Punya QR Code Asli Sendiri, Indonesia Bakal Cashless?

2 menit
Ilustrasi Pembayaran Pakai QR Code (Shutterstock)
Ilustrasi Pembayaran Pakai QR Code (Shutterstock)

Bank Indonesia (BI) resmi meluncurkan QR Code Indonesia Standard (QRIS) tahap awal untuk Merchant Presented Mode (MPM).

Standsrisasi ini akan mulai diberlakukan pada semester kedua 2019. Kehadiran QRIS memungkinkan pembayaran melalui Kode QR dapat terhubung satu sama lain dengan standar yang ditetapkan BI.

Tidak seperti saat ini yang berbeda-beda dan terpisah satu dengan yang lainnya. Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo mengatakan, standarisasi ini merupakan langkah awal perkembangan transaksi digital di Indonesia.

Langkah ini diharapkan dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi kedepan. “Ini langkah awal transformasi digital di Sistem Pembayaran Indonesia. Dalam rangka membantu percepatan pengembangan ekonomi dan keuangan digital,” ujar Perry di Jakarta.

Selain itu, standarisasi ini juga diharapkan dapat meningkatkan efisiensi dalam sistem pembayaran. Sebab, saat ini perkembangan sistem pembayaran melalui QR Code tengah berkembang pesat di Indonesia.

Kemudian, Perry berharap pelaku industri perbankan maupun teknologi finansial bisa menjalin kolaborasi dengan pemanfaatan teknologi digital setelah adanya standarisasi ini.

Kehadiran standarisasi QR Code juga diperlukan bagi penyedia jasa pembayaran melalui QR Code di Indonesia guna meminimalisir risiko dalam transaksi pembayaran.

Pelaku Jasa Pembayaran QR Code

Sementara itu, saat ini berbagai penyedia jasa pembayaran melalui QR Code terus bermunculan, ditambah dengan perkembangan startup atau perusahaan rintisan berbasis finansial teknologi juga berkembang pesat.

Dimulai dari kemunculan GoPay milik PT Dompet Anak Bangsa, yang merupakan anak usaha dari PT Aplikasi Karya Anak Bangsa atau yang biasa disebut Gojek.

GoPay menjelma menjadi sistem pembayaran digital yang digandrungi masyarakat terutama di kota-kota besar, hal ini seiring dengan promosi yang gencar dilakukan oleh Gojek Indonesia.

Kemudian disusul oleh OVO milik PT Visionet International di bawah Lippo Group yang bekerja sama dengan Grab Indonesia.

Selanjutnya, DANA, milik PT Elang Mahkota Teknologi Tbk atau Emtek Group dan Ant Financial atau Alipay.

Terakhir, hadir meramaikan industri pembayaran QR Code dari Himpunan Bank Milik Negara (Himbara), Pertamina, dan Telkomsel yakni LinkAja sejak 3 Maret 2019.

Editor: Ayyi Achmad Hidayah

 

Pramdia Arhando
Pramdia Arhando

Atlet renang yang gagal, tapi pernah jadi juara. Kini masuk dunia jurnalistik dan finansial. Semua tulisan di sini dari fakta dan kisah nyata.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Tentang Kami

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Philippines Taiwan