Punya Atasan Kerja Lebih Muda, Begini Cara Berperilaku Supaya Gak Canggung

3 menit
Meski berusia jauh di bawah kamu, seorang atasan tetaplah atasan.

Ketika berada di dunia kerja, tentu kamu tidak bisa memilih siapa yang akan menjadi atasan. Kamu juga tidak tahu berapa usianya, seberapa jauh pengalamannya, dan dari latar belakang apa dia.

Biasanya, kamu hanya fokus dengan bagian pekerjaanmu saja, seperti deskripsi pekerjaan dan juga gaji. Tetapi untuk mengetahui latar belakang atasan, biasanya kamu baru bisa mengetahuinya saat sudah bekerja disana.

Lalu bagaimana jika usia atasan kamu lebih muda darimu? Kamu gak perlu risih atau sungkan sebetulnya. Kamu harus tetap berfikir positif dan tetap enjoy bekerja disana.

Sebetulnya banyak pelajaran yang bisa diambil dari atasan mu itu lho. Begini caranya biar tetap bisa eksis meski memiliki atasan yang lebih muda.

1. Tetap posisikan sebagai atasan

Meski berusia jauh di bawah kamu, seorang atasan tetaplah atasan (Shutterstock).

Meski berusia jauh di bawah kamu, seorang atasan tetaplah atasan. Dia bos yang memberikan kamu kesempatan dan gaji bekerja di perusahaan tersebut. Kamu harus tetap bersikap profesional saat bekerja.

Juga kamu harus menjaga sikap agar tetap terlihat sebagai pegawai yang benar-benar bekerja tanpa mempersoalkan usia atasanmu tersebut. Jika ada pegawai yang suka membicarakan atasanmu itu, jangan ikut-ikutan. Bekerjalah dengan baik tanpa harus mencampuri urusan orang lain.

2. Belajar darinya

Hal positif lainnya, kamu bisa melihat kesuksesan atasanmu itu sebagai acuan.

Hal positif lainnya, kamu bisa melihat kesuksesan atasanmu itu sebagai acuan. Jika dia bisa berada di posisinya saat ini, apalagi jika diketahui telah bekerja keras, ada baiknya kamu tiru.

Kamu bisa belajar banyak darinya. Apalagi kalau atasanmu itu adalah tipe yang mau berbaur dengan pegawai mereka, kamu bisa saling bertukar informasi. Jangan sia-siakan kesempatan ini.

3. Jalin komunikasi yang baik

Menjalin komunikasi yang baik (Shutterstock).

Tata cara bergaul dan bersosialisasi dengan atasan yang berusia jauh lebih muda darimu tentu tak sesulit seperti yang dibayangkan. Kamu bisa bergaul dengan mereka dengan cara yang santun dan hormat.

Jangan menganggap usia dia lebih muda, kamu menyapa dengan cara yang salah seperti teman sepergaulan. Karena biar bagaimanapun dia adalah orang yang memiliki kedudukan lebih tinggi dari kamu, jadi tetaplah bersikap santun.

4. Bergerak cepat

Biasanya atasan yang berusia muda selalu bergerak dengan cepat untuk menangkap peluang.

Biasanya atasan yang berusia muda selalu bergerak dengan cepat untuk menangkap peluang. Nah kamu bisa ikuti cara kerja positif ini. Jangan sampai, bos mu sudah bekerja dengan gesit dan ritme yang cepat, kamu malah bergerak lamban. Kalau seperti itu, kamu gak bakalan bisa deh jadi sukses seperti dia.

Usahakan imbangi ritme kerja yang ada. Malah kalau bisa bisa lebih cepat dan tepat. Tanamlah pikiran bekerja cerdas selama kamu ingin membangun karier yang lebih baik.

5. Jangan gengsi menyapa

Jangan sungkan untuk menyapa (Shutterstock).

Kebanyakan orang biasanya gengsi ketika ingin menyapa seseorang, terlebih itu atasan mereka sendiri. Padahal, jika kamu berani menyapa atasanmu jadi nilai tambah lho.

Dia bisa mengenal kamu dan memperhatikan kinerjamu selama bekerja disana. Kalau kamu bekerja dengan baik, tentu akan cepat dipromosikan ke posisi yang lebih tinggi.

Saat memasuki kantor ketika berjumpa dengan atasan atau di luar kantor, jangan lupa untuk menyapanya dengan ramah. Meski usianya terlampau jauh, kamu harus tetap ramah dan mencairkan suasana. Hal itu baik untuk memberikan suasana dan lingkungan kerja yang positif.

Lima hal tadi adalah cara bagaimana kamu tetap bisa berinteraksi dengan nyaman dengan atasan, meski dia berusia jauh lebih muda.

Intinya, siapapun atasan di tempat bekerja, berapapun usianya, apa latar belakangnya, kamu tetap harus bekerja sebaik mungkin. Kerja keras dan cerdas menjadi kunci kamu bisa mendapatkan kesuksesan sedini mungkin. (Editor: Winda Destiana Putri).

 

Winda Destiana
Winda Destiana

No place is ever bad as they tell you its going to be