Jadi Tren Pembayaran Masa Kini, Ini Kelebihan dan Kelemahan dari QR Code

3 menit
QR Code Payment saat ini menjadi tren dalam berbelanja, (Ilustrasi/Shutterstock).

QR Code Payment atau Quick Response Code Payment kini menjadi metode pembayaran yang kini diandalkan banyak orang. Apalagi belakangan ini penggunaannya makin jadi tren setelah Go-Jek gencar mempromosikan QR Code Payment lewat Go-Pay.

Gak seperti alat pembayaran nontunai yang udah umum semisal uang elektronik, penggunaan QR Code Payment sama sekali gak membutuhkan kartu. Kamu bisa manfaatkan metode pembayaran digital ini melalui smartphone milikmu.

Metode ini bisa dibilang lebih simpel ketimbang alat pembayaran nontunai lainnya. Malahan boleh dikatakan metode ini lebih aman ketimbang kamu menggunakan uang elektronik atau kartu kredit.

Baca juga: 8 Daftar Headphone Termahal di Dunia, Ada yang Setara 23 Tahun Gaji UMR DKI!

Nah, agar kamu jadi lebih tahu tentang QR Code Payment, gak ada salahnya nih simak ulasannya berikut ini.

Apa itu QR Code Payment?

Sebelum mengetahuinya kamu mesti paham soal QR Code Payment ini, (Ilustrasi/Shutterstock).

Quick Response Code Payment atau QR Code Payment adalah metode pembayaran tanpa uang tunai dengan memindai atau scanning kode yang berwujud dimensi.  

QR Code Payment merupakan pengembangan dari QR Code yang ditemukan Denso Wave tahun 1994. Penemuannya tersebut kemudian menjadi populer penggunaannya di Jepang.

Baca juga: Gak Sampai Rp 50 Ribu, Kamu Bisa Bikin Minuman Segar Ini di Rumah

Dalam perkembangannya, QR Code kemudian gak cuma dipakai buat pelacakan kendaraan, tapi digunakan di beberapa hal dari akses berita hingga pembayaran. Kini penggunaanya jadi tren dalam urusan transaksi yang cepat dan mudah.

Walaupun menguntungkan karena cepat dan mudah, kamu perlu tahu nih kelemahan di balik penggunaan QR Code Payment buat transaksi. Apa aja kelebihan dan kelemahan tersebut? Yuk, disimak.

Ini kelebihan-kelebihan pakai QR Code Payment

Kalau kamu mau menggunakan QR Code Payment ini ada kelebihannya lho, (Ilustrasi/Shutterstock).

Tadi udah disebutkan di atas salah satu kelebihan dari metode pembayaran ini adalah penggunaannya yang simpel. Selain itu, ada beberapa kelebihan lain dari QR Code Payment seperti dalam ulasan berikut ini.

1. Lebih mudah digunakan

Harus diakui buat saat ini QR Code Payment adalah metode pembayaran yang penggunaannya lebih mudah. Cukup melakukan scan kode menggunakan smartphone maka transaksi atau pembayaran telah dilakukan.

Beda banget kalau kamu bertransaksi dengan kartu debit atau uang elektronik. Kamu membutuhkan kartu sebagai sarana transaksi.

Baca juga: 5 Trik Aman Belanja Online yang Perlu Diketahui, Jangan Sampai Kena Tipu!

Coba bayangkan deh gimana ribetnya kamu mesti keluarkan kartu dari dompet demi bisa transaksi. Dari sini jelas lebih untung pakai QR Code Payment, bukan?

2. Lebih responsif dibanding tap kartu

Gak cuma mudah, QR Code Payment dalam penggunaannya lebih responsif ketimbang tap kartu uang elektronik atau e-money. Malahan nih sekalipun beberapa bagian kode ada yang rusak, QR Code masih bisa diterjemahkan baik oleh smartphone saat di-scanning.

Beda kalau kamu tap kartu uang elektronik milikmu. Kadang-kadang kamu mengalami kendala pembayaran gak bisa dilakukan karena scanning yang gak baik. Agar berhasil, kamu harus melakukan 2 – 3 kali tap kartu. Kebayang kan gimana repotnya?

3. Cocok buat yang mengejar kemudahan dengan smartphone

Suka mengandalkan smartphone buat mendapat kemudahan? Menggunakan QR Code Payment dijamin cocok banget deh buat kamu yang apa-apa pengin mudah dan cepat, termasuk dalam urusan transaksi.

Prediksinya nih ke depan penggunaan metode pembayaran digital ini bakal kian marak. Karena itu, gak usah ragu-ragu deh menggunakan QR Code Payment. Lagi pula penggunaan metode pembayaran ini udah dapat restu dari Bank Indonesia. Pastinya dijamin aman lah.

Ini yang jadi kelemahan-kelemahan QR Code Payment

QR Code Payment juga memiliki kelemahannya lho kalau kamu belum tahu, (Ilustrasi/Shutterstock).

Selain kelebihan-kelebihan di atas, kamu juga perlu tahu nih kelemahan-kelemahan dari QR Code Payment berikut ini.

1. Kacaunya sinyal jadi kendala transaksi pakai QR Code Payment

Pastikan sinyal operator telepon yang kamu gunakan dalam keadaan baik. Kendala kenapa transaksi pakai QR Code Payment bisa gagal adalah sinyal smartphone yang buruk.

Kalau sampai mengalami hal ini, kamu mau gak mau harus berpindah posisi sampai benar-benar sinyal dalam kondisi yang bagus. Emang sih agak merepotkan. Namun, hal ini gak selalu terjadi kok.

Sebagai solusi, kamu bisa ganti layanan operator smartphone milikmu. Asalkan kamu rela meninggalkan nomor lama milikmu ya.

2. Belum semua merchant terima QR Code Payment

Walaupun menjadi metode pembayaran kekinian yang lagi hit, belum semua merchant menerima QR Code Payment sebagai metode pembayaran. Makanya kamu pastikan dulu merchant-merchant yang terima metode pembayaran ini.

Jadi, udah paham kan sekarang apa itu QR Code Payment serta kelebihan dan kekurangannya? Sekalipun merchant yang menerima layanan ini belum banyak, cepat atau lambat metode pembayaran bakal menjadi metode transaksi yang umum digunakan.

Apalagi dengan adanya tawaran-tawaran promo menarik kalau gunakan metode pembayaran ini, pastinya bakal banyak orang tertarik menggunakannya dan tentu aja bikin pengeluaran jadi hemat. (Editor: Mahardian Prawira).

Boby
Boby

Lama bergelut dengan ensiklopedia. Kini fokus dengan urusan finansial. Di mana pun berada selalu berusaha sajikan karya yang terbaik. Semoga bermanfaat!

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

MoneySmart Singapore MoneySmart Indonesia MoneySmart Hong Kong