Punya Istana Rp 5 Triliun dan Lukisan Termahal di Dunia, Ini Fakta Kekayaan Putera Mahkota Arab

4 menit
Pangeran Mohammed bin Salman (Wikimedia Commons Photographs by Glenn Fawcett).

Nama Pangeran Mohammed bin Salman Al Saud memang kembali ramai diperbincangkan di media terkait kasus kematian jurnalis Jamal Ahmad Khashoggi. Pangeran Mohammed memang menjadi salah satu figur yang sering dikritisi oleh Khashoggi.

Khashoggi sering menyebut Mohammed gak jauh berbeda dengan Presiden Rusia Vladimir Putin dalam hal menerapkan hukum. Tapi dibalik urusan politik, semua tentu tahu bahwa Pangeran Mohammed bin Salman adalah orang tajir di negaranya.

Seberapa kaya kah beliau dan apa saja aset yang dia miliki? Gimana kalau kita bahas saja di bawah ini.

1. Punya istana seharga Rp 5 triliun

Istana megah Pangeran Mohammed bin Salman (New York Times).

Angka sebesar Rp 5 triliun tentunya menjadi total aset atau kekayaan orang terkaya di dunia. Namun bagi Pangeran Mohammed bin Salman, angka segitu adalah harga rumah yang dia miliki.

Kabarnya pada akhir 2017, sang pangeran membeli rumah di Versailles, Prancis, dengan harga yang luar biasa mahal. Rumah itu berbentuk kastil dan selain mewah, juga dilengkapi dengan teknologi tinggi.

Dan bukan rahasia lagi, rumah itu emang jauh lebih mahal ketimbang rumah orang-orang terkaya di dunia. Sebut saja seperti Bill Gates, Jeff Bezos, Mark Zuckerberg, dan kawan-kawannya.

Bangunan yang dibeli oleh Pangeran Mohammed ternyata sudah ada sejak abad ke 19. Namun karena gak keurus, akhirnya direnovasi ulang.

Di dalam rumah ini juga ada akuarium raksasa, gudang penyimpanan wine, bioskop, kolam renang outdoor dan indoor, serta ruang serbaguna yang bisa disulap jadi tempat dugem. Gokil deh, benar-benar istana orang tajir jaman now!

2. Seorang Putera Mahkota Arab Saudi

Mohammed bin Salman (ABC.net.au)

Melihat dari nama belakangnya, dia adalah putra sulung dari Raja Salman. So, dialah seorang pewaris takhta yang sah bagi Kerajaan Arab Saudi. Pria kelahiran 1985 silam ini bakal jadi raja ketika ayahnya mundur atau mangkat.

Business Insider sempat memberitakan bahwa keluarga Kerajaan Arab menempati posisi ketiga sebagai keluarga kerajaan terkaya di dunia. Total kekayaan Raja Salman sendiri ditaksir mencapai US$ 17 miliar atau setara dengan Rp 258 triliun.

Akan tetapi, total kekayaan dari keluarga kerajaan penghasil minyak ini juga gak pernah diumbar ke publik. Bisa jadi malah lebih dari ini.

Forbes pun memasukkan Pangeran Mohammed bin Salman sebagai salah satu figur terkuat pada 2018, urutan ke delapan.

Bisa dibilang, pengaruh Pangeran Mohammed di kepemimpinan Arab Saudi memang cukup besar. Beberapa reformasi di negara tersebut berasal dari gagasan-gagasannya terutama soal kebijakan anti-korupsinya. Gak heran kalau dia masuk ke jajaran orang terkuat bukan.

Lulusan King Saud University ini ternyata pernah bekerja di beberapa lembaga pemerintahan negaranya. Jabatan menteri yang pernah diemban adalah Menteri Pertahanan, di sanalah dia memimpin operasi militer di Yaman tahun 2015 untuk mengusir milisi Houthi.

3. Punya Yacht mewah nan besar

Yacht senilai Rp 7,5 Triliun yang dimiliki Pangeran Arab (Business Insider).

Selain punya kastil mewah, pangeran ganteng ini juga punya kapal yacht seharga US$ 500 juta atau Rp 7,5 triliun! Ini sih lebih mahal dari rumahnya. Kabarnya, pangeran memang tinggal di kapal mewah itu demi alasan keamanannya.

Kapal itu bernama Serene, dan kabarnya Pangeran Mohammed bin Salman membelinya dari seorang miliarder Rusia. Di dalam kapal tersebut, ada dua helipad, spa, tiga kolam renang, dan fasilitas panjat tebing! Asyik banget.

Kabarnya, yacht mewah itu sudah kayak istana yang mengapung di lautan. Bayangin aja, luasnya lebih besar daripada lapangan sepakbola!

4. Punya lukisan termahal di dunia senilai Rp 6,8 triliun

lukisan termahal di dunia senilai Rp 6,8 triliun (Twitter).

Selain punya kapal yang lebih mahal daripada rumahnya, salah satu lukisan yang dibeli Pangeran Mohammed bin Salman juga demikian. Harganya Rp 450 juta atau US$ 6,8 triliun.

Emangnya lukisan apa sih sampai semahal itu? Usut punya usut, lukisan Yesus Kristus itu adalah karya dari Leonardo da Vinci! Pantesan saja harganya triliunan.

Ini merupakan salah satu lukisan termahal di dunia yang pernah dilelang. Informasi pembelian itu juga sempat simpang siur, lantaran Pangeran Bader bin Abdullah lah yang dikabarkan menjadi pembeli misterius, namun setelah diusut ternyata Pangeran Bader juga adalah orang yang diberi kuasa oleh Pangeran Mohammed.

5. Donasinya juga luar biasa

Pangeran Mohammed bin Salman (Times of Israel).

Bukan cuma harta-hartanya yang luar biasa, donasi Pangeran Mohammed bin Salman juga luar biasa lho. Beberapa di antaranya adalah donasi yang dia berikan kepada Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang berada di bawah PBB untuk menangani wabah kolera di Yaman.

Kabarnya, total dana yang disalurkan ke negara Arab itu mencapai US$ 66,7 juta atau setara dengan Rp 1 triliunan. Gak cuma di negara lain, dia pun sangat peduli dengan kondisi di negaranya sendiri.

Di Provinsi Qassim, pangeran juga telah menggelontorkan dana senilai US$ 4,2 juta atau Rp 63 miliar sebagai bentuk sedekah. Sementara itu, sedekahnya di Riyadh pada 2017 juga mencapai Rp 93 miliar, dan di Mekkah Rp 50 miliar.

Namanya juga orang kaya, gak heran kalau sedekahnya sampai miliaran. Itu mungkin cuma beberapa persen dari total kekayaannya.

Seperti itulah fakta-fakta kekayaan dari Pangeran Mohammed bin Salman. Tentunya, kekayaan seorang anggota keluarga kerajaan di sebuah negara bisa saja mengalahkan orang terkaya di dunia sekalipun.

Sebagai keturunan raja, mereka juga menguasai saham-saham dari perusahaan besar di negaranya. Itulah yang membuat harta mereka gak habis-habis. (Editor: Winda Destiana Putri).

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.