Raih 1 Juta Subscriber di YouTube, UAS Dapat Gold Play Button

3 menit
Ustadz Abdul Somad
Ustadz Abdul Somad meraih Gold Play Button (Instagram/@ustadzabdulsomad)

Ustadz Abdul Somad alias UAS berhasil meraih penghargaan Gold Play Button karena memperoleh 1 juta subscriber dari channel YouTube miliknya, Tafaquh video.

Melalui video unggahannya, UAS tampak memamerkan momen saat menerima penghargaan Gold Play Button yang dikirim via pos.

UAS menunjukan sebuah kotak hitam yang di bagian depan tertulis nama channel YouTube-nya dan menunjukan alamat tempatnya tinggal yaitu Pekanbaru, Riau.

Dia juga menunjukkan surat yang ditandatangani Chief Executive Officer (CEO) YouTube, Susan Wojcicki.

Dalam video tersebut, tampak pula penghargaan Silver Plat Button yang diterima sebelumnya setelah mendapat 100 ribu subsribers.

UAS pun menyatakan syukur pada tulisan di akun YouTube dan Instagram miliknya @ustadabdulsomad.

Ustadz Abdul Somad
Ustadz Abdul Somad meraih Gold Play Button (Instagram/@ustadzabdulsomad)

“Alhamdulillah, segala pujian hanyalah milik Allah. Semoga menjadi penolong dan pemberat timbangan amal di akhirat kelak. Jazakumullah ahsanal jazaa’ kepada sahabat sekalian, Gold Play Button dari YouTube untuk Tafaqquh Video. 23 Maret 2019,” tulisnya.

UAS menjelaskan langkahnya membuka channel YouTube membantunya jadi sarana berdakwah. Lantas, apa itu penghargaan Gold Play Button dan berapa sih pendapatan UAS dari perolehannya itu? Simak lengkapnya di sini:

Jadi sarana berdakwah

Ustadz Abdul Somad
Ustadz Abdul Somad rilis tafaquh media sebagai sarana berdakwah (Instagram/@ustadzabdulsomad)

Ustadz Abdul Somad lewat akun Instagramnya mengunggah foto penghargaan Gold Play Button dan menuliskan ucapan syukur yang sama. UAS lantas mengunggah video unboxing Gold Play Button yang diperolehnya.

“Semoga menjadi penolong dan pemberat timbangan amal di akhirat kelak. Bukan dilihat dari ramainya jamaah atau banyaknya subscriber, tapi adanya perubahan ditengah masyarakat menuju amal shalih dan kebaikan,” tulisnya.

Ustadz yang baru-baru ini memberikan dukungan kepada paslon nomor urut 2, Prabowo Subianto itu memang aktif mengunggah video pada channel YouTubenya. Dalam sebulan, dia bisa mengunggah hingga 30 video.

Baca juga: Perjalanan Bisnis Yusuf Mansur dari Ulama Jadi Bos Investasi

Tafaqquh video

Ustadz Abdul Somad
Ustadz Abdul Somad merilis tafaquh video di kanal YouTube (Instagram/@ustadzabdulsomad)

YouTube Tafaqquh video merupakan proyek bersama yang dikerjakannya dengan Ustadz Mustahafa Umar.

Channel YouTube UAS berisikan ceramah-ceramah yang ia lakukan saat mendapat undangan. Terdapat pula materi video ceramah dari beberapa ustadz lain yang turut diunggah pendakwah asal Riau itu.

Video kedua yang diunggahnya setelah memperoleh 1 juta subscriber adalah video ceramah Ustadz Wandi Bustami yang tengah berada di Selat Bosphorus, Istambul, Turki.

Mendapat penghasilan dari YouTube

Ustadz Abdul Somad
Ustadz Abdul Somad dapat penghasilan dari YouTube (Socialblade.com)

Mendapat perolehan tersebut, tentu UAS akan mendapat gaji dari YouTube. Pasalnya, video UAS sudah ditonton hingga 14,8 juta viewers. Selain itu, channel tersebut telah dimonetisasi sehingga video-videonya dapat iklan dari YouTube.

Jika dilihat dari akun Socialblade.com, pendapatan UAS terendah mendapat US$3,7 ribu per bulan, dan tertinggi US$ 711,4 ribu per tahun.

Atas perolehan tersebut, UAS bisa diganjar dari YouTube sebanyak mulai dari US$3,7 ribu atau setara Rp 51.800.000 per bulan, dan US$ 711,4 ribu atau setara Rp 9.959.600.000.

Dari data tersebut, UAS akan memeroleh puluhan juta rupiah per bulan hingga miliaran rupiah per tahun.

Chaerunnisa
Chaerunnisa

Senang menulis dan belajar banyak hal. Semoga karya saya selalu bisa dinikmati dan bermanfaat bagi semua.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Tentang Kami

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Philippines Taiwan