Punya Kartu Kredit Banyak Bisa Bikin Kamu Lebih Hemat. Gak Percaya?

5 menit
punya kartu kredit banyak

Banyak orang yang masih aja suka nyalahin kartu kredit sebagai alat yang menjebak mereka dalam lingkaran utang. Loh, kok malah nyalahin benda mati ya?

Kartu kredit sejatinya tuh dibuat supaya aktifitas belanja jadi lebih praktis karena gak usah bawa-bawa duit segepok. Ketidakmampuan mengatur keuangan dan kurang bijak menggunakan kartu kredit adalah penyebab orang terjerat utang.

Itulah kenapa sebelum menggunakan kartu kredit, ada beberapa hal yang harus kamu ingat:

– Ketahui dulu sebenarnya kamu akan menggunakan kartu kredit untuk apa dan sesering apa. Atur pengeluaran untuk pelunasan tagihan kartu kreditmu.

– Cek juga suku bunga kartu kredit yang berlaku dengan seksama. Jangan main gesek sana sini. Perhitungkan kira-kira transaksi yang dibuat cicilan akan jadi berapa setiap bulannya.

– Kartu kredit punya limit, selalu ingat berapa limit kartu kredit kamu. Jangan sampai over limit lalu kena denda.

– Jangan cuek sama yang namanya biaya dan denda berapapun nominalnya ya

– Memiliki kartu kredit pasti ingin dapetin manfaatnya kan, jadi gak salah kok kalau memilih kartu kredit yang menawarkan promo dan rewards

–  Pilih kartu kredit dengan jaringan luas yang bisa diterima di banyak merchant

– Perhatikan juga layanan penerbit kartu kredit. Sebaiknya pilih yang memiliki layanan call center 24 jam agar bisa membantu jika sewaktu-waktu butuh informasi atau panduan.

– Kamu harus memastikan kartu kredit yang kamu pilih punya sistem keamanan yang baik untuk penggunanya. Misalnya kartu kredit yang menyertakan nama tercetak di kartu sampai ke PIN (personal identification number).  

– Memilih kartu kredit yang dilengkapi dengan asuransi juga penting. Gak ada yang tahu kapan musibah akan datang. Proteksi asuransi kartu kredit akan menjamin pelunasan jika semisal pemegang kartu meninggal atau gak bisa menyelesaikan kewajibannya karena cacat.

Prinsip-prinsip di atas gak sulit untuk diterapkan kok. Sebagai pengguna kartu kredit kamu harus sadar bahwa kartu kredit yang kamu gunakan itu bisa bermanfaat selama tahu caranya.

Demikian juga halnya kalau sudah memiliki beberapa kartu kredit. Justru bisa bantu kamu berhemat juga loh, gak percaya? Ini buktinya:

1. Kulkas Rusak Musti Beli Mendadak, Gak Perlu Ngabisin Gaji Sebulan

Terkadang barang-barang yang sering digunakan untuk keperluan sehari-hari di rumah suka rusak tiba-tiba. Apesnya nih kalau rusak total terus harus beli baru. Kebetulan budget gak ada dan gaji hanya cukup buat sampai akhir bulan.

punya kartu kredit banyak

Manfaatin cicilan 0 persen buat beli kulkas atau tv baru, why not! (Bank Bukopin / bmdstatic) 

Kalau punya kartu kredit gak perlu bingung lagi. Kartu kredit punya fasilitas yang namanya cicilan 0 persen dan kamu bisa nentuin periode cicilannya. Misalnya, kartu kredit Bukopin punya penawaran cicilan 0 persen untuk 12 bulan. Lumayan kan? 

2. Beli Bensin Total Rp 1 juta Sebulan, Dikembaliin Rp 50 ribu

Setiap hari naik kendaraan pribadi untuk mobilitas yang padat, pasti butuh bahan bakar alias bensin dong. Kebayang kan berapa besar pengeluaran setiap bulan hanya untuk bensin.

Pengin menghemat pengeluaran bensin lewat kartu kredit emangnya bisa? Bisa kok.

