Raisa Kantongi Royalti dari Streaming Spotify Senilai Rp 3,4 Miliar

3 menit
Raisa mendapatkan 39 juta kali streaming dari layanan musik Spotify, (Instagram/@raisa6690).

Raisa bisa dibilang salah satu penyanyi yang cukup banyak meraup keuntungan dari karier bermusiknya. Gimana gak, pelantun “Kali Kedua” itu mendapatkan royalti dari Spotify senilai ratusan miliar lho.

Asal kamu tahu aja layanan musik streaming saat ini emang tengah digandrungi oleh banyak orang. Berjuta-juta orang menggunakan layanan musik streaming demi mendengarkan idolah mereka.

Gak heran banyak musisi lokal dan luar negeri merilis lagu atau albumnya di layanan musik seperti Spotify, Joox, dan Apple Music. Ketiga layanan musik ini emang punya banyak pengguna di belahan dunia nih, mungkin salah satunya kamu.

Memudahkan gak sih dengan menggunakan layanan musik streaming ini buat kamu mendengarkan musik? Cukup download aplikasinya di ponsel kamu, daftar dengan email pribadi lalu langsung deh bisa mendengarkan musik dari penyanyi kesukaan kamu.

Setelah era emas cd dan kaset tergeserkan dengan layanan musik streaming, banyak orang akhirnya beralih dengan kecanggihan teknologi digital ini. Di layanan musik streaming ini kamu bisa mendengarkan jutaan judul lagu hanya dalam satu genggaman lho.

Udah gitu kamu gak perlu nih menaruh fisik cd atau kaset di kamar atau di dalam mobil, benar gak sih? Layanan musik streaming emang banyak untungnya buat pelanggan setianya.

Baca juga: Beda dengan Raisa, 5 Artis Ini Ngidam Barang Super Mahal Hingga Triliunan

Gak cuma itu, para musisi dalam negeri maupun lokal juga mendapatkan keuntungan dari layanan musik streaming ini lho. Seperti dilansir dari CNBC.com, Selasa, (11/12/2018), layanan musik streaming yang biasanya kita pakai seperti Spotify atau Apple Music memberikan penawaran baik bagi penggemar. Gak cuma itu musisi juga pun mendapatkamn keuntungan dari layanan musik ini.

Simpelnya, musisi dunia dan lokal tentunya bakal mendapatkan bayaran atau royalti hasil karya mereka yang didengarkan oleh jutaan orang nih. Hari ini jutaan pendengar musik hampir semuanya menggunakan layanan musik streaming.

Buat musisi atau pemegang “hak cipta” ada hitungannya dari Spotify. Mau tau gak kalau Spotify bakal membayar sekitar US$ 0,006 hingga US$ 0,0084 per streaming musik yang udah memiliki hak cipta.

Nah, biasanya nilai yang dihasilkan oleh suatu karya itu bakal dibagi pada “pemegang” hak cipta nih. Mulai dari label rekaman, produser, artisnya bahkan sampai penulis lagunya juga.

Taylor Swift kantongi royalti senilai miliaran rupiah

Taylor Swift juga mendapatkan royalti dari layanan musik streaming spotify, (Instagram/@taylorswift).

Kita ambil contoh deh, Taylor Swift bisa mengantongi uang senilai US$ 280 ribu dan US$ 390 ribu buat lagunya yang berjudul “Shake It Off” yang udah streaming sebanyak 46,3 juta kali.

Kalau di rupiahkan, Taylor Swift itu menerima uang sekitar Rp 4,1 miliar lho atau buat hitungan yang US$ 390 ribu itu dalam kurs Rupiah itu sekitar Rp 5,7 miliar lho.

Gimana dengan Raisa? Belum lama ini pelantun “Terjebak di Nostalgia” mengunggah seberapa banyak namanya telah berkumandang di layanan musik streaming Spotify.

Baca juga: Selalu Tampil Memukau, Ternyata Segini Harga Outfit Raisa Andriana

Istri dari Hamish Daud ini terbilang sukses nih buat hitungan dirinya yang merupakan “New Diva” di Tanah Air. Lagu-lagu cintanya yang terkesan mendayu ini banyak mendapatkan puluhan juta pendengar dari layanan musik streaming Spotify.

Raisa kantongi royalti senilai Rp 3,4 miliar dari 39 juta kali streaming di Spotify

Raisa salah satu penyanyi perempuan yang mendapatkan royalti senilai miliaran rupiah, (Instagram/@raisa6690).

Sebanyak 39 juta orang udah mendengarkan lagu-lagunya di layanan musik streaming Spotify. Gak cuma itu di layanan musik ini Raisa memiliki 2 juta penggemar dan sebanyak 2 juta jam lamanya musik Raisa berkumandang nih di jutaan pasang kuping lebih dari 60 negara lho.

Wah! Prestasi banget nih buat Raisa seorang diva yang baru lahir. Suaranya yang merdu dan empuk emang gak salah lagu-lagu Raisa kerap dijadikan sebagai lagu kebangsaan buat barisan para orang yang sakit hati nih.

Raisa juga terbilang salah satu musisi perempuan yang pernah merilis album terakhirnya “Handmade” dalam bentuk fisik. Namun sadar merilis album fisik bakal banyak adanya pembajakan, Raisa pun akhirnya lebih memilih layanan musik streaming buat menghibur para penggemarnya nih.

Baca juga: Gak Cuma dari Dunia Hiburan, Ini 4 Ladang Duit Raisa dan Hamish Daud

Mau tahu gak sih berapa banyak uang yang diterima oleh Raisa dari layanan musik Spotify ini? Sebanyak 39 juta kali orang mendengarkan lagunya secara streaming.

Jika kita menghitung dari keterangan seperti Taylor Swift di atas tadi. Maka US$ 0,006 kalikan 39 juta, Raisa bakal mengantongi royalti sebesar US$ 234,000 atau kalau di kurs ke dalam Rupiah senilai Rp 3,4 miliar lho.

Bayangkan aja gimana dengan finansial keuangan Raisa sebagai penyanyi? Belum lagi dirinya mendapatkan kontrak ekslklusif sebagai brand ambassador ponsel kenamaan Oppo.

Gak cuma itu, langkah kakinya buat mengisi acara off air dan on air tentunya juga gak jauh dari bayaran yang cukup lumayan. (Editor: Mahardian Prawira).

Mahardian Prawira
Mahardian Prawira

Penyuka cokelat dan kopi yang mulai menyukai seputar dunia investasi, ekonomi dan bisnis. Lebih menyukai dan menghargai sebuah proses dalam mencapai sesuatu! Xoxo...