Bisa Kaya Raya dan Punya Motor Baru! Ini 5 Keuntungan Gak Jajan Kopi Sebulan

4 menit
Ilustrasi Peminum Kopi (Shutterstock)
Puasa kopi sebulan

Bagi para pencinta kopi, menyeruput secangkir kopi panas di pagi hari dapat memberikan suntikan semangat yang akan membuatmu semakin produktif beraktivitas.

Kandungan kafein yang terdapat di dalam kopi juga dipercaya dapat menghilangkan rasa kantuk di pagi hari. Jadi, gak ada tuh istilahnya gak konsen kerja karena ngantuk.

Ngomong-ngomong soal kopi, kini coffee shop sudah sangat mudah ditemukan di mana saja. Menu yang ditawarkan pun beragam, mulai dari kopi hitam, kopi susu, hingga menu andalan seperti latte dan cappuccino.

Dengan kisaran harga antara Rp 18 ribu hingga Rp 50 ribu per gelasnya, kedai kopi selalu ramai dikunjungi orang hingga memesan lewat ojek online. Padahal, kalau dipikir-pikir, bisa buat kopi sendiri di kantor atau di rumah.

Gak heran banyak orang yang kini melirik bisnis satu ini karena dianggap sangat menguntungkan.

Bahkan, para selebriti keranjingan membuka bisnis kopi, seperti yang dilakukan dua aktor tampan Chicco Jerikho dan Rio Dewanto lewat kedai kopi Filosofi Kopi di kawasan Melawai, Jakarta Selatan.

Lalu, apa jadinya kalau kamu puasa minum kopi selama satu bulan? Maksudnya di sini, gak beli kopi di coffee shop dulu.

Kamu bisa membuatnya sendiri di kantor atau membawa dari rumah. Toh, sama aja kan, intinya kebutuhan minum kopimu tetap terpenuhi.

Dengan puasa gak beli kopi di kedai kopi, kamu bisa sangat menghemat pengeluaran. Seperti yang sudah disebutkan di atas, kisaran harga kopi Rp 18 ribu hingga Rp 50 ribu per cup

Estimasi

Coba kita hitung-hitung ya: Kopi kekinian Rp 18 ribu per cupBiaya ongkos kirim Rp 7 ribu. Untuk delivery fee menggunakan jasa ojek online ditentukan dengan jarak. Jadi, semakin dekat, maka semakin murah biayanya. Kalau ditotal Rp 25 ribu untuk sekali minum kopi.

Berarti, kamu harus merogoh kocek Rp 25 ribu x 30 hari yaitu Rp 750 ribu. Gak berasa memang, karena nominal yang dikeluarkan terbilang kecil, tapi jika ditotal selama sebulan ternyata lumayan banget uang yang harus kamu keluarkan untuk jajan minuman ini di luar.

Padahal jika kamu bisa memanfaatkannya dengan bijak, uang Rp 750 ribu itu bisa berlipat ganda hingga jutaan rupiah.  Kamu juga bisa bersenang-senang me-refresh otak, bahkan menyenangkan orangtua juga.

Gak percaya? Ini lima keuntungan yang bisa kamu lakukan dengan puasa kopi selama sebulan seperti dirangkum MoneySmart:

1. Jalan-jalan

Jalan-jalan (Shutterstock).

Setelah penat dengan aktivitas sehari-hari, liburan menjadi salah satu solusi tepat untuk menyegarkan kembali pikiranmu.

Dengan setop membeli kopi di luar selama sebulan, kamu udah bisa jalan-jalan. Gak perlu muluk-muluk ke Jogja atau Bali, kamu bisa pergi ke Taman Impian Jaya Ancol atau ke daerah Bogor maupun Puncak.

Uang Rp 750 ribu sudah sangat cukup untuk beli bensin, bayar tol, masuk tempat wisata, hingga makan, dan jajan camilan.

Jadi, buat kamu yang butuh liburan di akhir bulan depan. Yuk, mulai mengalihkan uang Rp 25 ribu buat beli minuman ini ke celengan. Kamu bisa menggantinya dengan membuat sendiri di kantor.

Baca juga: Modal Cuma Rp 10 Juta! Sarjana IT Ini Jualan Kopi Beromzet Rp 1 Miliar 

2. Belanja

Belanja
Belanja

Siapa sih yang gak suka belanja! Bukan hanya dominasi wanita, kini para pria juga sudah doyan belanja.

Gak perlu takut bikin rekening kebobolan, kamu bisa menjatah uang belanja kamu dengan puasa beli kopi selama sebulan.

Dengan uang Rp 750 ribu, kamu sudah bisa membawa pulang baju dan celana baru. Bahkan, bisa punya warna lipstik baru juga. Asyik banget kan, uang di rekening jadi awet deh!

Baca juga: Tak Kie: Kedai Kecil yang Melegenda di Tengah Menjamurnya Bisnis Kopi Kekinian 

3. Traktir keluarga makan di restoran

Makan bersama keluarga
Makan bersama keluarga

Sesekali gak ada salahnya membahagiakan keluarga, terutama kedua orangtuamu dengan mengajak mereka makan di restoran. Jadi, jangan pacar aja yang ditraktir, keluarga juga harus tuh!

Kamu bisa mengajak keluargamu makan di restoran keluarga. Bujet yang dihabiskan juga gak sampai Rp 750 ribu. Asalkan, pilih menu makanan yang tepat.

Jadi, dengan setop jajan minuman satu ini selama sebulan, kamu sudah bisa menyenangkan keluargamu. Sederhana banget, kan?

4. Mencicil motor

Punya motor
Punya motor

Jajan kopi di luar memang menyenangkan. Siapa sih yang  gak mau minum minuman enak. Tapi kalau setiap hari, uang yang dikeluarkan tanpa sadar bisa buat kamu mencicil kendaraan sepeda motor, lho!

Kini udah banyak tuh cicilan motor yang dimulai dengan nominal ratusan ribu rupiah. Dengan setop membeli minuman satu ini, tanpa sadar kamu udah punya motor baru yang tentu lebih bermanfaat dan bisa digunakan untuk beraktivitas.

Gak cuma itu, kalau sewaktu-waktu butuh uang, kamu bisa menjual sepeda motormu kan? Kalau beli kopi setiap hari, uangnya ke mana?

5. Investasi

Investasi saham
Investasi saham

Keuntungan lainnya dengan puasa jajan kopi di luar selama sebulan adalah, kamu bisa meraup uang lewat investasi.

Dengan uang Rp 750 ribu, kamu bahkan bisa memilih beragam instrumen investasi. Jadi, istilahnya itu diversifikasi.

Kamu bisa investasi di reksadana, tabungan emas, hingga saham. Dengan modal Rp 750 ribu, kamu bisa menghasilkan uang jutaan hingga puluhan juta rupiah. Menyenangkan banget bukan?

Itulah lima keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan puasa beli kopi selama satu bulan. Jadi, mana nih yang kamu pilih, beli kopi di luar tapi uang entah ke mana atau membuat kopi sendiri dan bisa melakukan beragam hal menyenangkan? (Editor: Chaerunnisa)

Dewi Puri
Dewi Puri

Pecinta makeup yang terjun ke dunia financial. Jika biasanya berkutat dengan lipstik dan bedak, kini harus terbiasa dengan logam mulia maupun reksadana. Intinya tetap sama, menghasilkan suatu karya yang cantik.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Tentang Kami

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Philippines Taiwan