Sandiaga Bakal Dapat Rp 64,4 M dari Dividen Saratoga, Kamu Juga Bisa Kecipratan Lho!

3 menit
pt saratoga
Sandiaga Uno. (Instagram/@sandiuno)

Wah, PT Saratoga Investama Sedaya Tbk yang didirikan Sandiaga Uno dan Edwin Soeryadjaya bakal bagi dividen lho. Kabarnya ada peningkatan jumlah dividen sebesar 48,6 persen!

Berdasarkan keputusan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST), disepakati pembagian dividen sebesar Rp 298,4 miliar. Jumlah tersebut mewakili hasil dividen 2,9 persen atau Rp 110 per lembar saham. Demikian pernyataan resmi dari PT Saratoga Investama Sedaya Tbk, dalam siaran pers yang diterima MoneySmart.

Tentu saja, pendapatan dividen 2018 ini gak luput dari kinerja perusahaan-perusahaan yang masuk dalam portofolio mereka. Sebut saja seperti PT Adaro Energy Tbk, milik Boy Thohir, PT Tower Bersama Infrastructure Tbk, dan PT Provident Agro Tbk.

Ada beberapa hal yang menarik diketahui soal pembagian dividen PT Saratoga ini, yang antara lain adalah:

Baca juga: Berawal dari Wagub DKI, Ini Kisah Sandiaga Uno dan Ambisi Duduk di Kursi Wapres

1. Kamu juga bisa kecipratan

pt saratoga
Kamu juga bisa kecipratan. (Pixabay)

Lho, gimana caranya bisa kecipratan duit dari PT Saratoga Investama Sedaya Tbk? Emangnya kenal sama bos-bosnya?

Tanpa kenal pun bisa, tentunya dengan cara membeli saham Saratoga yang kodenya adalah SRTG di bursa. Tentunya, pembelian itu bisa dilakukan paling lambat adalah saat tanggal Cum Dividen.

Nah tanggal berapa Cum Dividen SRTG ini? Perusahaan itu belum menginformasikan soal hal ini. Tunggu saja informasi selanjutnya.

Baca juga: Cuma Rp 600 Ribuan, Ini Jam Tangan Termurah Milik Sandiaga Uno

2. Ada rencana buyback saham di Juni 2019

pt saratoga
Bakal buyback saham SRTG. (Instagram/@sandiuno)

Menurut informasi di situs PT Saratoga, ada rencana soal buyback saham karena harga saham SRTG dinilai terlalu rendah. Apalagi setelah adanya demonstrasi 22 Mei 2019, harganya jadi Rp 3.780.

Kabarnya, mereka pun menyiapkan dana sebesar Rp 110 miliar untuk membeli 20 juta lembar saham perusahaan ini.

Kalau memang jadi dibeli, tentunya bakal ada capital gain yang signifikan. Seandainya kamu beli hari ini, mungkin saja akan ada peluang naik jika akhirnya perusahaan ini jadi melakukan buyback.

Baca juga: Kuasai Banyak Media, Ini Lho Perusahaan-Perusahaan yang Dibeli Erick Thohir

3. Mau di bawa ke mana bisnis PT Saratoga tahun ini?

pt saratoga
Bakal berinvestasi di lebih banyak perusahaan. (Wikimedia Commons)

Direktur Keuangan PT Saratoga Investama Sedaya Tbk, Lany D Wong, menyebutkan bahwa ada beberapa sektor yang gak menutup kemungkinan bakal masuk dalam portofolio investasi Saratoga di masa depan.

Pertama adalah perusahaan yang kurva pertumbuhannya selaras dengan pertumbuhan ekonomi seperti consumer goods, infrastruktur, teknologi, dan lainnya.

Makin luas saja ya investasinya, ya semoga tahun ini bisa makin sukses.

Terkait investasi, perusahaan ini juga telah menunjuk seorang Direktur Investasi baru. Dia adalah Devin Wirawan.

4. Sandiaga Uno berpotensi dapat Rp 64,4 miliar

pt saratoga
Sandiaga Uno bakal dapat puluhan miliar Rupiah. (Instagram/@sandiuno)

Kira-kira sebagai pendiri sekaligus pemegang saham di PT Saratoga, bang Sandi dapat berapa ya ketika dividen ini ditebar?

Menurut informasi di RTI, per April 2019, kepemilikan Sandiaga Salahudin Uno di perusahaan ini adalah 21,51 persen alias 585,56 juta lembar saham. So, jika dividennya sendiri senilai Rp 110 perak per lembar, maka 585.560.000 x Rp 110 = Rp 64,4 miliar!

Wow, lumayan gede dong ya. Kamu pun juga bisa dapat kalau memegang saham ini. Tapi besar kecilnya dividen yang kamu dapat tentu berkaitan dengan jumlah saham yang kamu miliki.

Itulah sekilas tentang pembagian dividen PT Saratoga Investama Tbk yang harus kamu ketahui. Jika memang berniat membeli sahamnya, pastikan kamu pahami juga bisnis dari perusahaan yang bersangkutan. Jangan asal beli ya. (Editor: Ruben Setiawan)

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Tentang Kami

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Philippines Taiwan