

Kalau penasaran sama kantornya, kamu bisa lihat langsung di Jl. Jendral Ahmad Yani, Jakarta Pusat. Di sana ada gedung tinggi berwarna hijau dengan logo Gudang Garam.

PT Surya Madistrindo juga memiliki banyak anak usaha yang tentunya bergerak di bidang distribusi juga. Dan perusahaan-perusahaan itu tersebar di seluruh wilayah Indonesia lho.

Itulah deretan anak-anak usaha milik PT Gudang Garam Tbk yang mungkin belum kamu ketahui.

Gak heran ya kalau yang punya perusahaan ini kaya raya, wong bisnisnya saja menggurita di mana-mana. (Editor: Chaerunnisa)

 

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Tentang Kami

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Philippines Taiwan