Punya Tagihan Rp 1 Miliar, Ini Suka Duka Artis Indonesia Pakai Kartu Kredit

3 menit
Kartu kredit (Ilustrasi).

Terkadang, cerita orang-orang yang menggunakan kartu kredit menarik buat disimak. Hitung-hitung bisa jadi pertimbangan sebelum memutuskan apply kartu kredit atau enggak. Seperti suka duka artis Indonesia yang memakai kartu gesek ini.

Sebenarnya sih bukan hal yang mengejutkan kalau kalangan artis Indonesia punya kartu kredit. Bayaran mereka yang nilainya hingga puluhan juta rupiah sekali tampil udah lebih dari cukup buat memenuhi syarat menggunakan kartu kredit.

Udah gitu pengeluaran mereka juga lebih besar ketimbang besaran pengeluaran orang-orang pada umumnya. Jadi, buat mereka, kartu kredit itu emang perlu dan membantu banget dalam setiap transaksi yang mereka lakukan.

Pengin tahu seperti apa suka duka artis-artis Indonesia selama menggunakan kartu kredit? Simak yuk ceritanya di bawah ini.

1. Nikita Willy ditagih utang Rp 1 miliar

Nikita Willy (Instagram).

Punya utang Rp 1 miliar? Apa gak ngeri punya utang segitu besarnya? Kalau bayarnya cuma andalkan gaji bulanan, ini sih sampai pensiun gak bakal lunas, kecuali posisinya udah setingkat bos yang gajinya Rp 100 juta per bulan.

Faktanya, Nikita Willy pernah punya utang hingga Rp 1 miliar lho. Utang tersebut berasal dari tagihan kartu kreditnya.

Kalau tagihannya aja Rp 1 miliar, itu berarti limit kartu kredit Nikita Willy besar banget dong ya? Usut punya usut ternyata Nikita Willy punya kartu kredit tanpa limit lho alias unlimited.

Seperti yang diungkapnya ke Tribunnews, semua bermula saat Nikita Willy beli jam tangan sebagai hadiah buat kedua orang tuanya. Kemudian ditambah dengan pembelian tas dan cincin. Nikita sempat mengira tagihannya cuma ratusan juga, tapi ternyata miliaran rupiah.

Alih-alih kapok dan berhenti pakai kartu kredit, Nikita Willy mendapat pelajaran berharga. Ia jadi lebih selektif dalam berbelanja dengan kartu kredit.

2. Demi nabung, Pevita Pearce sampai gunting kartu kredit

Pevita Pearce (Instagram).

Pevita Pearce yakin tanpa kartu kredit, dirinya merasa lebih nyaman. Ia berpandangan transaksi dengan kartu kredit bikin hidup gak tentram. Soalnya tiap waktu selalu dibayangi utang.

Makanya dengan alasan hidup nyaman, Pevita rela menggunting kartu kredit miliknya. Apalagi gak punya alat transaksi ini bikin dirinya jadi punya tabungan dan bisa merdeka secara finansial.

Pevita mengaku sejak tidak menggunakan kartu kredit, ia lebih mengandalkan kartu debit buat melakukan segala urusan transaksi. Ia juga menggunakan aplikasi keuangan yang membantunya untuk terus terukur dalam bertransaksi.

3. Gara-gara punya banyak kartu kredit, Aurel di-bully

Aurel Hermansyah (Instagram).

Memiliki kartu kredit justru bikin Aurel Hermansyah mendapat pengalaman yang gak mengenakkan. Alih-alih dapat pujian, anak dari Anang Hermansyah dan Krisdayanti ini malah di-bully warganet gara-gara mengunggah koleksi kartu kredit di akun Instagram miliknya.

Komentar-komentar negatif pun memenuhi kolom komentar akun Instagram Aurel. Ada yang menyebut Aurel lagi pamer karena punya banyak kartu kredit.

Ada juga yang mengatakan kalau Aurel ini orangnya boros banget hingga mempertanyakan gimana caranya membayar tagihannya.

Sebenarnya sah-sah aja sih Aurel punya banyak kartu kredit. Selama ia sanggup bayar tagihannya, kenapa gak? Lagi pula ia menggeluti sejumlah profesi dari penyanyi, disc jockey (DJ), hingga menjadi endorser. Pasti sanggup membayar tagihannya.

Menariknya syarat usia pemegang kartu kredit sebagai kartu utama minimal 21 tahun. Sementara usia Aurel sendiri belum 21 tahun.

Namun, bisa jadi kartu kredit yang dipegangnya adalah kartu tambahan. Soalnya syarat minimal usia tambahan adalah 17 tahun. Atau mungkin aja ia ditawari bank karena profesinya sebagai artis. Pokoknya, asal ia mampu bayar, punya kartu kredit sebanyak apa pun gak jadi masalah.

4. Kartu kredit Ary Kirana overlimit karena beli tas

Ary Kirana (Instagram).

Baru pertama kali menggunakan kartu kredit, Ary Kirana pernah mengalami kejadian gak mengenakkan. Ia pernah pakai kartu kredit sampai melebihi batas alias overlimit. Sebabnya ternyata ia sering beli tas dan bayarnya pakai kartu kredit.

Sejak mengalami kejadian tersebut, ia paham kalau kartu kredit bukanlah uang tambahan atau extra money. Ia pun mengaku kapok karena dirinya takut kalau berutang.

Walaupun begitu, ia gak lantas berhenti pakai kartu kredit. Sebab baginya, kartu kredit itu perlu apalagi ia mengaku jarang sekali gunakan uang cash.

Setelah menyimak cerita artis Indonesia di atas, gimana menurutmu? Masih kepengin punya kartu kredit? Intinya sih kamu harus paham dulu apa itu kartu kredit.

Pakai kartu kredit sama aja kamu berutang dulu sama bank. Baru kemudian membayarnya secara cicilan tiap bulan hingga lunas. Karena ini adalah utang, kamu harus benar-benar bijak menggunakannya. Jangan sampai nantinya kamu tekor gara-gara punya kartu kredit.

Semoga informasi di atas bermanfaat ya! (Editor: Winda Destiana Putri).

Boby
Boby

Lama bergelut dengan ensiklopedia. Kini fokus dengan urusan finansial. Di mana pun berada selalu berusaha sajikan karya yang terbaik. Semoga bermanfaat!