Anak Singkong Jadi Miliarder Berharta Rp 56 T, Begini Cara Kaya ala Chairul Tanjung!

3 menit
Chairul tanjung
Rahasia Chairul Tanjung jadi miliarder (Instagram/@anita_chairultanjung)

Chairul Tanjung merupakan pendiri CT Crop yaitu sebuah perusahaan yang membawahi beberapa anak perusahaan seperti Trans Corp, Bank Mega, hotel hingga supermarket.

Chairul Tanjung juga menjadi pemimpin di perusahaan Pariarti Shindutama dan Para Rekan Investama.

Kesuksesannya tak hanya di situ saja, ayah Putri Tanjung ini juga pernah berkecimpung di dunia politik menjadi Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Menteri Kehutanan Indonesia hingga Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Indonesia.

Tapi, jauh sebelumnya, dia juga sempat menjabat sebagai Ketua Umum PBSI dari tahun 2000-2004.

Dengan segudang prestasi yang ditorehnya, pemilik julukan ‘Anak Singkong’ itu berhasil masuk ke dalam jajaran orang terkaya ke-7 di Indonesia dengan kekayaan mencapai US$ 4 miliar yang jika dirupiahkan mencapai Rp 56,59 triliun versi Forbes.

Namun, kekayaan dan gelimangan harta yang dimiliki pria kelahiran Jakarta, 16 Juni 1962 ini tak diperoleh dengan mudah. Penuh perjuangan yang sangat luar biasa sampai bisa merasakan buah dari hasil kerja kerasnya.

Pasalnya, suami dari Anita Tanjung ini harus kerja keras untuk memenuhi kebutuhan pendidikannya, seperti jualan buku kuliah, pakaian hingga membuka jasa foto kopi selama kuliah.

Bahkan, pria 57 tahun ini pernah merasakan tinggal di kamar losmen yang sempit bersama keluarganya.

Kisah sukses Chairul Tanjung menjadi salah satu miliarder di Indonesia tentu saja menginspirasi banyak orang. Beruntungnya, pengusaha keturunan Medan-Sunda ini kerap membagikan tips-tips untuk meraih kesuksesan.

Berikut, beberapa tips dari Chairul Tanjung agar kamu bisa menggapai kesuksesan seperti beliau. Simak yuk di sini:

Harus memiliki motivasi

Chairul tanjung
Rahasia Chairul Tanjung jadi miliarder harus memiliki motivasi (Instagram/@anita_chairultanjung)

Chairul Tanjung menjadi pengusaha sukses karena memang didorong oleh kondisi kekurangannya. Bahkan, keluarganya tak mampu membiayai pendidikannya.

Tak patah semangat, bapak dua orang anak inipun melakukan berbagai macam pekerjaan untuk dapat sekolah hingga kuliah.

Kondisi itu juga membuat Chairul Tanjung termotivasi dapat memberikan kehidupan yang nyaman untuk keluarganya. Tak disangka, dorongan itu yang akhirnya mengantarkan Chairul Tanjung menjadi pemilik salah satu perusahaan besar di Indonesia.

Baca juga: 5 Orang Terkaya di Indonesia Ini Memulai Dari Bawah Hingga Sekarang Jadi Miliarder

Sukses merupakan hak setiap orang, termasuk kamu

Chairul tanjung
Rahasia Chairul Tanjung jadi miliarder ialah harus jadi orang sukses (Instagram/@anita_chairultanjung)

Banyak orang beranggapan kalau orang kaya akan semakin kaya, sementara yang miskin juga semakin miskin.

Mulai sekarang, hilangkan mindset seperti itu. Pasalnya, sukses merupakan hak setiap orang. Dan, Chairul Tanjung sudah membuktikannya.

Dari penjual kaos, kini menjadi pemilik CT Corp yang sudah memiliki berbagai anak perusahaan. Jadi tak perlu jadi anak pengusaha apalagi anak presiden untuk jadi sukses kok!

Fokus dan maksimal melakukan yang saat ini dijalani

Chairul tanjung
Rahasia Chairul Tanjung jadi miliarder fokus pada apa yang dijalani saat ini (Instagram/@anita_chairultanjung)

Pria lulusan Universitas Indonesia ini kerap memberikan pesan kepada para anak muda untuk tidak malas karena melakukan pekerjaan yang tidak sesuai keinginan. Tapi, tetaplah fokus dan maksimal dengan apa yang sedang kamu lakukan.

Mengapa fokus? Karena dengan fokus, maka kamu akan memperoleh hasil yang maksimal. Hal itu juga membuat mereka yang fokus bisa menjadi expert (ahli) dalam bidang tertentu dan menghasilkan terobosan besar.

Kalau kamu tidak fokus, maka pekerjaan jadi gak terarah. Dengan begitu, kamu juga susah mencapai tujuan, apalagi keberhasilan. Setuju?

Itulah beberapa tips dan rahasia yang dibagikan Chairul Tanjung untuk kamu yang ingin meraih kesuksesan. Yuk, mulai terapkan dari sekarang! (Editor: Chaerunnisa)

Dewi Puri
Dewi Puri

Pecinta makeup yang terjun ke dunia financial. Jika biasanya berkutat dengan lipstik dan bedak, kini harus terbiasa dengan logam mulia maupun reksadana. Intinya tetap sama, menghasilkan suatu karya yang cantik.

Mau lebih cerdas kelola uang?

Dapatkan tips saham, karier, inspirasi bisnis dan konten menarik lainnya!