5 Pengeluaran yang Gak Terduga dan Bikin Pusing Saat Mudik Lebaran!

4 menit
Pulang kampung
5 Pengeluaran yang Gak Terduga dan Bikin Pusing Saat Mudik Lebaran!, (Ilustrasi/Pixabay).

Ya, pulang kampung emang udah jadi tradisi bagi semua orang buat berkumpul bersama sanak keluarga di hari raya Idul Fitri. Pengeluaran gak terduga pasti bakal ada aja nih ketika kamu pulang kampung alias mudik. Oleh karena itu, wajib sekali hukumnya buat kamu selalu siap sedia kapan aja terutama soal uang.

Tapi percaya gak percaya, acara itu bisa berujung mengecewakan ketika kita mengalami beberapa hal di bawah ini. Mengapa demikian? Karena bukan cuma biaya ekstra yang kamu keluarkan melainkan acara senang-senang bersama keluarga juga terancam batal.

Mau tahu apa aja sih pengeluaran yang gak terduga saat mudik? Yuk simak ulasannya di bawah sini.

Baca juga: 4 Tips Menyiapkan Dana Darurat karena Kamu Gak Tahu Apa yang Akan Terjadi Esok

1. Mengalami musibah atau kecelakaan dalam perjalanan pulang kampung

Pulang kampung
Mengalami musibah atau kecelakaan dalam perjalanan pulang kampung, (Ilustrasi/Pixabay).

Gak ada yang mau mengalami hal ini ketika pulang kampung. Itulah sebabnya mengapa kita selalu berdoa demi keselamatan kita di jalan raya.

Musibah seperti kecelakaan bisa menimpa siapa saja yang tengah berada di jalan darat, udara, maupun laut. Dan bukan cuma risiko kesehatan yang bakal membebani kita, seandainya kita mengalami hal ini. Mau gak mau soal finansial juga bakal terusik nih

Itu sebabnya, mengapa perusahaan asuransi mengeluarkan produk-produk asuransi mudik. Buat urusan yang satu ini, ada kalanya kamu pertimbangkan buat membeli produk ini juga demi keselamatanmu nanti.

Badan yang letih dan mengantuk sering jadi penyebab utama kecelakaan saat mudik. Apalagi dalam kondisi puasa. Gak salah dong buat menepi sejenak demi keselamatan diri dan keluarga? Daripada memaksakan buat nyetir berjam-jam dan ngantuk.

Baca juga: Mau Mudik Lebaran? Aplikasi Ini Bantu Perjalanan Kamu Saat Pulang Kampung

2. Kendaraan mengalami kerusakan dan mesti ke bengkel

Pulang kampung
Kendaraan mengalami kerusakan dan mesti ke bengkel, (Ilustrasi/Pixabay).

Risiko ini tentunya menghantui para pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi. Mungkin sebagian dari kita cuma bisa positive thinking saja seputar urusan mesin kendaraan dan sparepart-sparepartnya.

Tapi yang namanya di jalan, tentu saja kita gak akan tahu apa yang terjadi. Bisa jadi malah ada kerusakan yang sifatnya gak terduga juga. Buat yang mobilnya sudah berusia di atas empat tahun, potensi ini bisa saja terjadi lho.

Oleh karena itu, cara antisipasinya adalah mau gak mau kamu harus melakukan servis rutin sebelum mudik. Cek semua komponen hingga kaki-kaki, ganti oli bila memang sudah waktunya.

Baca juga: Pulang Kampung Pakai Mobil Pribadi? Ini Biaya yang Mesti Disiapkan

3. Traktir keluarga di kampung yang gak diduga

pulang kampung
Traktir keluarga di kampung yang gak diduga, (Ilustrasi/Pixabay).

Yang namanya pulang kampung sudah pasti ketemu sama saudara-saudara yang sudah lama gak dikunjungi. Masa iya cuma mau beramah tamah aja di rumah keluarga yang ada di kampung halaman? Paling gak mengeluarkan uang buat berkumpul seperti jalan-jalan dan makan di tempat enak udah pasti bakal ada nih.

Tentunya, kita wajib waspada akan pengeluaran jajan yang gak terduga seperti ini. Ada baiknya, kamu buat saja anggaran pengeluaran sebelum sampai di kampung halaman.

Intinya, bukannya gak boleh rekreasi atau nongkrong. Tapi cobalah buat mengontrol pengeluaranmu juga, jangan sampai pas pulang ke Jakarta malah bokek dan tongpes banget!

4. Dikerubungi krucil buat bagi-bagi THR

pulang kampung
Bagi-bagi THR ke sanak saudara saat di kampung halaman, (Ilustrasi/Pixabay).

Wajar sekali kalau tetiba kita diserbu oleh ponakan-ponakan buat dimintain THR saat pulang kampung. Dan aneh rasanya kalau om dan tante yang ini kok gak ngasih, nanti malah dibilang pelit.

Buat yang satu ini, jangan lupa dianggarkan juga ya sebelum mudik. Gak apa-apalah itung-itung membahagiakan mereka juga.

Itulah sebabnya mengapa sangat disarankan bagi kita untuk hemat soal THR. Kalau belum mudik saja THR udah habis dipakai belanja, ya apa kabar pengeluaran di kampung nanti.

5. Terbaring sakit saat tiba di kampung halaman

pulang kampung
Terbaring sakit saat tiba di kampung halaman, (Ilustrasi/Pixabay).

Nah, ini juga gak enak banget, niatnya mau salat Ied dan lebaran bareng sama keluarga di kampung, eh malah terbaring di kamar dengan kepala pusing, mata kunang-kunang sampai demam.

Jaga kesehatan sebelum pulang kampung itu wajib. Karena bukan apa-apa, sakit itu juga bakal keluar duit bukan? Di samping itu, kamu juga kehilangan momen berharga bareng keluarga di kampung

Itulah lima hal-hal yang gak bakal terduga dan bisa bikin pengeluaran meroket tajam alias banyak pengeluaran saat pulang kampung. Intinya, selalu siap buat menghadapi ini dan bikin anggaran yang jelas. (Editor: Mahardian Prawira Bhisma)

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.