Ini Rahasia Sukses Tokopedia Jadi Raja E-Commerce Indonesia

2 menit
Shutterstock
Shutterstock

Siapa yang tak mengenal Tokopedia. E-commerce asal Indonesia yang memiliki ciri khas warna hijau, dan iklan-iklan billboard besar yang tersebar di sudut-sudut kota Indonesia.

Kini Ia telah menjelma menjadi jajaran elit pasar online di Indonesia, dengan beragam fitur dan keunggulannya, dan memiliki valuasi hingga Rp 102 triliun. Menjadikan Tokopedia salah satu unicorn di Asia Tenggara.

Namun, dibalik itu semua, tentu ada kisah dibalik layar yang tak boleh dianggap sebelah mata. Tentu ada orang-orang dan pemikir yang tepat dalam membangun layar Tokopedia selama ini.

Dalam konferensi teknologi Wild Digital Indonesia 2018 Co-Founder dan Vice Chairman Tokopedia, Leontinus Alpha Edison membuka tabir sukses Tokopedia selama ini. Bagi kamu tips ini bisa menjadi contoh agar maju dan berkembang.

1. Pertahankan Inovasi

Leontinus mengatakan, salah satu kunci sukses Tokopedia adalah inovasi dan terus menjalankan inovasi. Dengan inovasi maka akan lebih maju dan bisa memantapkan langkah kedepan atau menggapai target.

Sebab, tanpa inovasi, ditengah persaingan digital secara global, maka akan tertinggal, dan juga tak akan digemari konsumen. Dengan inovasi, maka akan memberikan solusi yang dibutuhkan konsumen.

2. Jangan Berhenti Belajar

Mungkin istilah jangan berhenti belajar ini sudah klasik diucapkan. Akan tetapi jika dicermati lebih dalam maka ini bisa menjadi pelecut untuk terus belajar dan belajar.

Selain itu, pelajaran paling berharga adalah pengalaman dan kolaborasi. Dengan pengalaman maka kesalahan bisa dicegah, dan dengan kolaborasi akan memberikan nilai tambah.

“Berdiskusi dengan orang yang memehami teknologi dan gunakan teknologinya secara langsung. Dengan begitu kita bisa mendapat banyak ide untuk berinovasi,” ungkapnya saat acara Wild Digital 2018 di The Westin Hotel, Kuningan, Jakarta.

Selain itu, belajar dari yang telah memiliki pengalaman juga tidak ada yang salah. Sebab dengan itu akan memiliki tolak ukuran atau role model untuk mengembangkan jaringan bisnis.

“Kami sangat menghargai perusahaan teknologi global, seperti Alibaba dan Google. Bisa dikatakan, mereka adalah role model kami untuk memicu perkembangan sebagai startup teknologi,” jelasnya.

3. Mendukung Bisnis Kecil

Dalan menjalankan bisnis tentu tak lepas dari peran pihak lain. Begitu juga dengan Tokopedia. Dengan banyaknya para pebisnis sekali Usaha Kecil Menengah (UKM) Tokopedia mampu menjadi salah satu pasar online terbesar di Indonesia.

Menurut Leontinus, pihaknya akan terus mendorong dan mengembangkan pelaku usaha kecil melalui Tokopedia. Sebab dengan kehadiran Tokopedia banyak pelaku bisnis di kota besar maupun daerah terpencil memiliki akses pasar yang luas dan juga peningkatan penjualan produk

“Kami ingin membantu banyak pelaku bisnis lewat e-commerce, bukan hanya yang berasal dari kota besar, tetapi juga kota kecil,” paparnya.

Editor: Ayyi Achmad Hidayah

Pramdia Arhando
Pramdia Arhando

Atlet renang yang gagal, tapi pernah jadi juara. Kini masuk dunia jurnalistik dan finansial. Semua tulisan di sini dari fakta dan kisah nyata.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

MoneySmart Singapore MoneySmart Indonesia MoneySmart Hong Kong