Gak hanya belanja di mall aja yang bisa dapetin cashback dari kartu kredit loh, bensin juga bisa. Misalnya saja Danamon yang nawarin 5 persen cashback untuk transaksi BBM lengkap dengan tagihan rutinnya. Sisa uang yang tadinya habis untuk bensin jadi bisa dialihkan ke hal-hal lain kan, semisal investasi.

punya kartu kredit banyak

Bisa menghemat bensin lumayan banget kan pastinya (Danamon / Amazonaws)

3. Suka Nonton Bioskop, Beli Satu Tiket, Gratis Satu Lagi

Kadang-kadang lelah dan stres juga ya dengan aktifitas kerja dari Senin sampai Jumat. Butuh me time dong biar fresh dan semangat lagi. Salah satu cara buat manjain diri yang paling seru tuh biasanya nonton ya.

Supaya gak boros dan bisa makin sering nonton bareng temen, kenapa gak dipakai kartu kredit kamu. Apalagi kalau kartu kreditnya punya promo dapet 1 tiket nonton gratis kayak kartu kredit  ANZ MasterCard.

4. Beli Tiket Pesawat Sambil Nyicil Buat Beli Tiket Berikutnya

Punya pekerjaan yang menuntut untuk sering ke luar kota? Mungkin melelahkan sekaligus seru ya, karena kamu jadi tahu banyak tentang beragam budaya yang ada di Indonesia.

Setiap perusahaan punya kebijakan yang berbeda soal biaya perjalanan dinas. Ada yang langsung mengeluarkan dana dan ada yang menggunakan sistem reimburse.

Kalau punya kartu kredit yang bisa kasih benefit cashback hingga 5 persen untuk tiket pesawat dan hotel kenapa gak ya. Contohnya kartu kredit Bukopin Colorful Business Card.

Lumayan banget kan cashback-nya bisa ditabung untuk agenda traveling berikutnya. Kamu gak perlu khawatir dengan asuransi, karena kartu kredit dengan penawaran seperti ini juga dilengkapi dengan asuransi perjalanan gratis.

5. Hobi Banget Belanja Online

Zaman makin canggih dan menuntut segalanya supaya makin praktis ya. Belanja ke toko sepertinya sudah gak terlalu jadi pilihan, apalagi untuk orang-orang di kota besar kayak Jakarta.

Belanja online sekarang makin naik daun karena hemat tenaga, waktu dan juga uang. Online shopping seperti Lazada, BliBli, Agoda, Reebonz, Zalora dan Berry Benka bisa dibilang jadi destinasi belanja online yang populer. Itulah kenapa sekarang kartu kredit jor-joran kasih promo lewat e-commerce tersebut.

punya kartu kredit banyak

 Shopping online bakalan jadi lebih yahut nih! (ANZ / Kontan) 

Semisal kartu kredit ANZ MasterCard Titanium yang punya penawaran spesial untuk setiap transaksi belanja online di destinasi e-commerce di atas. Kamu jadi bisa dapetin barang-barang kebutuhan atau barang yang sedang kamu incar dengan harga yang lebih murah.

Nah, gimana nih? Melihat dari bukti-bukti yang diungkap di atas, sudah bisa menyimpulkan belum, kalau punya kartu kredit banyak ternyata bisa membantu kamu berhemat?

Masih merasa ragu atau gak percaya juga? Coba kalau punya kartu Bukopin, bisa beli kulkas atau tv baru tanpa harus nunggu gajian, bisa dicicil dengan bunga 0% pula. Terus kalau lagi pengen nonton, bisa dapet tiket gratis pakai kartu ANZ.

Tambahan lagi kalau bensin habis dan punya kartu Danamon bisa dapet cashback 5% deh. Beli apa aja jadi lebih hemat kan?

Tapi, ingat ya, sekali lagiiiii…. Penghematan ini hanya akan bisa terjadi kalau kamu memegang teguh prinsip-prinsip bijak memakai kartu kredit ya. Kalau gak mah, ya sama juga bohong!

ANZ CC

 

 

Yang terkait artikel ini:

[Baca: Gak Mau Terjungkal ke Dalam Jurang Utang Kartu Kredit Kan Simak 4 Hal Berikut]

[Baca: 9 Prinsip yang Jadi Pegangan Agar Memilih Kartu Kredit dengan Bijak]

[Baca: Punya Kartu Kredit Lebih dari Satu Harus Diatur Kalau Nggak Mau Amburadul]

MoneySmart
MoneySmart

MoneySmart adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.