Jadi Investor Terbaik Sepanjang Masa, Inilah Kunci Sukses Jack Bogle

3 menit
Jadi Investor Terbaik Sepanjang Masa, Inilah Kunci Sukses Jack Bogle, (Instagram/@betterment_investing).

Ada yang tahu siapa Jack Bogle? Buat para investor, Jack Bogle dianggap sebagai suhunya dunia investasi. Karena kehebatannya di dunia pasar modal, banyak para investor yang bertanya-tanya pada dirinya mengenai rahasia sukses berinvestasi.

Dikenal sebagai investor legendaris, Jack Bogle adalah penemu dari produk investasi reksa dana indeks atau index fund. Reksa dana indeks adalah reksa dana yang pengelolaannya bertujuan memberi hasil yang sama dengan hasil kinerja indeks.

Di Indonesia produk reksa dana indeks ini cukup banyak. Rata-rata reksa dana indeks yang ditawarkan mengacu pada indeks IDX 30 ataupun IDX 45. Misalnya aja reksa Dana Simas IDX30, Premier IDX30, hingga Kresna IDX30.

Balik lagi ke kisah penemuan reksa dana indeks, Jack Bogle mengemukakan gagasan tersebut pada 1951 saat menjalani pendidikan di Princeton University. Ia menuangkan gagasannya tersebut dalam tesis “Mutual Funds can make no claims to superiority over the Market Averages”.

Apa yang disampaikan Jack Bogle dalam tesisnya tersebut bertolak dari fakta bahwa rata-rata reksa dana konvensional gak bisa bisa melampaui hasil kinerja indeks. Makanya ia menganjurkan daripada melampauinya, lebih baik menyamai hasilnya.

Baca juga: Dengan Bertani, Orang-Orang Ini Kumpulkan Harta Puluhan Triliun Rupiah

Dalam perjalanan kariernya, Jack Bogle mendirikan perusahaan manajer investasi pada 1974 yang bernama Vanguard. Lewat perusahaannya itulah, kesuksesan dirinya terus terbangun. Tercatat pada 2018, dana kelolaan Vanguard mencapai US$ 5,1 triliun atau Rp 72 ribu triliun.

Itulah sebabnya banyak orang yang penasaran kenapa Jack Bogle bisa sehebat itu. Buat generasi di bawahnya, investor yang belum lama ini wafat gak segan berbagi rahasia suksesnya seperti yang dikutip dari CNBC berikut ini: 

1. Kalau pengin jadi pengusaha maka ambillah risikonya

Kalau pengin jadi pengusaha maka ambillah risikonya, (Ilustrasi/Shutterstock).

Menurut Jack Bogle, menjadi pengusaha harus bersedia mengambil risikonya. Makanya buat yang lemah mentalnya, lebih baik jangan jadi pengusaha. Inilah rahasia sukses yang diyakini Bogle saat mulai merintis Vanguard.

Bogle mengatakan risiko yang dihadapi pengusaha dalam menjalankan usaha adalah ketersediaan modal. Saking berisikonya, pengusaha mau gak mau mesti mengorbankan tabungan pribadinya agar usahanya tetap berjalan walaupun sebenarnya bukan hal yang bijak.

Baca juga: Ini Fakta Brendan Greene Pendiri PUBG yang Sukses dan Banyak Uang!

Konsekuensi dari usaha yang dijalankan tergantung dari pengusahanya sendiri. Kalau berhasil menjalankan usahanya, si pengusaha bisa dapat untung yang besar. Sebaliknya, kalau gagal, si pengusaha bakal menanggung kerugian besar.

2. Bekerja keraslah, itu gak menyakitkan

Rahasia sukses Jack Bogle adalah bekerjalah lebih lama, lebih keras, dan lebih pintar, (Ilustrasi/Shutterstock).

Rahasia sukses selanjutnya yang dibagikan Jack Bogle adalah bekerjalah lebih lama, lebih keras, dan lebih pintar. Walaupun banyak yang bilang kalau bekerja itu harus seimbang, tampaknya gagasan itu gak berlaku buat Bogle.

Baca juga: Dari AADC2 Hingga Jualan Beras, Ini Kiprah Rapper “Jogja Istimewa”

Boleh jadi sih etos kerja yang dimilikinya inilah yang bikin Bogle berhasil membesarkan Vanguard. Malahan ada cerita ia tetap memikirkan pekerjaannya meskipun saat itu ia baru melakukan transplantasi jantung pada 1996.

3. Berinvestasi jangan setengah-setengah, lakukan secara rutin

Rutin dalam berinvestasi dan jangan pernah setengah-setengah ya, (Ilustrasi/Shutterstock).

Rahasia sukses yang diyakini Jack Bogle dalam berinvestasi adalah melakukannya gak setengah-setengah. Buat Bogle, berinvestasi itu harus dilakukan secara rutin. Kalau gak gitu, buang jauh-jauh deh harapan dapat untung besar.

Bogle menyarankan para investor muda agar berinvestasi di reksa dana indeks. Teruslah menyetor dana secara rutin buat investasi maka niscaya untung besar bakal kamu nikmati nantinya.

4. Tetap terus berinvestasi

Tetap terus berinvestasi ya, itulah yang kiat sukses Jack Bogle, (Ilustrasi/Shutterstock).

Buat Jack Bogle, investor yang bijak gak bakal mengakali pasar. Justru investor yang bijak tetap terus berinvestasi dengan membeli reksa dana indeks buat jangka panjang. Gak cukup sampai di situ, mereka juga bakal melakukan diversifikasi.

Menurut Bogle, berinvestasi di pasar modal masih lebih menjanjikan walaupun berisiko. Itulah kenapa investor jangan buru-buru panik ketika terjadi sedikit gejolak di pasar.

Nah, itu tadi beberapa rahasia sukses dari Jack Bogle. Poinnya adalah apa pun karier yang kamu pilih harus dijalan dengan bekerja keras dan pintar. Terus berinvestasilah selagi masih muda. Dan ingat, harus berani ambil risiko kalau berharap hasil yang optimal. (Editor: Mahardian Prawira Bhisma)

Boby
Boby

Lama bergelut dengan ensiklopedia. Kini fokus dengan urusan finansial. Di mana pun berada selalu berusaha sajikan karya yang terbaik. Semoga bermanfaat!