Punya Mobil Tak Punya Garasi? Ini Kerugian yang Bakal Kamu Alami

3 menit
Punya Mobil Tak Punya Garasi

Meski terdengar aneh, punya mobil tak punya garasi di rumah adalah hal wajar bagi sebagian masyarakat Jakarta. Makanya, gak heran kalau Jakarta sering dilanda macet. Wong yang gak punya garasi aja bisa punya mobil.

Tapi, tahu gak sih kalau hal itu ternyata bertentangan sama peraturan Pemerintah Provinsi? DKI telah lama punya Perda 5 tahun 2014 Tentang Transportasi. Peraturan itu mengatur masalah kepemilikan garasi buat yang punya kendaraan bermotor. Namun penerapan Perda itu dinilai masih longgar.

Dalam pasal 140 dari Perda tersebut, diungkapkan bahwa selain harus punya garasi, warga Jakarta juga dilarang menyimpan kendaraan pribadinya di pinggir jalan. Terbukti kan sudah banyak sekali warga yang melanggar.

Lalu apa akibatnya kalau melanggar? Ya konsekuensinya, mobilmu bakal diderek sama pihak berwajib. Gak mau kan mengalami hal ini? Apalagi, sekarang peraturan itu mau digalakkan sama Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat.

punya mobil tak punya garasi
Oi oi, jangan parkir di jalanan dong, macet nih (protes/the sun)

Daripada protes duluan, coba ditelaah dulu manfaat dari peraturan ini ya. Pada dasarnya, ini buat kebaikan kamu sendiri kok. Sebab ada beberapa kerugian yang bisa kamu alami sebagai pemilik mobil kalau gak punya garasi. Berikut ini di antaranya:

1. Ada risiko kecurian

Kecurian yang dimaksud bukan hanya kecurian mobil ya, melainkan juga kecurian barang-barang lain di dalamnya. Sebut saja seperti kaca spion atau aksesori yang dipasang dalam mobil.

Maling itu bisa dengan mudah memecahkan kaca mobilmu lho. Cara yang mereka pakai sekarang juga makin canggih. Mulai dari busi kecil, sampai garam juga bisa!

Biaya pergantian kaca mobil yang rusak berkisar antara Rp 300 ribu-Rp 500 ribu. Apalagi kalau ternyata ada barang berharga yang kecurian di dalam mobil ketika kaca dipecahkan. Ruginya bisa dobel deh.

2. Mengganggu lalu lintas

Meski jalanan masih tergolong luas, parkir di luar rumah sama saja dengan mengganggu lalu lintas. Jelas saja, ruas jalanan di depan rumahmu jadi makin sempit.

punya mobil tak punya garasi
Ada kemungkinan besar juga mobilmu bakal diusilin (dijailin/Daily Motion)

Jika memang volume kendaraan yang melintas di depan rumahmu sedang tinggi, maka gak nutup kemungkinan mobilmu jadi penyebab kemacetan.

3. Mobil rentan lecet atau penyok

Risiko parkir di luar rumah ya sudah pasti mobil jadi rentan lecet. Ya jelas aja, wong namanya jalanan ya jadi tempat lalu lalang banyak orang.

Jika lecetnya kecil, kamu masih bisa menghilangkannya dengan olesan kompon (compound) seharga Rp 10 ribuan. Tapi kalau uudah penyok, mau gak mau dibawa ke bengkel body repair untuk diketok dan dicat. Ongkosnya pun bervariasi, mulai dari Rp 300 ribuan untuk satu bagian. Belum lagi mobilnya harus nginep sehari di bengkel. Jadi ganggu mobilitasmu juga kan.

4. Mobil cepat kotor

Selain gampang lecet atau penyok, mobilmu juga cepat kotor. Mengapa demikian? Karena debunya lebih banyak, dan kalau hujan sudah pasti jadi basah.

Paling apes biasanya kalau baru cuci mobil di bengkel, eh setengah jam kemudian hujan turun. Sayang deh bayar Rp 35 ribu buat nyuci terus kotor lagi. Mau gak mau harus cuci mobil lagi deh.

Mobil yang terlalu sering terpapas hujan dan panas terus menerus, efeknya gak baik buat cat mobil lho. Misalnya, mobilmu dipenuhi water spot (bercak-bercak air) dan akibatnya harus masuk salon. Biaya salon mobil juga gak murah, mulai dari Rp 600 ribuan hingga jutaan rupiah.

punya mobil tak punya garasi
Capee deeh.. tiap beberapa bulan sekali harus nyalon (salon mobil/ditec dubai)

Belum lagi, cahaya matahari juga berpotensi membuat cat mobilmu jadi kusam. Bagian-bagian yang terbuat dari karet seperti wiper juga akan mengeras atau malah getas.

So, masih berani parkir di luar rumah? Coba pikir-pikir lagi deh. Risikonya bisa bikin pengeluaranmu bengkak.

Jangan lupa juga untuk mengasuransikan mobilmu. Sayang kan tentunya kalau harus merogoh kantong lebih dalam untuk reparasi body. Asuransi juga bisa mengganti uangmu sebanyak 75 persen jika mobilmu hilang atau mengalami kerusakan parah.

Namun bukan berarti setelah pakai asuransi boleh parkir mobil di luar rumah ya. Kecuali siap dengan konsekuensi hukumnya.

 

 

Yang terkait artikel ini:

[Baca: Jangan Cuma Bisa Pakainya, Ingat Juga 5 Biaya yang Harus Disiapkan Kalau Punya Mobil]

[Baca: Ayo Berubah, 6 Hal Ini Bikin Bujet Perawatan Mobilmu Membengkak Lho]

[Baca: Pengendara Mobil Bisa Makin Untung Kalau Isi BBM dengan 5 Kartu Kredit Ini]

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Tentang Kami

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Philippines Taiwan